Connect with us

9 Hewan Tercepat Di Dunia

Lainnya

9 Hewan Tercepat Di Dunia

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, maksimal kecepatan manusia saat berlari adalah 40mil/jam atau sekitar 64km/jam. Namun kecepatan itu masih tidak sebanding dengan beberapa Hewan tercepat yang akan kita bahas berikut ini, Hewan itu meliputi Hewan yang bergerak dengan cara terbang bergerak dengan kaki (berlari atau melompat), dan juga Hewan yang berenang.

1. Peregrine Falcon (Falco peregrinus)

Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Alap-alap adalah sebutan untuk burung pemangsa dalam anggota Falconidae. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam.

Mangsa utama alap-alap kawah adalah aneka burung berukuran sedang, seperti merpati dan kerabatnya, nuri, jalak dan ayam. Burung-burung ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap ini juga memangsa hewan-hewan lain, seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan. Saat terbang untuk memburu mangsanya tersebut Peregrine Falcon dapat terbang hingga kecepatan 320km/jam dan juga termasuk hewan tercepat di dunia.

Baca Juga  Terancam Punah, 9 Satwa Unik dan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

2. Spine Tailed Swift

Spine Tailed Swift atau disebut juga Needle-tailed swift (dalam bahasa Indonesia disebut dengan Burung Kepinis Jarum) juga termasuk hewan tercepat di dunia. Burung ini dapat terbang dengan kecepatan 169km/jam dan merupakan burung pemakan serangga yang memiliki habitat di hutan.

3. Frigatebird

Frigatebird adalah keluarga dari burung laut yang disebut Fregatidae yang akan ditemukan di sepanjang lautan tropis dan sub-tropis. Semua jenis burung ini didominasi oleh bulu yang berwarna hitam, ekor Panjang yang bercabang, dan paruh Panjang yang bengkok. Frigatebird mampu terbang dengan kecepatan maksimal 153km/jam.

4. Black Marlin

Black Marlin, salah satu hewan tercepat di laut ini, Terekam memiliki kecepatan 105km/jam (65mph). Ikan Black Marlin adalah ikan Marlin terbesar dengan Panjang hingga 4,65 meter dan berat hingga 750kg.

5. Cheetah

Hewan tercepat berikutnya adalah Cheetah yang merupakan keluarga Felidae (kucing) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap ataupun bergerombol. Hewan ini dapat mencapai kecepatan 110km/jam dalam waktu singkat sampai 460 meter, dengan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik.

Baca Juga  Walau Bertubuh Mungil, Berikut 9 Ras Kucing Termahal Di Dunia

6. Sailfish (Ikan Layar)

Ikan Layaran adalah dua jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perariran hangat samudra-samudra dunia. Kebanyakn berwarna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal. Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang, menyerupai moncong ikan todak. Ikan ini adalah ikan tercepat, bisa berenang hingga kecepatan 110km/jam

Baca juga : 9 Hewan Yang Paling Beracun

7. Swordfish (Todak)

Todak (Xiphias gladius) adalah ikan dengan moncong dan rahang yang seperti pedang pipih dan kuat, berukuran hampir sepertiga panjang badan ikan tersebut. Tubuh ikan todak yang Panjang dan membulat dapat mencapai 2 – 4,6 meter dan dapat berbobot hingga 650 kg. Kulitnya licin tidak bersisik, bagian atas tubuhnya berwarna keunguan atau kebiruan dan bagian bawah tubuhnya keperakan. Banyak terdapat di perairan tropis dan perairan iklim sedang.

Ikan todak adalah satu-satunya anggota familia Xiphiidae. Ikan ini dapat bergerak dengan kecepatan 80km/jam dengan kelincahan di dalam air

8. Pronghorn Antelope (Kijang Pronghorn)

Pronghorn Antelope menduduki posisi kedua hewan darat tercepat di dunia setelah Cheetah, Pronghorn Antelope merupakan sejenis Kijang yang hidup di benua Amerika Utara bagian Tengah dan Barat. Hewan Mamalia ini mampu berlari dengan kecepatan tinggi hingga 88,5km/jam.

9. Wildebeest

Wildebeest adalah Hewan Mamalia herbivora anggota keluarga bovidae yang tersebar di savanna pedalaman afrika. Wildebeest sering menjadi mangsa hewan pemburu seperti Cheetah, Singa ataupun anjing liar. Untuk tidak menjadi makanan hewan-hewan buas tersebut, Wildebeest harus berlari cepat. Oleh karena itu Wildebeest yang hidup di Afrika bagian selatan ini menjadi salah satu hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan tinggi. Kecepatan Lari Wildebeest mencapai 80,5km/jam.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top