Connect with us

9 Bintang Paling Terang Yang Bisa Dilihat di Langit Malam

Lainnya

9 Bintang Paling Terang Yang Bisa Dilihat di Langit Malam

 

Bintang adalah bola besar gas yang panas dan memancarkan cahaya. Bintang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu, Bintang Semu dan Bintang Nyata, Bintang Semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya dari bintang lain. Bintang Nyata adalah bintang yang dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Terdapat beberapa bintang yang memiliki cahaya lebih terang jika dibandingkan bintang lain, Berikut adalah 9 Bintang Paling Terang di Langit Malam.

1. Sirius

Nama bintang ini berasal dari bahasa Yunani (Seirios, yang berarti “menyala-nyala” atau “amat panas”). Sebagai bintang paling terang di rasi “Anjing Besar”, seringkali disebut juga sebagai “Bintang Anjing”.

Nama Latin untuk bintang ini adalah Canicula (“anjing kecil”) dan dalam bahasa Arab, aš-šyi‘rā dalam astronomi Islam, di mana nama alternatif Al Shira diturunkan. Dengan nama aš-šyi‘rā, bintang ini disebut dalam Al-Quran Surah An-Najm ayat 49, yang berbunyi : dan bahwasanya Dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang syi’ra.

Dalam bahasa Sanskerta, bintang ini dikenal sebagai Mrgavyadha (“pemburu rusa”) atau Lubdhaka (“pemburu”). Sebagai Mrgavyadha, Sirius melambangkan Siwa.

Bintang Sirius berjarak 8,6 tahun cahaya dengan tipe spektral A1Vm

2. Canopus

Menurut buku Richard Hinckley Allen  ada dua kemungkinan asal mula nama “Canopus”. Yang pertama berasal dari legenda Perang Troya, Canopus dinamai menurut pilot armada kapal Menelaus, raja Sparta, yang setelah melakukan penghancuran Troya pada 1183 SM, mendarat di Mesir, 12 mil arah barat laut Aleksandria. Canopus meninggal di tempat ini. Menelaus kemudian mendirikan sebuah monumen, menamai kota tempat mereka mendarat dan sebuah bintang, sesuai dengan namanya.

Teori yang kedua, mungkin   berasal dari Bahasa Koptik, “Kahi Nub”, yang berarti Bumi Emas atau Lantai Emas. Menurut Richard, kata itu kemungkinan berasal dari terangnya bintang itu dan kedekatan posisinya dengan horizon jika dilihat dari lokasi tersebut.

Baca Juga  9 Mobil Tercepat Di Dunia !

Bintang Canopus berjarak 74 tahun cahaya dengan tipe spektral F0ll

3. Arcturus

Arcturus berasal dari bahasa Yunani kuno Arktouros, berarti “penjaga beruang”. Nama ini merepresentasikan kecemerlangan bintang ini di rasi Boötes (berada di kaki kiri sang penggembala) dimana sang penggembala berada di depan sang Beruang Besar dan sang Beruang Kecil (Ursa Mayor dan Ursa Minor)

Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam, setelah Sirius dan Canopus dengan jarak 34 tahun cahaya dengan tipe spektral 5IIIFe-0.5. Tetapi jika sistem bintang Alpha Centauri dianggap sebagai satu objek, maka predikat tersebut harus diberikan kepada Alpha Centauri atau Rigil Kentaurus. Sistem bintang Alpha Centauri terdiri dari dua bintang terang yang sangat berdekatan sehingga tidak dapat dipisahkan oleh mata, dan dengan demikian akan tampak lebih terang dibandingkan Arcturus. Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara.

4. Rigil Kentaurus / Alpha Centauri

Alpha Centauri (dikenal juga sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Toliman) adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. Walaupun tampak seperti satu titik dilihat dengan mata telanjang, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 – 4,4 tahun cahaya dan bertipe spektral G2V. Karena itu banyak cerita fiksi ilmiah membayangkan suatu hari manusia akan pergi ke sana.

