Connect with us

9 bahasa pemograman yang baik untuk dipelajari bagi pemula

Lainnya

9 bahasa pemograman yang baik untuk dipelajari bagi pemula

Berikut adalah daftar bahasa pemrograman yang terbaik, paling banyak diminati, paling banyak lowongan kerja untuknya dan harus Anda pelajari jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang programmer. Pilih salah satu atau dua bahasa pemrograman ini untuk Anda seriusi, karena tidak mungkin untuk mendalami semuanya. Karena untuk menjadi ahli dalam bidang programmer, Anda harus fokus pada bahasa pemrograman tertentu.

 

1. PHP

Pilihan lain bahasa pemrograman yang kuat untuk pengembang jasa pembuatan website adalah PHP. Bahasa skrip sisi server ini memperkokoh 83 persen situs web dan telah menjadi alat back-end penting bagi raksasa teknologi seperti Facebook, Wikipedia, dan Yahoo. PHP juga populer berkat perannya dalam sistem manajemen konten WordPress, yang membuat pengembangan situs web dapat diakses oleh massa.

PHP dapat disematkan dalam sistem template web atau digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas laman web HTML. Ini juga mentransfer data melalui database query seperti MySQL dan PostgreSQL.

Seperti halnya JavaScript, situs web menggunakan PHP untuk berbagai tujuan, termasuk mengumpulkan dan memverifikasi data formulir, membuat cookie, dan menampilkan konten dan gambar dinamis. Juga seperti JavaScript, PHP menawarkan sejumlah kerangka kerja, seperti Laravel dan Drupal, yang membantu pengembang membangun aplikasi lebih cepat dan membuatnya lebih kuat, terukur dan aman.

Jika Anda ingin bekerja sebagai pengembang web freelance, PHP adalah bahasa praktis untuk dipelajari. Dengan lebih dari 75 juta situs web yang menjalankan WordPress, akan selalu ada kebutuhan bagi pengembang yang dapat membuat plugin PHP khusus dan memberikan bantuan teknis.

 

2. C/C++

C adalah bahasa pemrograman old-school yang masih hidup dan baik hari ini. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, C memiliki pengaruh yang kuat pada lanskap pemrograman komputer, meskipun kurva pembelajarannya yang curam.

Ada lusinan bahasa dalam keluarga C yang berasal dari C atau sangat dipengaruhi oleh sintaks, konstruk dan paradigma. Ini termasuk beberapa bahasa yang disebutkan dalam artikel ini, termasuk Java, Objective-C dan C #.

Karena ini memungkinkan Anda untuk menjadi sangat dekat dengan pekerjaan di dalam komputer, C tetap menjadi pilihan populer untuk membangun aplikasi khusus berkinerja tinggi. C adalah dasar untuk sistem operasi Linux dan sering digunakan untuk pemrograman embedded system.

Baca Juga  9 Fakta Mengenai Zodiak Aquarius

Salah satu penerus paling langsung dari C adalah bahasa pemrograman C++. C++ dibangun di C, yang memberikan banyak keuntungan yang sama, tetapi C++ adalah bahasa berorientasi objek dan karena itu merupakan pilihan yang lebih baik ketika mengembangkan aplikasi tingkat yang lebih tinggi. C++ adalah pilihan yang sangat populer untuk grafik komputer, gim video dan virtual reality.

 

3. Python

Python mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan di daftar ini. Sering dikatakan bahwa sintaks Python jelas, intuitif dan hampir mirip bahasa Inggris, yang, seperti Java, membuatnya menjadi pilihan populer untuk pemula.

Juga seperti Java, Python memiliki berbagai aplikasi yang membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna dan kuat ketika memilih bahasa pemrograman terbaik untuk kasus penggunaan Anda. Jika Anda tertarik dengan pengembangan web back-end, misalnya, maka kerangka kerja Django open-source, yang ditulis dengan Python, populer, mudah dipelajari, dan kaya fitur. Django telah digunakan dalam pengembangan beberapa situs populer seperti Mozilla, Instagram, dan Spotify.

 

4. Swift

Jika Anda tertarik dengan produk Apple dan pengembangan aplikasi seluler, Swift adalah tempat yang baik untuk memulai. Pertama kali diumumkan oleh Apple pada tahun 2014, Swift adalah bahasa pemrograman yang relatif baru yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan macOS. Menurut Github’s State of the Octoverse Report, Swift telah berkembang pesat, sekarang peringkat ke-13 sebagai bahasa paling populer dengan menarik permintaan.

 

5. C#

Sama seperti Swift adalah bahasa pilihan untuk aplikasi iOS, C# adalah bahasa pemrograman terkemuka untuk membangun aplikasi asli platform Microsoft. C# menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa yang berasal dari C lainnya seperti C++, sehingga mudah diambil jika Anda berasal dari bahasa lain di keluarga C.

