Connect with us

9 Bahan Alami Yang Manfaatnya Sama Loh Seperti Antibiotik

Gaya Hidup

9 Bahan Alami Yang Manfaatnya Sama Loh Seperti Antibiotik

Dunia9.My.Id- Bicara tentang antibiotik, kebanyakan orang akan membayangkan obat yang diresepkan oleh dokter. Antibiotik sendiri adalah obat yang dikembangkan untuk membunuh bakteri. Namun, ada masalah dengan antibiotik yang diproduksi dari bahan kimia. Obat tersebut tak hanya membunuh bakteri yang buruk, melainkan juga bakteri baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, selang beberapa waktu, bakteri akan mulai kebal terhadap antibiotik dan membuatnya tak efektif.

Karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik, terutama jika tak diresepkan oleh dokter. Akan lebih baik lagi jika Anda mengenali bahan-bahan alami yang bisa bekerja sama baiknya dengan antibiotik. Berikut adalah beberapa bahan alami yang memiliki efek sama dengan antibiotik, seperti dilansir oleh Health Me Up (17/10).

| Bawang Putih

Hasil gambar untuk bawang putih

Bawang putih adalah makanan super yang mengandung allicin. Allicin memiliki efek yang mirip dengan penicillin, yaitu komposisi utama pada obat antibiotik. Bawang putih juga memiliki zat anti peradangan, anti virus, anti parasit, anti jamur, dan antioksidan yang membantu mencegah penyakit, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga  9 Karakter Topeng Khas Indonesia Ini Bisa Tunjukkan Karaktermu

Baca Juga : 9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya Yang Belum Kalian Ketahui!

| Bawang Merah

Hasil gambar untuk bawang merah

Bawang putih dan bawang merah adalah saudara dekat yang sama-sama efektif untuk mengatasi peradangan dan virus. Bawang merah mengandung banyak nutrisi yang akan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

| Jahe

Hasil gambar untuk jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang sudah digunakan sejak masa lampau. Tanaman akar-akaran ini memiliki zat penyembuhan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masalah pencernaan.

| Madu

Hasil gambar untuk madu

Pada masa lampau, madu digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Madu juga digunakan sebagai penghilang rasa sakit, antioksidan, anti kuman, dan masalah lainnya. Penelitian terbaru mengungkap bahwa madu sangat baik untuk melawan 60 macam bakteri. Selain itu, madu juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan darah, dan meningkatkan fungsi lever.

| Kayu Manis

Hasil gambar untuk kayu manis

Kayu manis memiliki zat antibakteri dan anti jamur yang bisa ditemukan pada batangnya. Penelitian mengungkap bahwa kayu manis sangat efektif jika dikonsumsi dengan madu, karena efek keduanya akan membuat Anda terhindar dari serangan bakteri dan penyakit.

Baca Juga  9 Efek yang Mungkin Terjadi Akibat Kemoterapi

| Kubis atau Kol

Hasil gambar untuk kubis

Anda mungkin kaget melihat kubis sebagai salah satu makanan alami yang mengandung antibiotik. Ya, sayuran yang satu ini, bersama makanan lain seperti brokoli, kembang kol, dan kale bisa mencegah penyakit karena kadar vitamin C yang ada di dalamnya. Minum jus kubis mentah bahkan diketahui bisa meningkatkan kekebalan tubuh, terutama jika jus tersebut ditambahkan dengan madu.

| Kunyit

Hasil gambar untuk kunyit
Kunyit memiliki beberapa zat antibakteri dan anti peradangan yang bisa mencegah dan mengatasi beberapa jenis infeksi. Telah dibuktikan bahwa tanaman ini baik untuk mengatasi infeksi internal dan bahkan bisa digunakan untuk mengobati infeksi kulit.

| Minyak Kelapa

Hasil gambar untuk minyak kelapa
Asam lemak yang ada pada minyak kelapa memiliki zat anti bakteri dan anti virus. Asam lemak ini menghancurkan patogen jahat yang bisa menyebabkan penyakit. Selain minyak kelapa, air susu ibu juga mengandung asam lemak yang baik untuk mencegah penyakit.

| Oregano

Hasil gambar untuk oregano
Oregano memiliki dua bahan aktif bernama thymol dan carvacrol yang bisa mencegah bakteri dan jamur. Dua komposisi ini baik untuk mengatasi masalah kulit karena bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi kulit.

Baca Juga  9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Itulah beberapa bahan alami yang memiliki efek sama hebatnya dengan obat antibiotik. Ketika berusaha mencegah peradangan, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi antibiotik, terutama jika tidak diresepkan oleh dokter. Coba dulu bahan-bahan alami di atas!

Sumber : Merdeka.com, Wikipedia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top