Connect with us

9 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia !!

Budaya

9 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia !!

Beberapa orang di Indonesia percaya bahwa benda-benda yang disayangi, dijaga dan dirawat, mampu menimbulkan efek tertentu kepada kehidupan. Dengan kata lain, benda-benda ini dianggap keramat. Inilah beberapa benda yang dianggap keramat di Indonesia.

1. Keris

Keris memiliki banyak jenis nama, jenis campuran bahan dan dipercaya mampu dihuni oleh makhluk gaib sehingga membuat pemiliknya semakin sakti.

2. Clurit

Benda ini umumnya digunakan di Jawa untuk berkebun namun dikenal dengan sebutan berbeda, yaitu arit. Clurit menjadi simbol pertandingan kekuatan antar dua individu di Madura. Semakin banyak clurit tersebut mengalahkan orang, semakin keramat bendanya.

3. Mandau

Pertikaian antar suku-suku di Kalimantan umumnya menggunakan Mandau. Benda ini konon dapat dikendalikan oleh kekuatan magis dan dapat mencari mangsanya sendiri sesuai yang dikehendakinya. Mandau yang keramat adalah yang telah memenggal ratusan kepala manusia.

Baca Juga : 9 Hal unik di Bali yang bikin kamu merasa enggak lagi di Indonesia

4. Rencong

Rencong adalah senjata utama masyarakat Aceh dalam melawan penjajah. Semakin tua bendanya, semakin keramat pula nilainya.

Baca Juga  Mengenang Masa Kecilmu! 9 Permainan Tradisional Yang Mungkin Pernah Kamu Mainkan

5. Kelewang

Sama seperti senjata keramat lainnya, kelewang semakin keramat jika telah menghabisi banyak jiwa. Dulunya kelewang digunakan untuk pertarungan, kini kelewang lebih dikenal sebagai parang.

6. Badik

Senjata ini sudah ada sejak awal kerajaan-kerajaan di Sulawesi, sehingga semakin tua usianya maka semakin keramat. Senjata ini menjadi pelindung masyarakat Sulawesi.

7. Kujang

Benda ini adalah pusaka orang Sunda dari zaman dahulu kala. Dahulu kujang menjadi sumber penghidupan masyarakat Sunda yang sebagian besar adalah petani. Kini kujang menjadi pajangan untuk mengenang perjuangan pendahulunya.

8. Taring Harimau

Membawa taring harimau dengan menaruhnya di jempol kaki kanan atau jempol kaki kiri dipercaya oleh masyarakat mampu membuat dapat lari secepat harimau, bahkan diumpamakan dari Jakarta ke Bogor hanya menghabiskan 10 menit.

9.Taring Raja Babi Hutan

Tokoh dari Sumatera Utara diketahui kebal senjata karena membawa pusaka ini bersamanya. Namun, agar pusaka ini tetap memiliki kekuatannya, maka penggunanya tidak boleh melakukan hubungan seks sama sekali.

Benda-benda keramat tersebut pasti sering terdengar di telinga kita, namun tidak semua dari kita pernah melihatnya. Karena benda-benda keramat tersebut benar-benar disimpan dan dijaga oleh orang yang mempunyainya. Nah, di rumahmu ada atau gak?

Baca Juga  9 Agama Di Dunia

sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/bayu/benda-keramat-di-indonesia/full

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top