Connect with us

9 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Membeli Games di Steam

Games

9 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Membeli Games di Steam

9 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Membeli Games di Steam

Steam adalah salah satu platform distribusi digital buatan Valve Corporation yang sudah banyak dikenal dikalangan para gamers tidak terkecuali gamers-gamers di Indonesia. Di dalam steam, gamers akan menemukan game-game original / asli yang dipublish oleh Valve ataupun third-party publishers (Publishers lain). Harganya pun bervariasi, mulai dari Free To Play atau gratis hingga ratusan ribu.

Terkadang banyak gamers yang membeli game di steam dan merasa kecewa karena sudah mengeluarkan uang yang lumayan banyak tetapi tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, jadi tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk membantu gamers yang masih ragu untuk membeli game di steam karena takut tidak sesuai dengan ekspektasi gamers.

Berikut adalah 9 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Membeli Games di Steam

1. Sytem Requirement

Hal pertama yang perlu dilihat adalah System Requirement dari game tersebut, mungkin banyak gamers sudah mengetahui bagian ini, namun tidak sedikit juga gamers yang asal membeli game tanpa melihat spesifikasi PC / Laptop mereka, karena ketika kita membeli game di steam, dan PC / Laptop kita tidak memenuhi spesifikasi minimum dari game tersebut, efeknya adalah game tidak bisa berjalan dengan optimal atau bahkan dapat menyebabkan crash jadi ada baiknya sebelum membeli cobalah lihat System Requirement dari gamenya terlebih dahulu.

Baca Juga  9 Game Indie Terbaik Yang Bisa Kalian Coba

2. Lihat Reviews

Hal selanjutnya yang perlu dilihat adalah review atau ulasan, karena dari review ini setidaknya kita bisa mengetahui pendapat orang lain yang telah memainkan game ini apakah itu positive, mixed ataupun negative.

3. Melihat Komentar

Masih bagian dalam review lihatlah sedikit kebawah maka akan ada kolom Customer Reviews bacalah komentar-komentar yang menyangkut soal game ini, seperti kendala dalam game atau apakah game ini Recommended atau Not Recommended dari komentar yang telah mereka tinggalkan.

4. Community Center

Community Center adalah tempat bagi para gamers untuk berdiskusi ataupun menjual item di Community Market. Kenapa perlu memeriksa steam community ? karena ketika melihat steam community kita dapat melihat diskusi para gamers soal game yang akan kita mainkan, apakah game itu masih memiliki bug atau bagaimana menyelesaikan masalah dalam suatu game.

5. Update

Jika suatu game tidak memiliki update yang membuat game tersebut menjadi lebih baik, tentunya akan membuat gamers kecewa, jadi ada baiknya pastikan game yang ingin kalian beli memiliki suatu update yang teratur dan event-event menarik.

Baca Juga  9 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Android Dan Ios

6. Gameplay

jika review steam menurut kalian tidak cukup membantu karena pendapat dari orang yang berbeda-beda, kalian bisa melihat gameplay dari game tersebut atau biasanya berjudul  Is Worth To Play…” di youtube dan menilai sendiri apakah game tersebut layak untuk kalian beli atau tidak.

Baca juga : 9 Rekomendasi Game FPS

7. Steam Wallet

Mungkin ini lebih seperti tips yang hampir diketahui oleh banyak gamers steam Indonesia, yaitu Steam Wallet USD yang lebih murah daripada IDR. Steam Wallet adalah uang kalian di dalam steam, gunanya adalah untuk membeli game ataupun item di game pastinya. Jadi sebelum membeli game kita harus mengisi Steam Wallet kita terlebih dahulu entah itu voucher ataupun top-up. Kenapa Steam Wallet USD dikatakan lebih murah, contoh :

Jika kalian membeli Steam Wallet USD 50$ (Rp.712.508,00) maka kalian harus membayar sekitar Rp.802.000,00 sedangkan, jika kalian membeli Steam Wallet IDR Rp.600.000,00 maka kalian harus membayar sekitar Rp.750.000,00. Jadi jika dihitung-hitung, kita mendapatkan Rp.100.000,00 lebih banyak ketika membeli Steam Wallet USD padahal kita hanya perlu menambah kurang lebih Rp.50.000,00.

kenapa hanya USD karena USD yang paling umum dijual.

Baca Juga  9 Game Online Terbaik Dan Terpopuler Di Dunia

8. Lihat Platform Lain

Maksudnya disini adalah coba kalian liat platform ditribusi digital lainnya, karena bisa saja ketika kita ingin membeli game di steam tetapi ternyata game tersebut sedang free di platform lain, contoh platform lain disini adalah Epic Games, atau untuk game buatan Ubisoft bisa kalian lihat di Uplay dan masih banyak lagi.

9. Discount

yang terakhir adalah discount, di steam sering terjadi discount untuk game-game tertentu di saat tertentu seperti Weekend Deal dan banyak lainnya, discount yang paling sering dimanfaatkan para gamers adalah Summer Sale dan Winter Sale dimana banyak game-game mahal yang didiskon gila-gilaan hingga menjadi murah-meriah. Jadi jika kalian ingin membeli game dekat dengan Summer atau Winter lebih baik tunggu game itu diskon terlebih dahulu.

sekian aja tips yang bisa dibagikan, gak semua harus diikuti seperti itu, bisa juga kalian membeli gamenya secara langsung, jika kalian memang tertarik pada game tersebut dan tidak ingin menunggu lama.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Games

To Top