Connect with us

9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Lainnya

9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Dunia9.My.Id – Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan beroperasi secara fungsional saat libur Natal 2019 mendatang. Setelah itu, jalan tol yang dirancang sepanjang 36,4 kilometer ini akan dibuka dan beroperasi secara penuh pada awal 2020. Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono memastikan, konstruksi fisik rampung pada September ini.

Hingga 15 September 2019, pekerjaan fisik telah mencapai 96,5 persen. Ini artinya sisa pekerjaan tinggal 3,5 persen, menyangkut hal-hal minor seperti pengaspalan, pemasangan rambu dan marka jalan, pembangunan gardu tol, hingga kantor pengelola tol. Project Manager Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq menuturkan, saat tol ini beroperasi penuh, akan menjadi jalan berbayar melayang terpanjang di Indonesia. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Tol Wiyoto Wiyono sepanjang 15 kilometer. “Ini memang jalan tol layang terpanjang pertama di Indonesia sepanjang 36,4 kilometer,” kata Fatkhur di lokasi proyek, Rabu (18/9/2019).

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum Kompas.com terkait Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated):

Baca Juga  9 Rasa yang selalu ada saat pertama kali kamu jatuh cinta

1. Panjang tol 36,4 kilometer

Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated)

Jalan tol ini dirancang sepanjang 36,4 kilometer yang terdiri dari sembilan seksi. Seksi I Cikunir-bekasi Barat, Seksi II Bekasi Barat-Bekasi Timur, Seksi III Bekasi Timur-Tambun, Seksi IV Tambun-Cibitung, dan Seksi V Cibitung-Cikarang Utama. Kemudian Seksi VI Cikarang Utama-Cikarang Barat, Seksi VII Cikarang Barat-Cibatu, Seksi VIII Cibatu-Cikarang Timur, dan Seksi IX Cikarang Timur-Karawang Barat.

2. BUJT

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengelola adalah konsorsium PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC0 bentukan dua perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT PT Ranggi Sugiron Perkasa.

3. Nilai investasi dan masa konsesi

Hasil gambar untuk gerbang tol jakarta cikampek

Guna merealisasikan jalan tol yang terbentang mulai dari Cikunir (Sta 9+500) hingga Karawang Barat (Sta 47+500) ini JJC menginvestasikan dana senilai Rp 16,23 triliun dengan ongkos konstruksi Rp 11,67 triliun.

| Baca Juga : 9 Fakta Persiapan Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Nomor 5 Tak Diduga

4. Melewati 10 kawasan

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Ke-10 kawasan itu adalah Cikunir, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Utama, Cikarang Barat, Cibatu, Cikarang Timur, dan Karawang Barat.

Baca Juga  9 Tahapan Saat Cewek Skeptis Mencintai Seseorang, Kira - Kira kamu Termasuk Gak Ya?

5. Kontraktor

Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated)

Kontraktor utama yang mengerjakan tol ini adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO Waskita-Acset). Keduanya menandatangani kontrak dengan JJC senilai Rp 13,5 triliun (termasuk PPN), pada Senin (27/2/2017). Dalam KSO ini, porsi Waskita 51 persen, mengerjakan ruas dari Cikunir hingga Cikarang sepanjang 19,7 kilometer. Adapun ACSET 49 persen, mengerjakan ruas dari Cikarang hingga Karawang sepanjang 18,9 kilometer.

6. Relokasi sejumlah fasilitas

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated)(PT Waskita Karya (Persero) Tbk) Dalam mengerjakan tol ini, KSO Waskita-Acset harus merelokasi berbagai utilitas, seperti 11 Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), 128 penerangan jalan umum (PJU), 83 rambu, 15 kabel serat optik, serta 10 pipa gas dan minyak.

7. Baja yang digunakan

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Penggunaan baja yang dipasok oleh PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam proyek jalan tol ini sebanyak 245.000 ton. Komponen utama dari baja tersebut yakni box girder.

8. Dirancang dapat menahan Megathrust

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Konstruksi jalan berbayar ini diklaim ampuh dalam menahan guncangan gempa bermagnitudo tinggi atau megathrust. Hal itu karena expansion joint yang dipasang pada setiap sambungan pierhead. Expansion joint merupakan salah satu dari beberapa jenis sambungan yang kerap digunakan dan memegang peran penting pada sistem perpipaan. Kekuatan expansion joint ini dapat menahan gempa hingga 1.000 tahun dengan kekuatan hingga di atas magnitudo 8 SR

Baca Juga  9 Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pedoman Masyarakat Indonesia

9. Tol layang terpanjang

Hasil gambar untuk tol jakarta cikampek

Hingga saat ini, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) tercatat sebagai tol layang terpanjang di Indonesia, mengalahkan rekor Jalan Tol Wiyoto Wiyono yang membentang 15 kilometer.

Sumber : kompas.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top