Connect with us

9 Cara Ampuh Mengusir Kecoa di Rumah Kalian

Gaya Hidup

9 Cara Ampuh Mengusir Kecoa di Rumah Kalian

Dunia9.My.Id – Hai sobat Dunia9.My.Id! Kali ini aku mau ngasih sedikit tips buat kalian yg rumahnya masih dihinggapi oleh serangga menakutkan ini.. Yap, Kecoa! Biar nggak datang ke rumah kalian lagi, hehe.. Kecoa dapat berkembang biak dengan cepat. Buktinya, ketika Anda menemukan seekor kecoa di kamar mandi, kemungkinan besar Anda akan menjumpainya kembali di sudut/ruang lain di rumah. Ini dikarenakan, selain kecoacepat berkembang biak, juga pergerakannya sangat cepat, bahkan bisa terbang ke mana saja yang ia suka.

Banyaknya kecoa tak hanya mengindikasi rumah Anda kotor, tetapi ada banyak penyakit yang bisa menghampiri. Apalagi, jika kecoa menempel di makanan, karena dapat membuat sakit perut. Kondisi ini dapat bertambah menakutkan, jika Anda fobia terhadap kecoa. Hidup Anda pasti tak akan nyaman.

Sebetulnya, Anda bisa mencegah keberadaan kecoa dengan beberapa cara. Namun, apabila keberadaan kecoa sudah menghantui Anda, berikut cara mengusir kecoa yang dapat Anda terapkan di rumah.

| Simpan Makanan dengan Baik

Hasil gambar untuk menyimpan makanan

Untuk mengusir kecoa, Anda perlu menyimpan makan dengan baik. Caranya, simpan semua makanan pada wadah tertutup. Kemudian, bersihkan remah-remah atau sisa-sisa makanan yang mungkin terjatuh di tempat Anda sekeluarga makan.
Sebab, kecoa umumnya tertarik dengan keberadaan makanan di rumah. Oleh karenanya, Anda harus memutus akses kecoa untuk menggapai makanan di rumah Anda.

Baca Juga  9 Bahan Kimia Berbahaya, Jangan diminum yaa

| Rutin Membersihkan Dapur

Hasil gambar untuk membersihkan dapur

Cara kedua untuk mengusir kecoa dari rumah ialah dengan cara menjaga kebersihan dapur. Maka dari itu, pastikan Anda untuk membersihkan dapur secara menyeluruh setiap malam. Kegiatan ini bisa Anda mulai dari mengelap kompor, membersihkan wastafel, membuang sampah, hingga membersihkan tempat sampah. Eits! Jangan lupa untuk menutup celah di sekeliling pintu dapur, terutama jika dapur Anda menghadap ke halaman rumah, ya!

Baca Juga : 9 Bahan Alami Yang Manfaatnya Sama Loh Seperti Antibiotik

| Sebarkan Kamper

Hasil gambar untuk menyebarkan kamper

Misalnya, dapur, kamar mandi, bagian bawah tempat cuci piring dan lain sebagainya. Kapur barus atau kamper dapat diandalkan untuk mengusir semua jenis hama, termasuk kecoa. Meski begitu, kamper tidak aman untuk manusia, sehingga sangatlah penting untuk menjauhkan kamper dari jangkauan anak-anak.

| Buatlah Perangkap Kecoa

Hasil gambar untuk perangkap kecoa

Untuk mengusir kecoa dari hunian, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah, yakni kopi. Bagaimana caranya? Gampang! Isi beberapa botol transparan dengan 2 sendok makan bubuk kopi. Kemudian, tambahkan air hingga mencapai setengah ukuran botol. Lalu, lakukan hal yang sama pada beberapa botol dan letakkan di area yang sering dianggap jadi sarang kecoa di rumah Anda.

Aroma kopi akan menarik kecoa untuk masuk ke dalam botol. Saat kecoa masuk ke dalam botol, kemungkinan terbesar adalah kecoa akan sulit untuk melarikan diri. Keesokan harinya, periksa jebakan botol kopi yang Anda buat sebelumnya. Jika Anda menemukan kecoa yang terjebak di dalamnya, segera buang kecoa di luar rumah. Kemudian bersihkan botol dan ganti bubuk kopi dan air untuk menciptakan perangkap baru serta mendapatkan lebih banyak kecoa

Baca Juga  9 Bangunan Megah Yang Dibangun Atas Dasar Cinta. Ada Yang Mau Jalan - Jalan Kesana?

| Letakkan Daun Salam di Kamar Mandi

Hasil gambar untuk daun salam dikamar mandi

Letakkan beberapa lembar daun salam di lantai, lemari, dan permukaan lain di kamar mandi. Cara mengusir kecoa di kamar mandi ini tidak akan mematikan kecoa, tetapi hanya memindahkannya. Selalu tutup pintu kamar mandi agar kecoa keluar kamar mandi melalui lubang saluran pembuangan air menuju luar rumah, bukan kabur menuju ruang lain.

| Baking Soda

Hasil gambar untuk baking soda

Baking soda tidak hanya digunakan untuk memasak kue. Baking soda bisa dimanfaatkan juga untuk membasmi kecoa; dengan cara membuat campuran baking soda dan gula. Letakkan campuran ini dalam mangkuk dan taburkan di dekat daerah banyak kecoa. Kecoa akan tertarik dengan gula dan memakannya; kecoa yang memakan baking soda akan mati. Salah satu alternatif untuk membasmi kecoa apabila Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia.

| Sering Membersihkan Rumah

Hasil gambar untuk membersihkan rumah

Pada saat musim hujan datang, biasanya kecoa akan dengan mudah. Meski rumah kita sudah bersih, namun kecoa berpotensi membawa kuman dari luar rumah. Karena itu, kita haru sesering mungkin untuk membersihkan rumah. Selain disapu, sebainya lantai di pel mengunakan chemical yang sudah mengandung chemical anti kuman.

Baca Juga  9 Bakteri Paling Berbahaya Bagi Umat Manusia, No 3 Paling Ngerii

Selalu bersihkan juga bagian luar rumah, terutama tempat-tempat yang berpotensi untuk sarang kecoa berkembang biak. Jangan kasih kesempatan kecoa untuk berkembang biak

| Aroma Bubuk Kopi Segar

Hasil gambar untuk bubuk kopi

Selain punya rasa yang enak, bubuk kopi pun memiliki aroma yang wangi dan menyengat.

Kamu yang suka minum kopi dapat memanfaatkannya untuk mengusir kecoa, lho!

Mudah saja, kamu tinggal menaburkan bubuk kopi di ruangan seperti dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang kerap dilewati kecoa.

Ingat, kopi yang digunakan adalah bubuk hitam ya, bukan kopi yang telah dicampur gula, susu, maupun krimer.

| Potongan Ketimun

Hasil gambar untuk potongan ketimun

Timun yang segar bisa jadi bahan mematikan untuk kecoa lho, Sahabat Dunia9.My.Id!

Sediakan beberapa buah kaleng bekas dan potongan timun untuk membuat perangkap kecoa sederhana.

Disebutkan, aroma timun dan kaleng yang bercampur dapat bereaksi dan membunuh kecoa yang masuk di dalamnya.

Buat beberapa perangkap kecoa ini di sekitar dapur maupun area luar rumah ya!

Nah, jadi segitu aja tips sederhana usir kecoa dari Dunia9.My.Id untuk rumah kalian. Semoga membantu yaa :’D

Sumber : Ensiklopedia Bebas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top