Connect with us

9 Agama Di Dunia

Budaya

9 Agama Di Dunia

Di dunia ini, ada banyak sekali agama-agama. Mulai dari Islam, Kristen, Hindu, Buddha, hingga Konghuchu, Yahudi, Kejawen, dsb. Tapi, apakah agama itu? Dan ada berapakah agama di dunia ini?

Menurut Wikipedia, agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Banyak agama memiliki narasi, simbol, sejarah suci, dsb. yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup atau asal muasal kehidupan. Menurut perkiraan Kenneth Shouler pada tahun 2010 dalam buku “The Everything World’s Religions Book: Explore the Beliefs, Traditions and Cultures of Ancient and Modern Religions“, di dunia ini ada +4.200 agama di dunia.

Banyak agama yang mungkin telah mengorganisir perilaku, kependetaan, definisi tentang apa yang merupakan kepatuhan atau keanggotaan, tempat-tempat suci, dan kitab suci. Praktik agama juga dapat mencakup ritual, khotbah, peringatan atau pemujaan tuhan, dewa atau dewi, pengorbanan, festival, pesta, trance, inisiasi, jasa penguburan, layanan pernikahan, meditasi, doa, musik, seni, tari, masyarakat layanan atau aspek lain dari budaya manusia. Agama juga mungkin mengandung mitologi.

Berikut adalah 9 Agama di dunia versi Dunia9.My.Id:

1. Kristen

Agama Kristen didirikan oleh Yesus Kristus di suatu tempat sekitar 27 M. Agama Kristen juga merupakan Agama Abrahamik tertua. Orang-orang yang mengikuti agama ini disebut orang Kristen. Mereka percaya bahwa Yesus adalah anak Allah. Mereka memiliki iman yang tinggi dalam kematian dan kembalinya Yesus. Kitab suci mereka disebut Alkitab dan dibaca oleh sebagian besar orang Kristen. Agama Ini terdiri dari dua bagian yang ditambahkan menjadi satu: Perjanjian Lama & Perjanjian Baru. Ada tiga jenis komunitas Kristen: Ortodoksi Timur, Katolik Roma dan Protestan. Masing-masing bagian dilengkapi dengan berbagai keyakinan, khotbah dan tradisi.

Baca Juga  9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing

2. Islam

Islam didirikan pada 610 M oleh Nabi Muhammad. Orang-orang yang mengikuti agama Islam dikenal sebagai Muslim dan mereka benar-benar mempercayai Muhammad, Allah, Sunnah dan Quran. Ini adalah agama tertua dan terbesar kedua di dunia. Kitab suci Al Quran dibaca oleh semua umat Islam. Komunitas Muslim terdiri dari dua kelompok: Syiah dan Sunni. Hampir 90% pengikut Islam adalah orang Sunni dan hanya 10% orang adalah Syiah. Sama seperti Yudaisme dan Bahaisme, Islam juga merupakan Agama Ibrahim.

3. Hindu

Hinduisme saat ini merupakan agama terbesar ketiga di dunia dan juga salah satu agama tertua di bumi ini. Hampir 99,99% dari total populasi Hindu tinggal di Asia Selatan dan India terdiri dari 90% pengikut Hindu. Fakta menarik tentang Hinduisme adalah bahwa tidak ada pendiri agama ini dan keberadaan agama ini dapat dilacak sampai 1500 SM. Upanishad dan Veda adalah kitab suci Hinduisme.

4. Buddha

Buddhisme didirikan pada tahun 600 SM oleh Siddhartha Gautama yang juga dikenal sebagai Buddha “Sang Buddha” adalah agama Dharma dan sama seperti Hinduisme, ajaran didasarkan pada kehidupan setelah kematian, karma dan reinkarnasi. Orang-orang yang mengikuti ajaran Buddha disebut Buddhis. Kitab suci Buddhisme disebut “The Tripitaka yang berarti Tiga Keranjang. Versi sebenarnya dari buku ini ditulis dalam bahasa Pali. Agama ini memiliki sekte yang berbeda seperti Mahayana, Vajrayana dan Hinayana. Banyak daerah di Asia juga mengikuti Buddhisme Tibet yang merupakan bagian dari Vajrayana.

Baca Juga  9 Tarian Tradisional dari Berbagai Negara yang Mendunia

5. Sikh

Sikhisme didirikan oleh Guru Nanak pada 1469-1539 M. Agama ini didirikan di negara bagian Punjab di India. Sikhisme adalah agama Dharma terbesar ketiga dan orang-orang yang mengikuti agama ini disebut Sikh. Kitab suci agama ini adalah “Guru Granth Sahib” yang ditulis dalam naskah Gurmukhi awalnya. Orang Sikh bisa dikenali dengan turban terutama di kepala pria.

6. Yahudi

Judaism didirikan oleh Abraham, Yakub dan Issac pada tahun 1300 SM. Seperti Bahaisme, agama ini juga merupakan agama Ibrahim dan salah satu agama tertua di dunia. Dengan lebih dari 20 juta pengikut di seluruh dunia, ini adalah agama terbesar keenam. Para pengikut Yudaisme disebut orang Yahudi dan mereka berpisah menjadi majelis trombin Konservatif, Ortodoks dan Liberal. Israel terdiri dari populasi inti Yahudi yang diikuti oleh Amerika Serikat dimana persentase maksimum masyarakat terkonsentrasi.

7. Bahai

Bahaism didirikan oleh Mirza Husayn Ali (Bahaullah) pada tahun 1900 Masehi. Ini awalnya bermula di Iran pada abad ke-19 di mana Bahaullah mengkhotbahkan agama tersebut namun kemudian menjadi korban kekerasan berkali-kali selama hidupnya dan meninggal di Palestina setelah ditangkap di sebuah penjara. Para pengikut agama ini dikenal sebagai Bahai dan Babis. Kitab suci orang Bahai adalah Kitab al-Aqdas. Agama ini mengikuti ajaran Ibrahim dan saat ini tersebar di negara-negara timur tengah dan banyak wilayah Asia.

Baca Juga  9 Patung-patung Ikonik Super Besar dari Seluruh Dunia

8. Konghucu

Konfusianisme didirikan oleh Kong Qiu (K’ung Ch’iu) pada tahun 600 SM. Sama seperti Shintoisme, Konfusianisme adalah agama Tao dan terdiri dari sebagian besar populasi dari Asia Tenggara. Para pengikut dikenal sebagai Konfusius dan Konghucu. Ada empat buku besar dari agama ini dan lima buku klasik yang merupakan kitab suci Konfusianisme. Dengan lebih dari 7 juta pengikut di seluruh dunia, Konfusianisme adalah agama terbesar kedelapan di dunia.

9. Jain

Jainisme didirikan pada tahun 600 SM oleh “The Great Hero” Mahavira. Orang-orang yang mengikuti Jainisme disebut Jain. Tulisan suci Jainisme disebut Jain Agamas dan ada lebih dari empat puluh Jain Agamas. Tulisan suci ini tersedia dalam bahasa Prakrit. Agama ini memiliki dua kategori pengikut, The Shvetambaras dan The Digambaras. Ini adalah agama Dharma dengan khotbah dasar non-kekerasan, hidup setelah kematian, dll.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Agama-agama_dunia
https://rubrikkristen.com/10-agama-terbesar-di-dunia/

Continue Reading
Sembilan Dunia

Administrator of dunia9.my.id, Work with happy face in dunia9.my.id.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top