Baca juga : 9 Galaksi Terindah Sejagad Raya

5. Vega

Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, bintang paling terang ke lima di langit malam, bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah Arcturus, dan merupakan “tetangga” Matahari pada jarak 25,3 tahun cahaya dan bertipe spectral A0V

Baca Juga  9 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan Saat Puasa

Sebagai bintang kelas A0V, Vega hanya akan bersinar satu miliar tahun saja, sepersepuluh dari kala hidup Matahari. Umur Vega saat ini diperkirakan antara 200 dan 500 juta tahun. Vega dua kali lebih masif daripada Matahari dan memancarkan energi 50 kali lebih banyak. Vega juga merupakan bintang yang berotasi sangat cepat.

6. Capella

Capella adalah bintang yang paling terang di rasi Auriga, tercerah keenam di langit malam dan tercerah ketiga in di langit utara setelah Arcturus dan Vega. Meskipun terlihat sebagai satu bintang, sebenarnya bintang ini terdiri dari dua bintang ganda.

Pasangan pertama merupakan bintang raksasa tipe G (type-G giant stars), keduanya memiliki radius 10 kali dari Matahari. Kedua bintang ini mendekati tahapan pendinginan dan akan mendekati tahapan sebagai bintang raksasa merah.

Pasangan kedua terpisah sekitar 10,000 AU dari pasangan pertama dan merupakan pasangan bintang katai merah Bintang ini berjarak cukup dekat dengan Bumi, yaitu 42 tahun cahaya.

Nama Capella berasal dari bahasa Latin yang kambing betina (kecil), dan pada abad klasik nama Capra juga banyak digunakan.

7. Rigel

Rigel (Beta Orionis) adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang ketujuh di langit malam, dengan. Meskipun memiliki penamaan Bayer “beta”, Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse). Berjarak 1400 tahun cahaya dengan tipe spectral B8Ia

Nama Rigel berasal dari kata Riǧl Ǧawza al-Yusra, berasal dari bahasa Arab yang berarti “kaki kiri”.

Baca Juga  9 Hotel Termahal di Dunia, Harganya Bisa Buat Beli Rumah!?

8. Procyon

Procyon (Alpha Canis Minoris) adalah bintang paling terang di rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang tampak sebagai bintang tunggal. Procyon sebenarnya adalah sebuah sistem bintang ganda yang terdiri dari sebuah bintang deret utama dengan kelas spektrum F5 IV-V, dinamai Procyon A, dan sebuah katai putih dengan kelas spektrum DA yang dinamai Procyon B. Pada jarak 3,5 parsec atau 11,41 tahun cahaya, Procyon menjadi salah satu “bintang tetangga” Matahari. Tetangga terdekat Procyon adalah Bintang Luyten, pada jarak 1,11 tahun cahaya.

Nama Procyon berasal dari bahasa Yunani (prokyon), berarti “sebelum sang anjing (muncul)”, “sang anjing” merepresentasikan “Dog Star” Sirius sehingga dapat diartikan “(berada) sebelum (bintang) anjing”. Bersama Sirius, Procyon disebutkan pada banyak literatur kuno Babilonia dan Mesir Kuno.

9. Achernar / Alpha Eridani

Alpha Eridani, kadang-kadang disebut Achernar, merupakan bintang tercerah di rasi Eridanus. Bintang ini terletak di ujung selatan rasi ini.

Achernar merupakan bintang yang cemerlang, berwarna biru tipe B yang terletak pada jarak 144 tahun cahaya dari Bumi. Meskipun digolong sebagai bintang katai, bintang ini memiliki kecemerlangan 3,000 kali Matahari.

Nama tradisional bintang ini berasal dari bahasa Arab  ākhir an-nahr “akhir dari sungai”. Bintang ini juga dikenal dengan nama Shuǐwěiyī, yang berarti “bintang pertama pada rasi Air Deras yang Berbelok”.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top