Connect with us

9 Festival Musik Terbesar di Indonesia

Musik

9 Festival Musik Terbesar di Indonesia

Festival musik di Indonesia kini tak bisa dipandang sebelah mata.  Terbukti dari menjamurnya beragam festival di Indonesia setiap tahunnya dan dikerjakan dengan tata panggung kelas dunia.

Dari festival jazz yang diadakan di atas ketinggian 2.000 meter hingga festival musik multi genre yang dirayakan tiga hari tiga malam, festival-festival ini terbukti sanggup meraup keuntungan miliaran rupiah.

Antusias masyarakat yang begitu besar, menyebabkan festival-festival ini tak pernah sepi pengunjung.

Berikut 9 festival musik terbesar di Indonesia dengan crowd paling pecah versi Dunia9.My.Id!

1. Djakarta Warehouse Project (DWP)

Festival musik dan dance terbesar di Asia ini selalu memuaskan dahaga para pecinta ajojing Indonesia.

Djakarta Warehouse Project adalah festival musik dansa yang diadakan di Jakarta, Indonesia. Ini adalah salah satu festival musik dansa tahunan terbesar di Asia, menampilkan seniman musik dansa dari seluruh dunia..

Tahun ini Djakarta Warehouse Project (DWP) akan memboyong DJ Snake, Alesso, Armin van Buuren, Porter Robinson, Major Lazer Soundsystem, RL Grime hingga The Weeknd.

2. Soundrenaline

Dikenal sebagai salah satu festival musik terbesar di Indonesia, kehadiran Soundrenaline selalu dinanti oleh penikmat musik Tanah Air.

Tahun 2019, Soundrenaline diadakan di Bali selama dua hari pada tanggal 7 dan 8 September 2019.

Selain menghadirkan Limp Bizkit, sederet nama besar di industri musik Tanah Air turut meramaikan pagelaran ini, sebut saja Sheila On 7, Burgerkill, Naif, Barasuara, Padi Reborn, Tony Q, Danilla, The SIGIT dan masih banyak lainnya.

Baca Juga  Hanya Dengan Bambu Saja Bisa Berubah Menjadi 9 Alat Musik Ini

3. Jakarta International Java Jazz Festival

Musisi-musisi jazz kaliber dunia dan musisi-musisi kenamaan Indonesia silih berganti mengisi pagelaran tahunan, Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF).

Selama lebih dari satu dasawarsa penyelenggaraannya, JIJJF pernah memboyong James Brown, Stevie Wonder, Eric Benet, Earth Wind and Fire, Bubi Chen, Jamie Cullum, Santana, Dave Koz, Lee Ritenour, hingga Bob James.

4. Jazz Gunung

Mengadakan pagelaran musik Jazz di atas ketinggian 2.000 meter jelas bukan perkara sepele. Inisiasi yang sulit ditandingi rumah produksi event manapun inilah yang diselenggarakan Jazz Gunung selama 11 tahun terakhir.

Di Jazz Gunung, para penonton disuguhi beragam musik Jazz dibalut dengan tata panggung etnik dan nuansa daerah pegunungan yang khas.

Pada tahun 2019 jazz gunung diadakan di gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Acara ini merupakan satu di antara pionir berkembangnya festival musik yang dilaksanakan di alam terbuka di Indonesia.

Mengusung konsep musik jazz di alam terbuka, Jazz Gunung memadukan harmonisasi musik, dan suasana alam pegunungan yang indah. Selain menampilkan musisi dalam dan luar negeri dalam balutan jazz etnik, Jazz Gunung juga menampilkan beberapa kesenian daerah yang kaya akan keragaman budaya Indonesia.

5. Java Rockin’Land

Java Rockin’land adalah sebuah festival rock tahunan yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia sejak tahun 2009. Selain menghadirkan musisi rock mancanegara maupun dalam negeri, festival ini juga disertai musisi dari genre musik lainnya seperti metal, heavy metalsweet rock. Antara musisi terkemuka yang hadir di festival ini adalah Stereophonics, The Smashing Pumpkins, Wolfmother, The Vines, 30 Seconds to Mars, Mew ,The Cranberries, Helloween, Neon Trees, Mr. Big, Vertical Horizon, Dashboard Confessional, Good Charlotte, Third Eye Blind, Frente, Arkarna dan masih banyak lagi.

Baca Juga  9 Band Punk Terpopuler Sepanjang Masa di Indonesia

6. Folk Music Festival

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa “Folk Music Festival adalah festival alternatif tahunan untuk para penggemar kebudayaan (kesenian, musik, literasi) di Indonesia.” Pastinya sejak diadakan pertama kali pada tahun 2014 di Surabaya, kini festival musik tersebut lebih sering digelar di kawasan wisata Batu, Malang. Venue Kusuma Agrowisata sendiri merupakan resor dan hotel seluas 70 hektar di atas ketinggian 1000 meter dari permukaan laut sehingga membuat pengalaman menyaksikan musik (atau diskusi) pun semakin santai dan menyejukkan.  Silampukau, Mocca, Efek Rumah Kaca, Float, Tigapagi, Fourtwnty, Stars and Rabbit, Payung Teduh, hingga Iksan Skuter sudah pernah bermain di festival ini sebelumnya.

7. Syncronize Festival

Festival musik multi-genre tahunan berskala nasional yang mengundang puluhan ribu audience untuk merayakan keberagaman jenis musik hidup di lima panggung selama tiga hari dan tiga malam. Setiap tahunnya ada suguhan ratusan pertunjukan musik terkurasi dari artis-artis terfavorit dan terbaik tanah air yang datang dari dekade ’70-an, ’80-an, ’90-an hingga 2000-an. Selain pergelaran musik, festival ini juga menampilkan aktivitas lainnya; pemutaran film, stan penjualan rekaman musik serta aneka jajanan memorabilia musik lainnya. Presiden Jokowi pun sempat datang ke festival ini tahun lalu. Penampilan Rhoma Irama dan Soneta serta konser reuni Dewa 19 bersama dua orang mantan vokalisnya adalah dua highlights dari Synchronize Festival.

Baca Juga  9 Jenis Genre Musik di Dunia

8. We The Fest

Jangan heran jika para penonton yang datang ke festival ini kebanyakan anak-anak muda belia, kisaran masih duduk di bangku SMP maupun SMA. Mereka tentu datang tak hanya ingin menikmati konser, melainkan juga tampil bergaya maksimal, seen or to be seen. Dekorasi festival yang semarak dan instagramable menjadi salah satu alasan sangat digemarinya festival ini oleh kalangan hipster. Ellie Goulding, Macklemore & Ryan Lewis, The 1975, Mark Ronson, The Kooks, Lorde, James Bay dan SZA adalah beberapa nama artis internasional ternama yang pernah tampil di We the Fest.

9. Hammersonic

Hammersonic Festival adalah festival metal dan rock, yang diadakan setiap tahun di Jakarta, Indonesia sejak 2012. Ini adalah festival metal dan rock terbesar di Asia Tenggara bahkan di Asia Pasifik.

Tahun ini, para metalhead berkesempataan menyaksikan sangarnya penampilan dedengkot musik metal dan Punk macam In Flames, Dead Kennedys, H20, Vital Remains, Brujeria, hingga IHSAHN.

 

Sumber : https://www.guideku.com/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Musik

To Top