Connect with us

9 Fakta Luas Wilayah Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui, Ternyata Ada yang Lebih Luas dari Eropa ini

Lainnya

9 Fakta Luas Wilayah Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui, Ternyata Ada yang Lebih Luas dari Eropa ini

Indonesia telah dikenal dunia karena luas wilayahnya, hamparan pulau-pulau yang berpenghuni ataupun tidak berpenghuni yang sangat banyak membuat negara kita dijuluki negara kepulauan.

Namun, tahukah kamu seberapa luasnya wilayah di Indonesia? Dikutip Tribun Travel dari Good News From Indonesia (GNFI), Indonesia adalah negara yang memiliki 17.504 pulau dengan total luas wilayah darat hingga 1.919.000 kilometer persegi.Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan luas wilayah negara lain juga sangat berbeda, bahkan bisa dibilang memiliki perbandingan yang cukup besar.Ingin tahu seperti apa perbandingan serta fakta seberapa besar dan luasnya Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.Dilansir dari akun Instagram @gnfi, Minggu (21/4/2019), simak perbandingan luas wilayah Indonesia dengan negara-negara lain.

Fakta 1 : Kepulauan Indoensia lebih luas dari Eropa Barat

Indonesia merupakan negara yang terbagi dalam beragam pulau yang mempunyai luas 1.919.000 kilometer persegi.Sementara, Eropa Barat merupakan wilayah yang terbagi dalam 11 negara dengan luas hanya mencapai 1.500.000 kilometer persegi saja.

Fakta 2 : Wilayah di Pulau Kalimantan lebih luas dari pada Thailand, Spanyol dan Inggris Raya

Tidak hanya membandingkan antara luas wilayah di Indonesia secara keseluruhan, GNFI juga membandingkan antara Pulau Kalimantan dengan luas wilayah negara lain. Kalimantan mempunyai luas 580.000 kilometer persegi.Pulau Kalimantan dengan banyak hutan lebat memiliki luas wilayah yang melebihi luas dari negara Thailand. Bahkan, Kalimantan juga lebnih luas dari Spanyol serta 2 kali lebih luas dari Inggris Raya.

Baca Juga  9 Fakta Terbakarnya Pertamina Indramayu

Fakta 3: Luas Pulau Sumatera lebih luas dari keseluruhan wilayah Jepang

Pulau Sumatera memiliki uas wilayah sekitar 473.481 kilometer persegi.Luas wilayah Sumatera tersebut ternyata lebih luas daripada negara Jepang secara keseluruhan.Bahkan, enam kali lebih luas daripada Irlandia dan 14 kali lebih luas daripada Taiwan.

Fakta 4: Luas wilayah Bali lebih luas 5 kali daripada Hongkong

Pulau Bali menjadi destinasi yang sudah terkenal di dunia dengan banyaknya pilihan destinasi wisata di sana.Bali yang mempunyai luas 5.700 kilometer persegi.Dengan kata lain luas wilayah Bali sama halnya dengan lima kali dari luas wilayah Hongkong.

Baca Juga : 9 Tempat Wisata Yang Terkenal Di Jerman

Fakta 5: Provinsi Jawa Timur lebih luas dari negara Belanda

Selain itu, Provinsi Jawa Timur memiliki wilayah yang lebih luas daripada luas wilayah negara Belanda.Tidak hanya itu, Provinsi Jawa Timur juga memiliki luas 48.000 kilometer persegi bahkan 2 kali dari luas negara Kuwait

Fakta 6: Luas Provinsi Papua 30 kali lebih luas dari negara Jamaika

Berpindah ke provinsi paling ujung timur di negara Indonesia, Papua mempunyai luas wilayah 319.036 kilometer persegi.Luas papua ini setara dengan dua kali luas wilayah negara Yunani dan lebih luas dari negara Italia.Menariknya lagi, provinsi Papua ini memiliki wilayah dengan perbandingan 30 kali lebih luas dari negara Jamaika

Baca Juga  9 Tumbuhan Langka Yang Hanya Ada Di Indonesia Saja!

Fakta 7: Luas Kabupaten Merauke 9 kali lebih luas dari Bunei

Di wilayah Papua terdapat kabupaten Merauke yang menjadi ibu kota provinsinya. Di kabupaten ini memiliki luas wilayah yang mencapai 45.071 kilometer persegi.

Fakta 8: Kota Palangkaraya adalah 3 kali luas negara Singapura

Beranjak ke Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimatan, kota ini memiliki luas wilayah 2.400 kilometer persegi.Dengan kata lain, kota ini memiliki luas wilayah yang lebih luas dari negara Luxemburg.Serta, Kota Palangkaraya memiliki luas wilayah tiga kali dari luas wilayah negara Singapura.

Fakta 9: Luas Taman Nasional Lorentz di Papua sama dengan luas negara Siprus

Taman Nasional Lorentz di Papua memiliki wilayah yang luas dengan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah.Taman nasional ini kaya akan sumber daya alam, flore, serta fauna yang beraneka ragam.Luas taman nasional ini adalah 9.600 kilometer persegi.Luas wilayah ini sama dengan luas dari negara Siprus serta 12.5 kali lebih luas dari negara Bahrain.

 

 

 

 

sumber : https://bangka.tribunnews.com/2019/04/21/10-fakta-luas-wilayah-indonesia-yang-wajib-kamu-ketahui-ternyata-ada-yang-lebih-luas-dari-eropa-ini?page=4

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga  9 Hacker dari Indonesia yang Memiliki Reputasi Level Dewa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top