Connect with us

9 Fenomena Alam Yang Paling Menakjubkan. Kalian Pasti Terkagum – kagum!

Lainnya

9 Fenomena Alam Yang Paling Menakjubkan. Kalian Pasti Terkagum – kagum!

9 Fenomena Alam Yang Paling Menakjubkan. Kalian Pasti Terkagum – kagum!

Fenomena alam sudah sangat sering kita alami atau kita lihat seperti gempa bumi, gunung meletus dan sebagainya (yang berbahaya) dan hujan (yang tidak berbahaya). Tapi apakah kalian sudah tau atau pernah melihat fenomena – fenomena alam yang diantaranya ada yang berbahaya tapi sangat menakjubkan hingga membuat kalian terkagum – kagum melihatnya? Nah kalau kalian belum tau, kami akan memberitahu kalian 9 fenomena alam yang paling menakjubkan menurut Dunia9.My.Id.

1. Aurora

Apakah kalian sudah pernah mendengar nama fenomena alam menakjubkan yang satu ini? Aurora sendiri merupakan fenomena alam berbentuk cahaya-cahaya indah di langit dan hanya dapat dilihat pada daerah dataran tinggi.

Penjelasan ilmiah dari fenomena alam ini adalah mereka terbentuk karena magnetosfer (daerah di angkasa yang sebagian besar penuh dengan medan magnet) terganggu oleh angin dan matahari, sehingga partikelnya membelok dan juga menyebabkan reaksi partikel antara atmosfer. Reaksi antara partikel dari matahari dengan atmosfer bumi inilah yang menghasilkan berbagai macam warna pada aurora.

Kalian yang ingin melihat fenomena alam mengakumkan ini disarankan untuk pergi ke daerah Kanada, New Zealand, dan juga Antartika. Karena ketiga tempat ini merupakan tempat paling ideal untuk menyaksikan Aurora. Perlu diketahui bahwa salah satu kondisi fenomena Aurora adalah kondisi matahari yang stabil, yaitu memiliki angin dan intensitas tinggi.

2. Pintu Neraka atau Hell Gate

Salah satu fenomena alam yang unik selanjutnya ada di Negara Turkmenistan. Lebih dikenal sebagai Gerbang Neraka, tempat ini sebenarnya bernama Kawah Darvaza. Hal itu karena kawah ini telah terbakar selama lebih dari 40 tahun.

Lubang ini pertama kali ditemukan tahun 1971 oleh ahli geologi Uni Soviet. Namun, tanah di bawah rig pengeboran runtuh dan meninggalkan lubang kawah selebar kurang-lebih 70 meter. Mulai dari sinilah fenomena gerbang neraka dimulai. Karena penuh dengan gas alam yang berpotensi beracun, mereka memutuskan untuk membakarnya. Para ilmuwan berharap api akan padam sendiri selama beberapa hari, tetapi sampai sekarang api itu tetap membara.

Baca Juga  Wow, Tidak Ada Tandingannya! Inilah 9 Galaksi Terindah Sejagad Raya.

3. Badai Supercell

Supercell merupakan nama yang digunakan untuk menyebut sebuah badai besar yang dasyat. Nama ini diberikan untuk angin yang terus berputar dalam balutan badai dasyat. Pemandangan ini terlihat benar- benar menakutkan. Supercells merupakan badai terisolasi yang dapat berlangsung selama beberapa jam, dan terkadang juga dapat terbelah menjadi dua bagian.

Akibat adanya badai ini, beberapa material bisa terhambur keluar dan mengakitkan hujan es, air, dan juga angin. Badai ini juga berpotensi menimbulkan tornado. Di dunia ini yang sering kedatangan badai ini adalh di Great Plains, USA.

4. Light Pillar

Light Pillar adalah sebutan untuk fenomena alam dalam bentuk cahaya yang di langit, meneyerupai layaknya pilar atau tiang-tiang. Walaupun terlihat sangat menakjubkan, setiap fenomen alam pasti memiliki penjelasan ilmiahnya sendiri. Light Pillar sendiri timbul karena adanya berbagai pantulan cahaya pada kristal-kristal es yang ada di langit malam, Untuk dapat melihat fenomena ini, diperlukan syarat lain yaitu suhu udara sekurang-kurangnya -10 derajat celcius.

Hal inilah yang menyebabkan munculnya kristal-kristal es di langit malam, dengan kata lain fenomena alam menakjubkan ini akan hanya dapat dilihat pada negara-negara dunia yang mempunyai musim dingin.

Baca Juga : 9 Pulau Pribadi Terbaik Di Dunia. Di Indonesia Juga Ada?

5. Danau Baikal

Fenomena alam di Danau Baikal, Rusia dimulai dari fakta yang menyebutkan jika danau ini merupakan salah satu danau tertua dan terbesar di dunia. Danau Baikal memiliki panjang sekitar 640 kilometer dengan air yang jernih.

Danau Baikal pun unik karena juga dihuni oleh ratusan spesies yang tidak ditemukan di tempat lain. Fenomena alam menarik lainnya di danau ini bisa ditemukan ketika musim dingin, saat danau membeku.

