Connect with us

9 Emulator Terbaik Untuk PC dan Laptop Kamu

Games

9 Emulator Terbaik Untuk PC dan Laptop Kamu

9 Emulator Terbaik Untuk PC dan Laptop Kamu

Emulator adalah suatu software yang dapat dijalankan di suatu sistem operasi untuk mengemulasikan sistem operasi lainnya, contohnya, kalian bisa menjalankan sistem operasi android di PC ataupun Laptop kalian.

Kebanyakan dari orang-orang menggunakan emulator untuk keperluan bermain game dikarenakan Smartphonenya yang kurang memadai ataupun ingin merasakan game di platform lain seperti Nintendo dan PlayStation namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli konsol-konsolnya. Jadi untuk artikel kali ini kita akan membahas 9 Emulator Terbaik Untuk PC dan Laptop Kamu.

1. MEmu Emulator

MEmu Emulator adalah salah satu emulator android terbaik untuk PC, MEmu Emulator juga sudah mendukung semua versi android. Kelebihan dari emulator ini adalah sizenya yang cukup ringan serta memiliki fitur adanya dukungan untuk Chipset Intel maupun AMD.

Untuk pemakaian normal, MEmu emulator ini terbilang cukup stabil dan lancer untuk menjalankan kebanyakan aplikasi dan game di android.

Baca juga : 9 Software Edit Video Terbaik

2. Nox Player Emulator

Nox, salah satu emulator android denga size yang juga cukup ringan dengan fitur yang sangat banyak, terutama fitur kontrol yang sangat membantu untuk bermain game android di PC. Dengan Nox kalian dapat bermain game-game android dengan keyboard dan mouse atau bahkan Joystick, karena Nox memiliki kelebihan yaitu fitur support gamepad controller dan jika digunakan untuk bermain game android, Nox juga sangat stabil.

Baca Juga  Ini Untuk Para Gamers Sejati! 9 Games Yang Pasti Bikin Kalian Nostalgia Pada Masa Kecil Kalian

3. Bluestacks & Bluestacks 3

Selanjutnya adalah BlueStacks, emulator android yang sudah umum digunakan karena user interface yang mudah untuk dipahami dan untuk menjalankannya kalian perlu PC atau Laptop dengan RAM 2 GB, namun meskipun begitu, kalian tetap disarankan untuk memiliki PC yang memadai dikarenakan BlueStacks sedikit berat ketika digunakan.

Versi terbarunya yaitu BlueStacks 3 mendapat dukungan penuh dari BlueStacks Gaming Platform yang akan memberikan performa yang lebih baik dan lebih cepat untuk menunjag pegalaman bermain game, namun akan terasa berat di beberapa VGA yang tidak memumpuni.

4. DeSmuME

Yang keempat adalah emulator untuk Bermain Nintendo DS di PC yaitu DeSmuME, emulator ini adalah emulator terbaik untuk bermain game Nintendo DS di komputer. DeSmuME dapat menjalankan hampir semua game untuk Nintendo DS dengan lancar dan akan terasa lag di beberapa game.

5. Citra 3DS Emulator

Sama seperti DeSmuME, Citra juga merupakan emulator untuk Nintendo, namun yang berbeda adalah Citra merupakan emulator untuk Nintendo 3DS. Fitur yang dimiliki oleh Citra Emulator cukup berfariasi, Citra juga memiliki fitur support gamepad controller untuk para gamers yang merasa lebih nyaman bermain menggunakan joystick dan dapat menjalankan hampir semua game Nintendo 3DS dengan baik.

Baca Juga  9 Aplikasi untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa

6. PPSSPP & PPSSPP Gold

Untuk kalian yang ingin bermain PSP namun tidak memiliki konsolnya, sekarang kalian dapat memainkannya di PC, Laptop dan bahkan tersedia versi androidnya, nama emulatornya adalah PPSSPP dan versi berbayarnya PPSSPP Gold. Tampilan dari emulator ini cukup modern dan mudah untuk dipahami. Emulator ini memberikan pengalaman bermain game PSP dengan peningkatan kualitas grafis menjadi Full HD.

7. ePSXe

Emulator PlayStation 1 yang paling terkenal dan andal, ePSXe adalah emulator PS1 yang berkualitas. Dengan kontrol yang dapat disesuaikan dan dukungan pengontrol pada semua platform, kamu dapat menikmati game PlayStation 1 asli dengan Controller PS3 atau PS4 untuk mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

ePSXe memiliki dukungan grafis yang ditingkatkan oleh OpenGL, bersama dengan opsi layar terpisah untuk game Local Multiplayer. Seperti kebanyakan emulator, emulator ini memiliki fitur save dan load sehingga kamu dapatkan memainkan game yang kamu simpan.

Emulator ini gratis untuk versi windows dan linuxnya namun kalian harus membayar untuk memaikannya di android (atau mendownload aplikasi cracknya)

Baca Juga  9 Fitur Android Pie 9.0 Terbaik Yang Wajib Anda Coba

8. PCSX 2

Masih untuk emulator PlayStation, yang selanjutnya adalah PCSX 2 atau emulator PS 2, Fitur yang ada dalam emulator ini hampir sama dengan ePSXe yaitu mendukung Universal Joystick dan memiliki fitur Save dan Load.

PCSX 2 juga merupakan emulator yang dapat meniru gameplay dari PlayStation 2 Original dengan resolusi yang bias diatur, anti-aliasing, texture filtering dan lainnya.

9. RPCS 3

Terakhir adalah emulator untuk PS 3, yaitu RPCS3, emulator ini dapat meniru lingkungan PS 3 hingga hampir sempurna. Developer masih bekerja pada debugging emulator, namun memiliki kualitas dan kinerja di atas rata-rata menjadikan emulator ini adalah emulator PS 3 terbaik.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Games

To Top