Connect with us

9 Fakta yang Mengejutkan Mengenai Planet Saturnus

Lainnya

9 Fakta yang Mengejutkan Mengenai Planet Saturnus

Planet terluar yang terlihat tanpa teleskop, dinamai “Lubadsagush” – tertua dari yang lama – oleh Asyur, sebagian karena gerakannya yang lambat terhadap latar belakang bintang-bintang. Orang-orang Yunani melanjutkan tradisi ini dengan menamakannya “Chronos” setelah dewa waktu, tetapi nama Romawi “Saturnus” menghormati dewa pertanian.

1.Lebih ringan dari air

Jika ada planet dengan lautan yang cukup besar untuk menampungnya, Anda akan berpikir Saturnus akan mengapung, karena kepadatannya hanya 75 persen dari air. Namun, jika ada planet seperti itu, inti padat Saturnus mungkin akan tenggelam sementara sisa atmosfernya melayang atau hanyut.

2.Tekanan Intens

Inti Saturnus memiliki sekitar 10 kali massa Bumi, dan mungkin berbatu. Tekanan sangat kuat pada antarmuka antara inti dan atmosfer sehingga hidrogen mengembun menjadi cairan, yang disebut hidrogen logam karena menghantarkan listrik. Di bawah hidrogen logam, mungkin ada lapisan helium cair.

3.Berputar Dengan Cepat

Gas-gas yang membentuk Saturnus – terutama hidrogen dan helium – berputar begitu cepat di sekitar inti sehingga planet ini tampak lonjong dari ruang angkasa. Ia berputar sekali pada porosnya kurang dari setengah hari Bumi, meskipun memiliki diameter khatulistiwa sekitar 9,5 kali lebih besar dari Bumi.

Baca Juga  9 Fakta tentang AREA 51, nomer 6 buat penasaran

4.Helium Rain

Sumber gambar: askzephyr.com

Saturnus memancarkan energi dua hingga tiga kali lipat dari yang diterimanya dari matahari. Sebagian besar energi ini berasal dari gesekan yang dihasilkan oleh hujan helium. Helium mengembun di lapisan atas atmosfer yang lebih dingin dan gravitasi menariknya ke arah inti. Ini menghasilkan panas dengan menggosok molekul hidrogen saat jatuh.

5.Meniup Angin

Panas yang dihasilkan oleh helium yang jatuh mendorong angin ganas di permukaan planet. Mereka dapat meledak dengan kecepatan hingga 1.800 kilometer per jam (1.118 mil per jam), yang merupakan angin tercepat di tata surya – hanya Neptunus yang lebih cepat.

6.Badai Geometris

Sebuah planet dengan angin kencang seperti itu pasti akan mengalami badai, dan Saturnus memiliki banyak, meskipun lapisan awan atas mengaburkan sebagian besar dari mereka. Angin yang mirip dengan aliran jet di Bumi menghasilkan pola di kutub utara yang hampir merupakan segi enam yang sempurna.

7.Cincin di Planet Ini

Saturnus bukan satu-satunya planet dengan cincin – semua planet Jovian memilikinya – tetapi Saturnus sangat mengesankan. Mereka kurang dari satu kilometer (3.200 kaki) tebal, tetapi mereka membentang jarak 282.000 kilometer (175.000 mil), yang merupakan tiga perempat dari jarak dari Bumi ke bulan.

Baca Juga  Kalian Harus Tau, 9 Penjelajah Dunia Paling Melegenda Sepanjang Sejarah

8.Cincin Mempengaruhi Iklim

Partikel bermuatan dari cincin Saturnus, tetesan air hujan ke atmosfer. Mereka mengurangi kerapatan elektron di atmosfer bagian atas di daerah di mana mereka jatuh, dan ini memiliki efek pendinginan pada daerah tersebut. Dengan kata lain, iklim Saturnus dipengaruhi oleh struktur cincin, yang 60.000 kilometer (36.000 mil) di atas permukaan.

9.Banyak bulan

Selain sistem cincinnya yang mengesankan, Saturnus memiliki 53 satelit bernama dan sembilan satelit sementara. Beberapa dari bulan-bulan ini berinteraksi dengan cincin-cincin itu, dan beberapa berlalu begitu dekat satu sama lain sehingga mereka saling bertukar orbit.

 

Sumber: mosg-portal.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top