Gelembung-gelembung yang membeku di bawah permukaan danau tampak begitu menakjubkan untuk dilihat. Fenomena gelembung ini muncul dari makhluk hidup di bawah danau dan terperangkap emisi metana.

6. Lubang Biru Raksasa atau Great Blue Hole

Lubang biru raksasa atau geat blue hole merupakan suatu lubang yang berada di lautan yang berbentuk menyerupai sebuah lingkaran sempurna. Lubang biru raksasa ini mempunyai diameter 0,4 kilometer dengan kedalaman mencapai 145 meter. Di sisi- sisi lubang biru raksasa ini terdapat banyak karang yang membatasinya. Karang- karang ini masih termasuk ke dalam komplek karang lighthouse.

Baca Juga  9 Versi Asli Tersadis Dongeng Pengantar Tidur! Nomor 1 Paling Sadis

Lubang biru raksasa ini terdapat di dekat pusat kota Bleize, teptnya berada pada jarak 60 mil dari pusat kota Bleize. Jika kita perhatikan lubang biru raksasa yang ada di lautan ini kita akan merasa bahwa lubag tersebut tidak berdasar karena saking dalamnya. Lubang biru raksasa ini membuat siapa saja tidak ingin berlayar di atasnya. Jika dilihat dari kejauhan yakni dari udara, keberadaan lubang ini memang menjadi suatu pemandangan yang indah, namun tidak jarang juga banyak yang takut melihatnya.

7. Fire Rainbows

Pelangi Api atau terkenalnya Fire rainbows adalah salah satu fenomena alam yang dapat terjadi karena cahaya matahari bertemu dengan kristal es yang berada di Awan Cirrus (awan tipis panjang). Namun tidak sesederhana itu, Pelangi Api ini hanya dapat terjadi jika cahaya matahari bertemu pada sudut tertentu sehingga menghasilkan sebuah pelangi yang berwarna seperti api.

Fenomena alam ini juga hanya dapat terjadi ketika matahari sedang berada sangat tinggi di langit dan kristal-kristal es menghadap ke bawah, Singkatnya, untuk melihat fenomena alam Fire Rainbows ini bukanlah sesuatu yang gampang. Jadi apabila pada suatu hari Anda berhasil melihat fenomena alam ini, ketahuilah bahwa itu adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

8. Taman Nasional Zhangye

Batuan di Taman Geologi Zhangye Danxia, Provinsi Ganshu, China ini memiliki panorama keindahan alam yang begitu memukau. Hal itu karena batuan di taman nasional ini berwarna-warni sehingga menyerupai pelangi. Mungkin orang tak akan langsung percaya jika warna-warna ini muncul secara alami. Namun, ini merupakan fenomena alam hasil endapan batu, pasir, dan mineral yang tersimpan selama sekitar 24 juta tahun.

Baca Juga  Untuk Ibu - Ibu Yang Sedang Mengandung Wajib Baca! 9 Makanan Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Hal itu membentuk efek “kue lapis” yang kemudian tertekuk oleh lempeng yang sama-sama membentuk Pergunungan Himalaya. Angin dan hujan yang menerpa kemudian semakin menyempurnakan bentang alam nan dramatis di sini.

9. Lenticular Clouds

Lenticular clouds atau awan Lenticular merupakan awan yang berlapis- lapis dan juga terbentuk karena adanya udara lembab dan dipaksa mengalir ke atas yang berada di sekitar puncak gunung. Bagi para pilot pesawat maka akan sebisa mungkin menghindari terbang di dekat awan- awan ini.

Hal tersebut karena akan dapat memicu timbulnya turbulensi yang kuat. Untuk mendeteksi keredaan awan jenis ini maka akan dapat dengan mudah kita mengetahuinya karena dapat dilihat dari bentuknya. Awan seperti ini cukup berbeda dari awan- awan yang lainnya. Awan seperti ini terlihat seperti sebuah UFO atau piring terbang raksasa atau bahkan sesuatu yang menyerupai tumpukkan pancake.

Awan- awan seperti ini biasanya terjadi di atas gunung. Banyak sekali gunung- gunung yang terkenal di dunia di foto dengan bersama dengan keindahan awan lenticularnya di langitnya, diantaranya adalah gunung Shasta dan juga gunung Fuji. Ada satu hal yang menarik dari awan Lenticular Clouds ini yakni awan ini terlihat seperti membeku dan juga kelihatan seperti tidak pecah- pecah.

Namun sebenarnya tidaklah demikian. Awan ini telihat statik dikarenakan aliran udara yang lembap terus menerus memberikan uap udara yang meluap dari sisi atas angin dan bahkan sebagai air yang mengeluap dan akan lenyap dari sisi bahwah angin. Awan lenticular clouds ini dapat kita lihat seperti sedang melayang- layang selama berjam- jam atau hari, sehingga perubahan angin ataupun cuaca dan awan akan menyebar dan kemudian akan terpecah.

Sumber :

– http://www.tahupedia.com/content/show/652/10-Fenomena-Alam-Paling-Menakjubkan-Di-Dunia

– https://travel.kompas.com/read/2019/04/05/120500227/5-fenomena-alam-paling-memukau-di-dunia?page=all

– https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/fenomena-alam-yang-menakjubkan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top