Connect with us

9 Hal yang Membatalkan Puasa

Lainnya

9 Hal yang Membatalkan Puasa

Puasa merupakan hal yang dilakukan umat Islam untuk menahan nafsu, serta makan dan minum dari terbit Matahari sampai terbenamnya sang Mentari. Namun, puasa tidak semudah yang dibayangkan loh, Toppers.

Ada cukup banyak pantangan yang tidak boleh kamu lakukan saat berpuasa Ramadan. Mulai dari muntah secara disengaja, merorok, emosi, hingga mengeluarkan air mani bagi pria.

Nah berikut ini kita akan menjabarkan 9 hal yang mebatalkan puasa.

1.Makan dan Minum dengan Sengaja

Hal utama saat puasa adalah menahan hawa nafsu, termasuk nafsu makan dan haus. Hal yang membuat batal puasa adalah makan dan minum dengan sengaja. Jika kita makan dan minum dengan tidak sengaja karena lupa, maka tidak apa-apan.

Namun, makanan dan minuman yang tersisa di mulut, harus segera dikeluarkan.

2.Merokok

Meskipun tidak makan dan minum, merokok juga merupakan hal yang membuat batal puasa karena dengan merokok, kita memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dan pada umumnya juga merokok mempunyai rasa yang bisa dirasakan pada lidah.

Baca Juga  9 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan Saat Puasa

3.Haid atau Nifas

Saat kita puasa, tubuh kita harus dalam keadaan suci. Oleh karena itu, hal yang membuat batal puasa bagi perempuan adalah haid dan nifas atau darah setelah melahirkan.

Karena pada dasarnya, darah yang keluar pada saat haid dan nifas adalah darah kotor yang dapat membuat batal puasa.

4.Gila atau Hilang Akal

Orang gila atau hilang akal tidak diwajibkan untuk berpuasa. Orang gila tentu saja sudah tidak bisa berfikir secara jernih. Namun, bila kita sedang berpuasa lalu tiba-tiba hilang akal, maka kita batal puasa.

5.Berhubungan Seksual

Melakukan hubungan seksual dengan suami atau istri saat siang hari dapat membuat batal puasa. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa menahan nafsu pada saat puasa.

Jika kamu berhubungan seksual saat berpuasa, maka kamu diwajibkan untuk mengganti puasa serta membayar kifarat atau denda.

6.Berenang

Pada dasarnya berenang diperbolehkan saat berpuasa. Namun kamu harus menjaga agar tidak ada air yang masuk ke tubuh kamu. Hal ini pastinya sulit untuk dihindari, jadi ada baiknya kamu menunggu hingga waktu berbuka untuk berenang.

Baca Juga  Selamat Tinggal Eren, 9 Moment Attack on Titan 139

7.Emosi

Saat berpuasa artinya kita harus menahan segala hawa nafsu mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Apabila seseorang mengeluarkan emosi yang berlebihan saat puasa, hal tersebut tidak membuat puasa batal, hanya saja dapat mengurangi pahala puasa.

Selain itu, saat seseorang marah atau emosi, membuat mereka tidak mengontrol diri sehingga dapat mendorong mereka melakukan hal yang keji, seperti memukul, membunuh dan lainnya.

Walaupun banyak orang yang tetap melanjutkan puasa setelah mengeluarkan emosi, namun pahalanya tetap berkurang.

8.Mengeluarkan Air Mani

Mengeluarkan air mani atau sperma dapat membuat batal puasa. Pada umumnya kita mengeluarkan sperma jika kita terangsang oleh sesuatu atau nafsu. Namun, jika kita mengeluarkan air mani pada saat mimpi basah, maka puasa tidak batal.

9.Suntikan

Pada umumnya saat kita disuntik, kita akan dimasukkan obat serta cairan yang baik untuk tubuh. Karena itu, suntikan merupakan hal yang membuat batal puasa. Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar pada tubuh.

Baca Juga  9 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia, Siapa Paling Cepat?

 

Nah itulah beberapa hal yang bisa membuat puasa kamu menjadi batal, setelah mengetahuinya kami berharap kalian untuk menghindari hal-hal tersebut supaya puasamu lancar.

Sumber : https://www.tokopedia.com/blog/hal-yang-membatalkan-puasa-slm/

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top