Connect with us

9 Aktivitas yang harus kamu lakukan di Gili Trawangan

Travel

9 Aktivitas yang harus kamu lakukan di Gili Trawangan

9 Aktivitas yang harus kamu lakukan di Gili Trawangan – Mau tau ada apa di Gili Trawangan Lombok? Demikian ulasan lengkap mengenai daftar tempat wisata terindah dan aktivitas menarik yang ada di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mulai dari berenang, snorkeling, diving (menyelam), menikmati sunset, berkeliling pulau, menyantap seafood segar, hingga menonton film open air. Seru banget, bikin betah nggak mau pulang.

Pulau Lombok selama ini dikenal memiliki pulau-pulau kecil dengan keindahan alam yang eksotis. Salah satunya adalah Gili Trawangan yang telah menjadi ikon tempat wisata di Lombok bersama dengan Gili Air dan Gili Meno. Selain memiliki pasir putih dan alam bawah laut yang indah, gili ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang super lengkap seperti pulau Bali, tersedia penginapan murah hingga hotel mewah berbintang.

Tidaklah sulit mencapai pulau Gili Trawangan karena aksesnya yang terbilang sangat mudah. Begitu sampai di Lombok langsung saja menuju Pelabuhan Bangsal, lalu naik perahu nelayan atau menggunakan Bali Gili Fast Boat menuju lokasi. Nah, buat kamu yang kebetulan sedang merencanakan liburan ke sana, berikut berbagai wisata yang memberikan referensi tempat wisata bagus dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Gili Trawangan.

1. Pantai Pasir Putih

Tempat wisata di Gili Trawangan terindah yang wajib dikunjungi adalah pantai pasir putih. Dengan luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km, dan lebar 2 km, Gili ini memiliki pantai yang panjang membentang dari timur ke barat. Hamparan pasir putih yang begitu bersih berpadu indah dengan air laut yang jernih bewarna biru kehijauan. Tak ayal, pantai ini juga masuk dalam daftar pantai favorit di Lombok bagi para wisatawan.

Ada cukup banyak aktivitas menarik di pantai ini, mulai dari bersantai, berenang, snorkeling, selfie, berkuda, hingga menikmati matahari terbit atau terbenam. Begitu sampai di Gili, Anda bisa meletakkan barang bawaan Anda di hotel terlebih dahulu, lalu bergegas ke pantai. Bersantai sejenak di tepi pantai menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama yang indah bisa menenangkan pikiran.

Baca Juga  9 Tempat Mengerikan di dunia Yang membuat kamu Enggan kesini!

2. Snorkeling

Selain pasir putih, daya tarik Gili Trawangan adalah keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karang yang masih alami, dan kaya oleh hewan dan biota laut yang indah serta mempesona. Air lautnya sangat jernih sehingga jarak pandangnya sangat bagus untuk snorkeling. Anda bisa dengan mudah dan jelas beraneka ragam ikan, biota unik, hingga terumbu karang yang eksotis.

Tidak perlu khawatir dengan alat snorkeling karena banyak warga yang menyewakan alat snorkeling. Jika ingin lebih asyik, Anda bisa mengikuti paket wisata snorkeling dari beberapa agen perjalanan. Paket yang ditawarkan umumnya meliputi 3 gili, yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Di sana, Anda akan diajak berwisata snorkeling bersama wisatawan lain sambil memberi makan ikan.

Anda juga bisa memilih aktivitas private snorkeling agar lebih nyaman dengan menyewa private boat. Jangan lupa siapkan kamera bawah laut kalian, pemandangan bawah lautnya begitu indah. Sayang melewatkannya tanpa dokumentasi.

3. Menyelam

Dengan keindahan bawah lautnya yang indah, air yang jernih, dan arus laut yang tenang, Gili Trawangan menjadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia yang menjadi favorit para wisatawan. Berbagai biota laut bisa dijumpai mulai dari ikan badut (baca: Nemo), terumbu karang, penyu, terumbu karang, ikan pari, hingga hiu.

Ada beberapa spot diving di Gili Trawangan dan sekitarnya yang bisa dieksplorasi antara lain Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lain-lain. Anda tinggal memilih apa yang Anda inginkan untuk menikmati keindahan alam laut.

Di antara spot diving tersebut, Shark Point merupakan tempat menyelam yang cukup terkenal. Di sana, Anda bisa bertemu hiu whitetip, hiu blacktip, hiu abu-abu, ikan pari, penyu, dan ikan kakatua bumphead. Kisaran harga untuk menyelam di Shark Point mulai dari Rp 1.000.000 per orang.

