Connect with us

9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

Lainnya

9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

Bencana Alam adalah suatu peristiwa yang disebabkan oleh alam, contohnya seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. Sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda, dan dampak psikologis. Terkadang bencana alam memiliki tingkatan tersendiri, ada yang tingkat rendah/biasa dan juga ada yang tingkat mematikan. Kali ini kami akan membahas 9 bencana alam paling mematikan yang pernah ada menurut Dunia9.My.Id.

1. Gempa Aleppo (1138)

Gempa ini terjadi di Aleppo, Suriah. Menurut data dari Lembaga Geologi Amerika Serikat, gempa ini merupakan gempa paling mematikan keempat sepanjang sejarah. Pada saat itu, bencana alam yang dahsyat itu menewaskan sekitar 230 ribu orang dan ribuan orang lainnya luka – luka juga kehilangan tempat tinggal.

2. Gempa Shaanxi (1556)

Kali ini gempa yang ada di China, tepatnya di kawasan Shaanxi. Sampai saat ini belum ada yang tau seberapa besar kekuatan gempa tersebut. Tetapi dilihat dari korban jiwanya saja mencapai 830 ribu orang, sudah bisa dibayangkan seberapa dahsyatnya gempa tersebut.

Baca Juga  9 Lukisan Termahal,Seharga mobil Sport!

3. Topan Calcutta (1737)

Topan ini terjadi di Calcutta, India pada tahun 1737. Bencana alam ini memakan korban jiwa sebanyak 300 ribu orang. Ini adalah salah satu bencana alam terbesar di tanah Hindustan.

4. Letusan Gunung Tambora (1815)

Sekitar 200 tahun yang lalu di Nusa Tenggara Barat terdapat gunung yang bernama Gunung Tambora yang pernah meletus dahsyat. Letusannya tersebut menyebabkan kurang lebih 80 ribu orang tewas karena kelaparan. Tak hanya itu, di Eropa sekitar 65 ribu orang tewas akibat tifus yang disebabkan oleh hujan yang tak henti – henti selama 8 minggu karena letusan gunung tersebut.

Baca Juga : 9 Jalan Paling Berbahaya Di Dunia

5. Banjir Sungai Kuning (1887)

Banjir ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Huang He yang dikenal sebagai Yellow River atau Sungai Kuning yang mengakibatkan sekitar 900 ribu jiwa hanyut terbawa ganasnya banjir serta 2 juta jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

6. Banjir Sungai Kuning (1931)

Setelah kejadian di tahun 1887, Sungai Huang He kembali meluap dan banjir sungai kuning pun kembali terjadi di tahun 1931. Namun, yang tahun ini lebih banyak memakan koban jiwa dari pada tahun sebelumnya, sehingga menjadi bencana paling dahsyat di China. Diperkirakan sekitar 1 sampai 3.7 juta jiwa melayang akibat banjir tersebut, baik karena tenggelam dihanyutkan banjir maupun karena penyakit.

Baca Juga  9 Desain Bangunan Terunik Di Dunia,Ternyata Di Indonesia Juga Ada!!

Baca Juga : 9 Gol Paling Dramatis Di Menit Akhir Dalam Sepak Bola

7. Gempa Tangshan (1976)

Sekitar 420 tahun setelah terjadinya gempa yang dahsyat di Shaanxi, China kembali dilanda oleh gempa berkekuatan 8 SR yang terjadi di kawasan Tangshan. Gempa ini mengakibatkan sekitar 255 hingga 655 ribu jiwa tewas dan juga daerah sekitarnya menjadi hancur.

8. Tsunami Aceh (2004)

Pada tanggal 26 Desember 2004, Aceh mengalami gempa berkekuatan 9 SR dan terus berlanjut hingga 9.3 SR yang mengakibatkan terjadinya tsunami yang mematikan. Tunami ini menewaskan 225 ribu jiwa, tak hanya di Aceh saja tapi juga di sejumlah wilayah pinggiran Samudra Hindia. Sehingga menjadikan salah satu bencana alam terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

9. Topan Nargis (2008)

Topan ini terjadi di wilayah Nargis, Myanmar pada tahun 2 Mei 2008 silam. Bencana itu menelan korban jiwa lebih dari 140 ribu orang. Penduduk Myanmar banyak yang terbawa oleh topan tersebut karena tidak tau harus menyelamatkan diri kemana.

Baca Juga  9 Hal Yang Mungkin Membuatmu Bisa Rileks Dari Pekerjaanmu

Sumber : http://www.tentik.com/10-bencana-alam-paling-mematikan-dalam-sejarah-manusia/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top