Connect with us

9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing

Budaya

9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing

9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing

NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang biasa juga kita sebut Negara Indonesia memiliki bermacam – macam keberagaman. Ada banyak sekali suku, agama, ras, budaya dan lain – lain di negara tercinta kita ini. Itu yang membuat negara kita ini sangat unik, sehingga para wisatawan asing dari berbagai negara, dari segala penjuru dunia datang ke Indonesia hanya untuk menikmati keunikan yang hanya terdapat di negara kita ini. Nah temen – temen, tau kah kalian? Ada beberapa festival budaya di Indonesia yang sangat unik sehingga festival itu sangat dinanti – nanti oleh para wisatawan asing loh. Penasaran apa saja itu? Ini dia 9 festival budaya di Indonesia yang sangat unik dan selalu menarik perhatian para wisatawan asing menurut Dunia9.My.Id.

1. Festival Tabuik, Padang Pariaman (Sumatera Barat)

Festival Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di masyarakat Pariaman. Festival ini telah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu; kira-kira sejak abad ke-19 masehi. Perhelatan Tabuik merupakan bagian dari peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Hussein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Tabuik sendiri diambil dari bahasa arab ‘tabut’ yang bermakna peti kayu. Nama itu mengacu pada legenda tentang kemunculan makhluk berwujud kuda bersayap dan berkepala manusia yang disebut buraq. Legenda ini mengisahkan bahwa setelah wafatnya sang cucu Nabi, kotak kayu berisi potongan jenazah Hussein diterbangkan ke langit oleh buraq. Berdasarkan legenda inilah, setiap tahun masyarakat Pariaman membuat tiruan dari buraq yang sedang mengusung tabut di punggungnya.

2. Rambu Solo, Tanah Toraja (Sulawesi Selatan)

Rambu Solo adalah upacara kematian yang terkenal seantereo dengan kemewahannya. Acara ini dilakukan berhari-hari dan mengikut sertakan seluruh warga Tanah Toraja. Upacara ini biasa dilakukan pada bulan Desember, upacara yang dinanti-nanti oleh masyarakat Tanah Toraja.

Baca Juga  9 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Ini Bikin Bule Heran Lho!

Upacara ini diisi dengan atraksi-atraksi budaya Tanah Toraja, seperti adu kerbau sebelum di adu kerbau ini dimandikan terlebih dahulu. Kemudian juga diisi dengan pementasan musik tradisi Tanah Toraja, dan diakhiri dengan upacara pemakaman jenazah.

3. Perayaan Tahun Baru Cina (Singkawang)

Di Indonesia, banyak tempat yang menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Cina. Tetapi dari semua tempat itu, di Singkawang yang terletak sekitar 145 kilometer dari Pontianak, menjadi tempat yang paling meriah merayakannya. Salah satu atraksi yang paling ditunggu dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang adalah Tatung. Uniknya, pertunjukan Tatung ini nggak cuma melibatkan warga keturunan Tionghoa, tetapi juga warga suku Dayak.

4. Festival Legu Gam, Ternate (Maluku Utara)

Setiap bulan April, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Sultan Ternate, Mudaffar Sjah, digelar sebuah festival yang udah lama masuk ke dalam agenda nasional kegiatan Kementerian Pariwisata, yaitu Festival Legu Gam. Tujuan utama festival ini adalah untuk melestarikan sekaligus mempromosikan kekayaan alam dan budaya Kesultanan Ternate dan 3 kesultanan lain yang berada di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Hal yang paling menarik dari festival ini adalah pertunjukan Tari Legu yang merupakan jenis tarian kerajaan. Oleh sebab itu, tarian ini nggak boleh dipentaskan secara sembarangan dan baru diperkenankan setelah Sultan selesai melakukan 3 acara penting, yaitu Doru Gam, Kololi Kie, dan Fere Kie.

Baca Juga : 9 Film Dengan Durasi Terpanjang Di Dunia. Sanggupkah Kalian Menontonnya?

