Connect with us

9 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Ketika Marah

Lainnya

9 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Ketika Marah

Marah adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi saat seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar.

Marah adalah sesuatu yang manusiawi. Namun jika marah tidak terkontrol, Anda hanya akan merugikan diri sendiri.

Berikut 9 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Ketika Marah :

1. Tidur

Pernyataan ‘never go to bed angry’ adalah valid. Anda tidak bisa tidur dengan memendam emosi negatif. Studi dari Journal of Neuroscience menemukan bahwa tidur menguatkan memori otak. Jika Anda tidur dalam keadaan marah, maka emosi negatif itu akan terpendam lama dalam otak dan membuat Anda terus bad mood setelah bangun.

2. Melampiaskan Kemarahan

Melampiaskan kemarahan apalagi dengan cara kekerasan hanya akan berdampak buruk kepada Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa melampiaskan kemarahan dengan memukul bantal tidak hanya meningkatkan kemarahan pada saat itu, tapi juga membuat Anda memiliki perilaku agresif di masa depan.

Baca Juga  9 Pulpen Termahal Di Dunia, Yang Belum Kamu Ketahui !

3. Mengemudi Saat Sedang Marah

Sungguh berbahaya mengoperasikan kendaraan ketika Anda sedang marah. Ketika Anda marah, Anda cenderung ingin menyerang. Ini akan mengurangi konsentrasi Anda dalam memperhatikan pejalan kaki atau mobil lain di sekitar Anda.

4. Berargumen

Terus berargumen ketika marah akan memicu Anda mengatakan hal-hal yang Anda sesali. Sebaiknya minta jeda 10 menit atau bahkan 10 hari agar emosi Anda mereda.  Saat jeda, gunakan waktu untuk menenangkan pikiran sehingga akhirnya Anda dapat berekspresi secara sadar.

5. Memikirkan Kemarahan

Terus memikirkan kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah. Anda hanya terus berputar-putar pada kerugian dan cenderung ingin selalu menyalahkan orang lain.Ketika emosi Anda sudah reda, Anda dapat menenangkan emosi orang lain dan masalah pun dapat dibicarakan dengan sadar dan tenang. Jika orang yang menyebabkan Anda marah tidak bisa diam, sebaiknya Anda yang menenangkan diri sehingga orang itu menyesuaikan emosi Anda.

6. Meminum Minuman Beralkohol

Peneliti menemukan bahwa segelas alkohol sudah cukup untuk mengganggu komunikasi antara dua bagian otak yang mengendalikan perilaku kita. Mereka yakin hal ini dapat menjelaskan hilangnya rasa malu, agresi, dan gejala penarikan diri yang dikaitkan dengan mabuk.

Baca Juga  9 Manfaat Madu Bagi Wajah

Para dokter di University of Illinois and Chicago (UIC) College of Medicine menggunakan scan otak MRI untuk melihat pengaruh minuman beralkohol 16% terhadap kemampuan seseorang membuat keputusan dan membaca emosi seperti rasa takut, rasa marah, dan rasa bahagia.

7. Mengabaikan Tekanan Darah

Risiko serangan jantung dan stroke meningkat dalam dua jam setelah ledakan emosi, terutama di kalangan mantan pasien serangan jantung, menurut sebuah studi dari European Heart Journal. Jika Anda rentan mengalami tekanan darah tinggi, salah satu hal terbaik dilakukan ketika marah adalah memeriksa tekanan darah. Setiap orang yang marah harus tahu respon tekanan darah, sehingga mereka tekun mengelola kemarahan dengan latihan, tidur yang lebih baik, dan bio-feedback techniques.

8. Posting di media sosial

Ketika marah, memposting perasaan Anda di media sosial justru akan membuat Anda terus dihantui rasa marah. Jika suatu hari Anda sudah tak marah lagi, membaca status itu akan memancing kembali perasaan negatif yang telah hilang.

9. Makan

elampiaskan kemarahan dengan makan akan menjadi bumerang bagi Anda. Ketika kita marah, kita sering memilih makanan yang tidak sehat. Tidak akan ada yang memilih brokoli. Kita akan memilih makanan yang tinggi gula, tinggi lemak, tinggi karbohidrat. Selain itu, emosi yang tinggi memicu tubuh menganggap sedang berada dalam keadaan bahaya, sehingga pencernaan tidak bisa bekerja maksimal. Orang yang makan dalam keadaan marah biasanya mengalami diare atau sembelit.

Baca Juga  9 Fitur dari SmartPhone OPPO A54

Demikian 9 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Ketika Marah

Semoga Bermanfaat……..

Sumber Berita : https://www.pesona.co.id/read/article%252f10-hal-tak-boleh-dilakukan-ketika-marah?p=2

Sumber Berita : https://food.detik.com/info-sehat/d-2352855/konsumsi-alkohol-ganggu-kemampuan-otak-baca-emosi-dan-bahasa-tubuh

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top