Connect with us

9 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Lainnya

9 Ilmuwan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Ilmuwan memiliki peran besar terhadap perkembangan sejarah dan peradaban manusia. Melalui ilmu pengetahuan, mereka mengajari kita tentang segala hal di bumi. Kini, nama mereka dikenal sebagai ilmuwan besar dengan karya-karya yang fenomenal. Siapakah mereka? Berikut adalah sepuluh ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah.

1. Isaac Newton (1643 – 1727)

Hasil gambar untuk isaac newton

Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, astronom, filsuf alam, alkemis dan teolog, yang dianggap sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Monografinya yang berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica diterbitkan pada tahun 1687. Dia berhasil meletakkan dasar untuk sebagian besar mekanika klasik.

2. Albert Einstein (1879 – 1955)

Hasil gambar untuk albert

Albert Einstein adalah seorang fisikawan Jerman, yang berhasil mengembangkan teori relativitas umum. Einstein juga sering dianggap sebagai bapak fisika modern, yang paling berpengaruh di abad ke-20. Rumus E = mc2 merupakan penemuan besar yang telah membuatnya dikenang sepanjang masa. Dia pun menerima penghargaan nobel dalam fisika pada tahun 1921.

3. Nikola Tesla (1856 – 1943)

Hasil gambar untuk nikola tesla

Nikola Tesla adalah seorang penemu, insinyur listrik, insinyur mekanik, fisikawan, yang terkenal karena kontribusinya pada desain modern sistem pasokan listrik. Tesla mulai bekerja di bidang telepon dan listrik sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1884. Ketika itu, dia masih bekerja untuk Thomas Edison, sebelum membangun laboratorium sendiri.

Baca Juga  9 Cara yang Bisa Dilakukan Nazi untuk Menangkan Perang Dunia II

4. Galileo Galilei (1564 – 1642)

Hasil gambar untuk galileo galilei

Galileo Galilei adalah seorang fisikawan, matematikawan, astronom, dan filsuf, yang memainkan peran utama dalam revolusi ilmiah. Ilmuwan berkebangsaan Italia ini sering disebut sebagai bapak astronomi modern, bapak fisikawan modern, bapak ilmu pengetahuan, dan bapak ilmu modern. Selain itu, Galileo juga bekerja dalam bidang ilmu terapan dan teknologi.

5. Leonardo da Vinci (1452 – 1519)

Hasil gambar untuk leonardo da vinci

Leonardo di ser Piero da Vinci adalah seorang pelukis, pematung, arsitek , musisi, ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, dan penulis. Ilmuwan yang berasal dari Italia ini sering digambarkan sebagai pola dasar dari Renaissance (Zaman Pencerahan). Dia bahkan dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar sepanjang masa.

6. Charles Darwin (1809 – 1882)

Hasil gambar untuk charles darwin

Charles Robert Darwin adalah seorang ilmuwan dalam bidang pengetahuan alam, yang berasal dari Inggris. Dia menetapkan sebuah teori yang menunjukkan bahwa semua spesies yang hidup dari waktu ke waktu berasal dari nenek moyang yang sama. Evolusi dihasilkan dari suatu proses yang dia sebut sebagai seleksi alam. Darwin menerbitkan sebuah teori evolusi dalam buku yang berjudul On the Origin of Species pada tahun 1859.

Baca Juga  Kamu Harus Tau! Berikut Adalah 9 Fakta Tentang Danau Toba

7. Max Planck (1858 – 1947)

Hasil gambar untuk max planck

Max Karl Ernst Ludwig Planck merupakan seorang fisikawan teoritis dari Jerman, yang berhasil memenangkan penghargaan nobel dalam fisika pada tahun 1918. Max memberi banyak kontribusi untuk teori fisika, namun popularitasnya sangat didongkrak oleh sosoknya sebagai pencetus teori kuantum. Teori kuantum merevolusi pemahaman manusia tentang proses atom dan subatomik, seperti teori Albert Einstein tentang relativitas yang merevolusi pemahaman ruang dan waktu.

8. Niels Bohr (1885 – 1962)

Hasil gambar untuk niels bohr

Niels Henrik David Bohr adalah seorang fisikawan Denmark yang memberi kontribusi besar untuk memahami struktur atom dan mekanika kuantum. Hasil temuannya membuat Niels menerima penghargaan nobel dalam bidang fisika pada tahun 1922. Kemudian Niels menikahi Margrethe Norlund pada tahun 1912. Salah satu dari anaknya, Aage Bohr, juga menjadi fisikawan dan berhasil menerima hadiah nobel pada tahun 1975.

9. Alan Turing (1912 – 1954)

Hasil gambar untuk alan turing

Alan Mathison Turing adalah seorang ahli matematika, logika, cryptanalyst, dan ilmuwan komputer, yang berasal dari Inggris. Dia memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu komputer. Turing bahkan dianggap sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Pada tahun 1952, Turing dipidanakan karena tindakan homoseksual yang dia lakukan. Kala itu, kasus homoseksual masih dianggap ilegal di Inggris. Kemudian dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-42, Turing ditemukan meninggal karena bunuh diri dengan menelan racun sianida.

Baca Juga  9 Hacker dari Indonesia yang Memiliki Reputasi Level Dewa

Sumber : www.merdeka.com

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top