Connect with us

9 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

Lainnya

9 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

 

Tubuh yang sehat merupakan impian semua orang tak terkecuali anda bukan? Kesehatan merupakan harta yang berharga karena kesehatan mahal harganya. Jika kita sakit, kita membutuhkan dokter dan obat-obatan untuk menyembuhkan sakit, kita karena itu sehat merupakan hal yang sangat mahal harganya. Kita tidak akan merasa nyaman juga walaupun kita mempunyai harta dan kekayaan yang berlimpah jika tubuh kita tidak sehat maka kita tidak bisa menikmati hidup.

 

Sebelum kita masuk ke 9 cara menjaga kesehatan tubuh, Apakah ada yang tahu apa Itu Tubuh ??

Tubuh merupakan keseluruhan struktur fisik organisme manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki. Ketinggian rata-rata tubuh manusia dewasa sekitar 1,6 m (5-6 kaki).

Setelah kita mengetahui apa itu tubuh,sekarang kita akan melanjutkan ke bagian bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh secara alami, cara nya yaitu sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

 

Apa Itu 4 Sehat 5 Sempurna ??

Empat Sehat Lima Sempurna adalah kampanye yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pola makan yang benar.

dan apa saja daftar menu dari 4 sehat 5 sempurna ?? Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna :

1.Makanan pokok

Makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat dam umbi-umbian.

2.Lauk pauk

Makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3.Sayur-sayuran

Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbuhan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. jenis-jenis sayuran nya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.

Baca Juga  9 Efek yang Mungkin Terjadi Akibat Kemoterapi

4.Buah-buahan

Buah-buahan pada umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tubuh tetap bugar.

5.Susu

Susu adalah pelengkap makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas sebagai penyempurna dakam melengkapi kesehatan tubuh.

2. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan

Salah satu makanan instan yang mudah disajikan yaitu mie instan. Jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena banyak kandungan zat kimia di dalamnya seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan yang semua zat tersebut tidak baik jika terlalu sering masuk kedalam tubuh kita.

Dalam memasak mie instan juga dengan cara yang benar yaitu jangan memasak bumbu mie dalam api yang menyala tetapi taburkan bumbu saat mie telah selesai dimasak dan berada didalam piring. Saat memasak mie air hasil masakan diganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin sehingga air hasil masakan mie banyak mengandung lilin dan jika masuk kedalam tubuh akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

3. Kontrol porsi makan

Jika porsi makan anda terlalu banyak maka resiko gemuk akan semakin tinggi. Orang yang gemuk akan lebih mudah terserang berbagai penyakit serta obesitas. Makanlah dengan porsi yang wajar.

Beberapa bahaya makan dengan porsi yang berlebihan diantaranya akan menimbulkan penyakit diabetes, mengalami gangguan fungsi pada sinyal insulin otak, pertumbuhan psikologis terhambat, kadar gula dapat meningkat lebih tinggi, tubuh banyak menghasilkan radikal bebas.

4. Perbanyak minum air mineral

 

Baca Juga  9 Makanan Khas Indonesia Terpopuler

Kebutuhan tubuh terhadap air putih setiap hari yaitu minimal 1,5 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Tubuh kita 70% terdiri dari cairan sehingga kebutuhan terhadap air putih perlu untuk dipenuhi.

Beberapa manfaat air putih untuk tubuh seperti :

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Mengontrol kalori dalam tubuh
Meningkatkan energi, Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, Membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap baik, Meningkatkan produktivitas dalam tubuh, Meningkatkan fungsi otak, Melancarkan sistem peredaran darah, Mengobati sakit kepala.

5. Hindari kebiasaan begadang

 

 

Begadang akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat karena angin malam todak bagus untuk tubuh. Akibat begadang malam dapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh kita seperti :

masalah berat badan
sistem kekebalan tubuh melemah
penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, sakit kepala, refleks lemah, mengurangi harapan hidup
dalam jangka panjang bisa terjadi kerusakan sel-sel saraf pada otak

6. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat merefresh kembali tubuh, sehingga menjadi bugar dan semangat serta terhindar dari penyakit. Manfaat olahraga bagi kesehatan tidak hanya diperoleh dengan alat modern serta cara yang memberatkan tubuh anda. Lakukanlah olahraga yang nyaman dan sesuai dengan porsi kekuatan tubuh, yang penting tubuh anda bergerak sehingga tidak kaku dan mudah terserang penyakit.

Anda dapat memilih olahraga yang anda senangi seperti berenang 3 kali dalam seminggu, senam setiap hari minggu atau lari-lari kecil untuk mengeluarkan keringat dalam tubuh serta masih banyak olahraga yang bisa anda pilih.

7. Biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi

 

Ketika kita bangun pagi, kita akan menghirup udara segar yang belum tercemar oleh berbagai macam polusi udara sehingga asupan oksigen yang bersih terpenuhi. Oksigen yang bersih juga mempengaruhi kinerja otak sehingga pokiran tenang serta lebih mudah untuk berpikir positif dan mengeluarkan ide-ide cemerlang.

Baca Juga  JessNoLimit Kalah!! Berikut 9 Atlet Esport Indonesia Dengan Bayaran Termahal

Tidur lebih awal menjadikan istirahat kita cukup. Biasakan tidur sekitar jam 21.00 dan bangun lebih awal yaitu jam 05.00. (Baca juga : bahaya bangun tidur langsung mandi – bahaya tidur pagi sebelum jan 11.00)

 

Baca Juga : 9 Mobil Terunik Didunia

 

8. Menjaga kebersihan

Jagalah kebersihan diri serta lingkungan anda. Kebersihan diri seperti cucilah tangan sebelum anda makan serta setelah makan. Mandilah 2 kali sehari agar kuman dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan anda tidak menempel di tubuh anda. Kuman dan bakteri yang berada di tubuh atau lingkungan anda disebabkan kurangnya kebersihan diri atau lingkungan anda.

jika anda hendak membeli makanan, pilihlah makanan yang tertutup oleh plastik, hindari membeli makanan yang ada di pinggir-pinggir jalan karena makanan yang ada di jual di pinggir jalan banyak terkena debu dan polusi sehingga dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti sakit perut dan diare.

9. Berpikir positif

Berpikir positif akan menghindarkan anda dari stress karena stress dapat menimbulkan beberapa resiko mudah terserang penyakit. Pikiran yang positif akan mempengaruhi kesehatan jiwa dan pikiran, jiwa sehat akan mempengaruhi tubuh yang sehat.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Lakukanlah dengan senang hati agar anda dapat mendapatkan kesehatan tubuh yang prima.

Itulah 9 cara menjaga kesehatan tubuh secara alami, Semoga bermanfaat……

 

Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/5a067ecddad770951c8b4568/20-cara-menjaga-kesehatan-tubuh-sehari-hari/

 

 

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top