5. Upacara Kasada, Gunung Bromo (Jawa Timur)

Upacara ini merupakan upacara hari raya umat Hindu suku Tengger yang tinggal di Gunung Bromo. Upacara ini dilakukan setiap satu tahun sekali, ketika memasauki bulan Kasada. Upacara Kasada Yadnya ini berupa pemberian sesajen kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur suku Tengger. Upacara yang dilakukan pada tengah malam dan berakhir pada dini hari ini dilakukan di tengah lautan pasir hitam di dekat kaki Gunung Bromo.

Baca Juga  9 Aplikasi Terunik Sepanjang Massa, No 5 Bikin Dukun Ga Berguna

Masyarakat suku Tengger ini akan melemparkan sesajennya yang berupa buah-buahan, hingga hewan ternak ke kawah Gunung Bromo. Untuk kalian yang ingin melihat Upacara Kasada Yadnya ini tak perlu khawatir bosan. Karena tak jauh dari tempat berlangsung upacara, ada pertunjukkan Jazz Gunung.

6. Festival Danau Sentani, Jayapura (Papua)

Festival yang satu ini seperti upacara adat lainnya dimana warga suku asli Papua menari tarian khas suku-suku mereka di atas sebuah perahu. Kemudian disana tersaji berbagai hidangan, yang tentunya hidangan ciri khas masyarakat Papua. Tertarik untuk menyaksikan festival ini? Datanglah ke kota Jayapura pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni dan Juli karena Festival Danau Sentani diadakan pada periode tersebut. Festival Danau Sentani ini sangat dinanti-nanti oleh para wisatawan terutama kawasan ASEAN dan juga Belanda loh!

7. Semana Santa, Larantuka (NTT)

Setiap minggu sebelum Paskah, Kota Larantuka di Provinsi Nusa Tenggara Timur akan merayakan Pekan Suci dengan cara yang unik dan dikenal dengan nama Semana Santa. Selama satu minggu, ribuan peziarah yang nggak hanya berasal dari pulau-pulau di sekitar Flores namun juga dari Jawa, Bali, bahkan mancanegara akan berkunjung ke Larantuka. Perayaan ini sangat unik karena nggak hanya berkaitan dengan agama, tetapi juga memadukan sejarah bangsa Portugis dengan tradisi lokal.

Baca Juga  9 Sepatu Nike Tercepat Penghasil Ribuan Gol, Nomor 9 Bikin Refleks seperti Kucing!

8. Dieng Culture Festival, Banjarnegara (Jawa Tengah)

Pengunjung melepaskan lampion dalam acara Dieng Culture Festival 2019 di Dieng, Jawa Tengah, Sabtu (3/8/2019). Ribuan pengunjung baik dari sekitar Jawa Tengah maupun kota-kota besar di Indonesia hadir dalam acara DCF 2019.

Acara Dieng Culture Festival ini memang termasuk acara yang belum lama ini menjadi acara rutin. Pada tahun 2010 acara ini mulai dilirik oleh wisatawan Internasional, dan sejak itulah acara ini diadakan rutin setiap satu tahun sekali. Acara Dieng Culture Festival di isi dengan acara utama yaitu Ruwat Rambut Gembel, dimana anak-anak yang memiliki rambut gimbal dipercaya sebagai titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce dipotong dan diupacarakan.

Tak hanya itu acara Dieng Culture Festival pun disemarakkan dengan pertunjukan musik Jazz. Jika kalian pecinta musik jazz dan belum pernah mencoba menikmatinya langsung ditengah dinginnya malam di puncak gunung Dieng, maka Dieng culture Festival adalah tempat yang sangat cocok untuk kalian!

9. Festival Danau Toba (Sumatera Utara)

Festival Danau Toba merupakan acara wisata tahunan yang telah berlangsung sejak 2013. Festival yang telah digelar sejak 1982 dahulu bernama Pesta Danau Toba. Pada mulanya Pesta Danau Toba merupakan sebuah event lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba yang mempunyai peran penting bagi kehidupan suku batak yang tinggal di pesisir Danau Toba. Berbagai kegiatan berupa atraksi seni budaya dan wisata olahraga menyemarakkan festival ini.

Sumber :

– https://keepo.me/unique/tak-perlu-malu-dengan-budaya-sendiri–10-festival-indonesia-ini-sangat-terkenal-di-luar-negeri/

– https://blog.reservasi.com/daftar-festival-budaya-indonesia-agenda-wisatawan-internasional/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top