Connect with us

9 Jenis Modifikasi Motor Klasik, Cocok Untuk Pecinta Retro

Gaya Hidup

9 Jenis Modifikasi Motor Klasik, Cocok Untuk Pecinta Retro

9 Jenis Modifikasi Motor Klasik, Cocok Untuk Pecinta Retro

Pengen punya motor jantan yang ber-kopling tetapi dana yang dikeluarkan cukup mahal dan mungkin hasilnya motor tua lah yang terbeli, namun biasanya kondisi body dari motor-motor tersebut kurang enak dilihat dan tidak sedikit juga motor-motor yang hanya mesinnya saja yang berfungsi. Untuk memberikan kalian refrensi kedepannya, berikut adalah 9 Jenis Modifikasi untuk motor kalian.

1. Chopper

Chopper adalah jenis motor yang mempunyai ciri – ciri menonjol yaitu bagian fork atau garpu depan yang sangat Panjang dan memerlukan kerangka desain tersendiri yang dibuat khusus untuk Panjang fork dan kemiringannya, biasanya diameter ban depan lebih besar daripada ban bagian belakang. Modifikasi jenis ini terbilang sangat ekstrim karena mengubah sudut pandang berkendara.

2. Bobber

Bobber atau memiliki nama bob-job ini memiliki prinsip yang sama seperti chopper yaitu memotong beberapa bagian, bobber memiliki ciri Utama dalam modifikasinya yaitu ban yang terlihat mengembung atau gendut di bagian depan dan belakang.

3. Jap Style

Jap Style atau Japanese Style adalah aliran modifikasi yang bisa dilihat dari perubahan tangka bahan bakar yang dibuat lebih mengecil, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, stang semi hanger, dan lampu depan maupun belakang dibuat lebih kecil. Dari keseluruhannya dapat dilihat bagian belakang body yang dpangkas dan mempunyai ban berdiameter besar.

Baca Juga  9 Tips Menjadi Influencer!

4. Café Racer

Café Racer adalah modifikasi yang mengadopsi gaya motor balap tempo dulu. Modifikasi jenis ini dibagi menjadi dua yaitu tanpa fairing/naked dan dengan fairing baik half maupun full. Ciri khas yang dimiliki modifikasi tipe ini yaitu menggunakan stang jepit yang membuat pengendara lebih membungkuk, tangki yang lebih kecil dan memanjang, dan alas duduk yang melengkung.

5. Bratstyle

Banyak yang salah mengartikan Bratstyle sebagai salah satu aliran modifikasi, padahal Bratstyle itu sendiri adalah nama sebuah workshop di daerah Saitama, Jepang. namun beberapa karya dari tempat ini memang mempunyai ciri khas seperti tangki dari chopper style, ban yang besar dan tinggi Kembangan klasik, dan warna yang cenderung gelap.

6. Scrambler

 

Scrambler hamper mirip dengan modifikasi bratstyle yang membedakannya adalah jenis bannya dimana ban dari jenis ini memiliki alur kotak atau bahkan trail. Ciri lainnya adalah letak kenalpotnya yang agak tinggi bahkan berada disamping karena sesuai tipenya yaitu motor off-road.

7. Street Tracker

Street Tracker adalah perpaduan motor tracker dan motor jalanan. Tampilannya seperti trail-trail tahun lama, namun disesuaikan untuk jalanan. Contoh motor dengan model ini adalah Suzuki Bigboy dan Honda FTR.

8. Street Cub

Jenis motor seperti ini rata-rata memiliki bentuk yang hampir sama dengan Honda C70, dengan ciri khas yaitu stang yang lurus dan bagian belakang yang dipotong membuat motor ini menjadi unik.

Baca Juga  Ini Lho 9 Hal yang Harus Diketahui Generasi Millennial Agar Tak Salah Menentukan Masa Depan!

Baca juga : 9 Mobil Terunik di Dunia

9. Sinner and SOCAL (South California)

Jika Bratstyle mengambil nama workshop di jepang maka aliran modifikasi ini menggunakan nama komunitas motor di beberapa negara bagian Amerika. Pada modifikasi tipe ini terlihat pada penambahan setang t-bar / z-bar / u-bar yang tidak lebar berbeda dengan chopper. untuk modifikasi SOCAL memiliki ciri lebih spesifik daripada sinner yaitu ban yang dibuat lebih kecil dan tampilan lebih klasik.

Sumber : https://www.modifikasi.co.id/3980/20-macam-jenis-modifikasi-pada-sepeda-motor/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top