Connect with us

9 Berlian Termahal Didunia

Gaya Hidup

9 Berlian Termahal Didunia

 1. THE MOUSSAIEFF RED DIAMOND

Ditemukan oleh petani Brazil di sebuah sungai pada tahun 1990 dengan berat 13,9 carat (2,78 gram) yang kemudian dibeli dan dipoles lebih lanjut oleh Perusahaan Berlian GoldBerg. Sekarang ini dimiliki oleh Moussaieff Jewelers dengan berat 5,11 carat (1,022 gram). Walaupun ukurannya lebih keci dibandingkan berlian lainnya, ia merupakan salah satu berlian bewarna merah terbaik di dunia dan sering muncul di pameran bersama dengan berlian mahal lainnya.

2. THE GOLDEN JUBILEE

Merupakan berlian terbesar di dunia dengan berat 545,67 carat (109,13 gram), menyingkirkan Cullinan I (dapat dilihat di bawah pada peringkat ke-3). Nama dair Golden Jubilee ini dikenal setelah diberikan ke Raja Thailand pada tahun 1997 di perayaan upacara kemahkotaannya yang ke-50. Perkiraan dari harga The Golden Jubilee ini sendiri tidak jelas, sekitar $4 sampai $12 Juta. Menariknya, sebelum berlian ini diberikan nama Golden Jubilee, ia hanyalah sebuah bongkahan berlian yang tidak berharga dengan nama ‘Unnamed Brown’ dan akhirnya diberikan ke De Beers (Perusahaan Berlian) dengan tujuan sebagai subjek percobaan alat-alat khusus dan metode pemotongan yang baru. Semua alat dan metode ini belum pernah dicoba dan bongkahan berlian ini merupakan ‘kelinci percobaan’ yang cocok. Setelah pemotonga, yang mengejutkan ternyata menghasilkan sebuah berlian bewarna kuning kecoklatan dan merupakan berlian terbesar d dunia.

Baca Juga  9 Motif Batik Populer dari Berbagai Daerah

3. THE HEART OF ETERNITY

Berlian dengan berat 27,64 carat (5,52 gram) ini masuk dalam daftar berlian bewarna yang langka, hal ini disebabkan karena warna birunya yang mewah dan jelas. Sama seperti kebanyakan berlian dalam daftar ini, ditemukan di Premier Mine, Afrika Selatan. Salah satu kelebihan dari berlian bewarna biru adalah ia akan selalu berada dalam harga yang mahal dengan perkiraan sekitar setengah juta setiap karatnya.

4. WITTELSBACH-GRAFF DIAMOND

Dikenal juga dengan nama Wittelsbach Diamond dengan berat awal 35,36 carat (7,11 gram). Merupakan berlian biru yang menjadi bagian dari Mahkota Kerajaan Austria dan sering dibandingkan dengan The Hope Diamond (dapat dilihat di peringkat 4). HIngga akhirnya dijual ke jauhari (tukang perhiasan) bernama Laurence Graff di tahun 2008. Sayangnya begitu dijual, Laurence Graff memotong beberapa bagian berlian ini untuk mengurangi kecacatannya dan membuatnya 4 carat lebih ringan. Hal ini justru membuat para ahli berlian mengkritiknya dan mengatakan bahwa dengan melakukan hal ini, ia membuat berlian ini tidak jelas sejarahnya dan bentuknya serupa dengan berlian lain.

5. THE STEINMETZ PINK

Merupakan berlian besar yang memberikan warna jelas akan merah mudah dengan berat 59,60 carat (11,92 gram). Ditemukan di Afrika Selatan dan dipertimbangkan sebagai salah satu berlian langka karena kesempurnaannya yang memberikan warna merah mudah jelas. Sekarang berada di Museum Smithsonian dan pernah ditunjukkan dalam pameran “Kemegahan Berlian”.  Karena bentuknya yang sangat megah, sejak awal ditemukannya butuh waktu 20 bulan untuk menghasilkan bentuk seperti di atas. Sebuah tim yang berisikan 8 orang dibentuk untuk melakukan prototype berulang-ulang agar tidak terjadi salah pemotongan dan menurunkan harga dari berlian ini.

Baca Juga  9 Bahan Alami Yang Manfaatnya Sama Loh Seperti Antibiotik

6. DE BEERS CENTENARY DIAMOND 

Berlian ini memiliki tingkat Berlian D, yang dimana merupakan tingkatan tertinggi untuk berlian tidak bewarna dan memiliki arti kesempuraan eksternal serta internal. Hal inilah yang menyebabkan berlian ini sangat mahal, terlebih dengan 273,85 carat (54,88 gram) yang membuatnya berlian terbesar ketiga yang pernah ditemukan di Tambang Premier (Tambang Premier adalah tambang yang terletak di Kota Cullinan, Afrika Selatan).

7.THE HOPE DIAMOND 

Merupakan berlian biru besar dengan 45,52 carat (9,10 gram). Hope Diamond dipertimbangkan sebagai batu permata paling terkenal di dunia karena merupakan berlian biru terbesar di dunia. Letak Berlian ini sekarang berada di Museum Smithsonian, Washington. Berlian ini juga diperkirakan berasal dari mata patung di sebuah kuil, oleh karena itu dikatakan harusnya ada sepasang berlian ini. Sayangnya satu lagi tidak pernah ditemukan.

Menurut sejarah, berlian ini dikatakan akan membawa kutukan bagi pemiliknya. Sejarah mengatakan bahwa sejak berlian ini dipegang oleh Louis XIV dari Perancis, kutukan berlian ini berjalan. Dimulai dari dicuri berkali-kali, dan ditemukan kembali, tetapi siapapun yang memilikinya tidak berumur panjang.

Baca Juga  9 Minuman Keras Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp 3 Miliar

8. THE CULLINAN 

Ditemukan pada tahun 1905 di tambang Premier Afrika Selatan dan merupakan batu permata kasar terbesar di dunia, dengan berat 3.106,75 carat (621,35 gram). Batu berlian ini kemudian dipecah lagi menjadi 9 berlian kecil yang dinamai Cullinan I, Cullinan II dan seterusnya. Cullinan I dan Cullinan II merupakan salah 2 berlian yang masuk dalam daftar berlian terbesar di dunia.

9.THE SANCY DIAMOND

Berlian dengan bentuk pir dan bewarna kuning pucat ini merupakan berlian dengan berat 55,23 carat (11,05 gram) dan dikatakan tidak ternilai harganya. Telah ditemukan sejak abad 14 dan dipercaya berasal dari India. Merupakan salah satu berlian pertama yang memiliki sisi simetri yang sama. Alasan mengapa berlian ini sangat berharga adalah karena ia memiliki sejarah lebih dari 600 tahun dan sekarnag ini berada di Mahkota Kerajaan Perancis.

Refrensi :

http://www.tahupedia.com/content/show/157/10-Berlian-Termahal-di-Dunia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top