Baca Juga  9 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

C# bukan hanya untuk pengembangan aplikasi Microsoft, tetapi juga digunakan oleh pengembang mobile bahasa untuk membuat aplikasi lintas platform di platform Xamarin. Alih-alih menulis aplikasi iOS Anda di Swift dan aplikasi Android Anda di Java, yang merupakan dua kali pekerjaan, Anda dapat menulis satu aplikasi menggunakan Xamarin dan C# dan menyebarkannya ke kedua platform secara bersamaan.

 

6. Java

Java, bahasa tujuan umum, telah menjadi andalan di dunia pemrograman komputer selama lebih dari 20 tahun. Kunci popularitasnya adalah filosofi “menulis sekali, jalankan di mana saja”. Secara teoritis, Anda dapat menulis perangkat lunak Java di perangkat apa pun, mengompilasinya ke kode mesin tingkat rendah, lalu menjalankannya di platform apa pun yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti Java sangat kompatibel lintas platform.

Java juga menjadi dasar untuk sistem operasi Android dan bahasa yang paling umum untuk mengembangkan aplikasi Android. Bahasa ini disukai oleh perusahaan juga, dengan sekitar 90 persen dari 500 perusahaan Fortune menggunakan Java untuk membangun aplikasi dan sistem back end. Untuk melengkapi itu, sistem pengolahan data Apache Hadoop ditulis di Java dan dijalankan oleh Amazon Web Services dan Windows Azure.

 

7. JavaScript

aat ini. Tidak mungkin menjadi pengembang perangkat lunak hari ini tanpa menggunakan JavaScript dalam beberapa cara. Menurut Survei Pengembang 2018 Stack Overflow, JavaScript adalah bahasa yang paling populer di kalangan pengembang untuk tahun keenam secara berturut-turut. Hampir 70 persen responden survei melaporkan bahwa mereka telah menggunakan JavaScript pada tahun lalu.

Seiring dengan HTML dan CSS, JavaScript sangat penting untuk pengembangan web front-end. Sebagian besar situs web paling populer, dari Facebook dan Twitter hingga Gmail dan Youtube, bergantung pada JavaScript untuk membuat halaman web interaktif dan menampilkan konten secara dinamis kepada pengguna.

Meskipun JavaScript pada dasarnya adalah bahasa front-end yang dijalankan di browser, JavaScript juga dapat digunakan di sisi server melalui Node.js untuk membangun aplikasi jaringan yang skalabel. Node.js kompatibel dengan Linux, SunOS, Mac OS X dan Windows.

Baca Juga  9 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Karena JavaScript memiliki sintaks yang memaafkan dan fleksibel dan berfungsi di semua browser utama, ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah untuk pemula.

 

8. Rubby

Ruby adalah bahasa scripting lain yang biasa digunakan untuk pengembangan web. Secara khusus, ini digunakan sebagai dasar untuk kerangka kerja aplikasi web Ruby on Rails yang populer.

Selain komunitas yang aktif dan sintaksnya yang langsung, Ruby juga merupakan bahasa yang baik untuk diambil berkat hubungannya dengan bisnis teknologi yang hebat. Twitter, Airbnb, Bloomberg, Shopify, dan banyak startup lainnya telah membangun situs web mereka menggunakan Ruby on Rails di beberapa titik.

 

9. Rust

Rust sedikit baru di antara bahasa lain di daftar ini, tetapi itu tidak berarti itu bukan bahasa yang berharga untuk dipelajari. Survei Pengembang 2018 Stack Overflow menemukan bahwa Rust adalah bahasa pemrograman yang paling disukai di kalangan pengembang untuk tahun ketiga berturut-turut, dengan 78 persen pengembang Rust mengatakan bahwa mereka ingin terus bekerja dengannya.

Dikembangkan oleh Mozilla Corporation, Rust, seperti C dan C++, ditujukan terutama untuk pemrograman sistem tingkat rendah. Apa yang Rust tambahkan ke campuran, bagaimanapun, adalah penekanan pada kecepatan dan keamanan. Rust menekankan menulis “kode aman” dengan mencegah program mengakses bagian memori yang seharusnya tidak boleh mereka lakukan, yang dapat menyebabkan perilaku tak terduga dan sistem crash.

Jadi, jika anda berdomisili di Bali, silahkan sharing pengalaman atau berbincang tentang project yang sedang anda akan bangun bersama salah satu partner kami Bali Web Programmer. Kesimpulan dari artikel diatas adalah bahasa pemrogramman mana yang anda pilih?

 

sumber : https://www.centerklik.com/bahasa-pemrograman-terbaik-untuk-dipelajari/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top