Baca Juga  9 Travel Blogger Indonesia yang Ceritanya Bisa Dijadikan Referensi Liburan

Operator selam di Trawangan biasanya menawarkan berbagai jenis pilihan penyelaman, misalnya hiu selam lihat, penyelaman malam UV, penyelaman bebas, dan jalan-jalan di laut. Ada juga pilihan sewa kayak transparan dengan harga mulai Rp. 300.000. Secara umum biaya menyelam berkisar Rp. 490.000 / spot untuk wisatawan yang sudah memiliki “izin menyelam”, sedangkan untuk “penyelaman pendahuluan” (belum memiliki izin menyelam) sebesar Rp. 950.000 / tempat.

4. Olahraga Air

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Gili Trawangan adalah water sport berupa banana boat, kayak, paddleboarding, dan jetskiing. Meski tidak selengkap water sport Tanjung Benoa Bali, water sport disini bisa menjadi hiburan yang cukup dalam mengisi waktu rekreasi bersama keluarga dan orang tersayang.

Untuk menikmati fasilitas olahraga air tersebut, Anda bisa menuju Hotel Villa Ombak. Ada penyedia jasa olahraga air yang menyewakan perlengkapannya. Di sepanjang pantai biasanya terdapat agen olah raga air untuk wisatawan.

5. Sunrise Dan Sunset Yang Indah

Posisi pantai Gili Trawangan yang membentang dari timur ke barat memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan indahnya panorama matahari terbit dan terbenam. Di pagi hari, Anda bisa pergi ke pantai untuk menghirup udara segar sambil menunggu matahari terbit. Pemandangan matahari terbit benar-benar memukau. Pastikan Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikannya.

Momen lain yang tak kalah indahnya adalah saat matahari terbenam. Keindahan sunset tidak kalah indah dengan pantai Kuta Bali. Ajak keluarga atau pasangan halal Anda untuk duduk santai di pantai menikmati semilir angin dan pemandangan.

6. Bersepeda mengelilingi pulau

Ciri khas kehidupan di Gili Trawangan yang menjadi daya tarik wisatawan adalah bebas asap kendaraan bermotor. Pasalnya, semua aktivitas masyarakat dilarang menggunakan kendaraan bermotor. Jadi, jika akan berpergian harus menggunakan transportasi yang ramah lingkungan, seperti sepeda.

Baca Juga  9 Kota Cantik Bagaikan Negeri Dongeng Yang Layak Dikunjungi. Ayo Tunggu Apa Lagi?

Bepergian dengan sepeda menjelajahi setiap sudut Gili Trawangan menjadi aktivitas liburan favorit para wisatawan. Tersedia jasa persewaan sepeda dengan harga yang cukup terjangkau. Ada juga hotel / losmen yang menyediakan fasilitas sepeda gratis untuk para tamunya. Selain menyehatkan, bersepeda keliling juga akan memberikan pengalaman yang berkesan.

7. Berwisata ke Pulau bersama Cidomo

Selain sepeda, Anda juga bisa berkeliling Gili Trawangan dengan menggunakan cidomo. Apa itu cidomo? Cidomo merupakan kendaraan sejenis gerbong yang menggunakan penarik kuda dan dikendarai oleh kusir. Harga cidomo naik menjadi sekitar 150 ribu rupiah sekali jalan dengan kapasitas cidomo mampu menampung 3 orang.

8. Jalan kaki dan jogging

Dengan kualitas udara yang bersih dan segar bebas polusi, Gili Trawangan merupakan tempat wisata yang bagus untuk olahraga jalan kaki dan jogging. Anda bisa mengajak anggota keluarga, sahabat, atau pasangan halal untuk menikmati udara pagi di sana sembari jalan-jalan sehat atau jogging. Jangan lupa kemas sneakers kamu agar langkah kaki kamu terasa ringan dan nyaman.

9. Bersantai di resor atau hotel mewah

Gili Trawangan adalah salah satu tempat honeymoon romantis di Indonesia untuk pengantin baru. Ada berbagai resort, villa, dan hotel mewah dengan fasilitas super lengkap untuk bercinta bersama pasangan halal Anda. Bersantai menikmati semua fasilitas tersebut tentunya akan menjadi momen yang berkesan, apalagi jika Anda menyewa resort pantai atau private villa dengan view pantai.

Dan banyak hal yang bisa kamu lakukan di gili trawangan, Jika kamu ingin berlibur ke Gili silahkan hubungi Bali Gili Fast Boat yang menyediakan tiket menuju Gili dari Bali dengan harga terjangkau, hubungi sekarang juga.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

To Top