Connect with us

9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya Yang Belum Kalian Ketahui!

Gaya Hidup

9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya Yang Belum Kalian Ketahui!

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.

Sayuran juga memiliki banyak manfaat seperti Menyehatkan pencernaan, Menurunkan risiko penyakit jantung, Menurunkan risiko diabetes, Menyehatkan mata dan lainya.

Berikut 9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya Yang Belum Kalian Ketahui :

1. Sayur Sawi

Kandungan mineral dan vitamin dalam sawi cukup tinggi. Kandungan vitamin C dan E, serta beta karoten dan glukosinolat dalam sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita.

Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang sangat baik untuk tulang. Kandungan serat sawi juga tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

2. Sayur Kangkung

kandungan di dalam sayuran kangkung sangat banyak seperti vitamin A, vitamin C yang cukup tinggi walaupun juga nggak setinggi dan sebanyak pada bayam dan singkong.

Vitamin B kompleks yang ada pada kangkung dapat meningkatkan hormon yang dapat menciptakan suasana nyaman, mungkin ini yang bikin kita jadi ngantuk. Mineral juga ditemukan dalam kangkung, meliputi kalium, fosfor dan kalsium.

Kangkung mengandung serat (2 g), Besi (2.3 mg), Natrium (7 mg), energi (28 kcal), protein 3.4 g), lemak (0.7 g), kalsium (67 mg), phospor (54 mg), vitamin C (17 mg), B1 (0.07), B2 (0.36), B6 (2 mg), dan sejumlah senyawa fitokimia yang banyak berguna bagi tubuh.

3. Seledri

Seledri merupakan sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, kalium. Selain mineral, dalam seledri terkandung vitamin A dan C. Komponen aktif dengan nama phthalides dalam seledri bermanfaat  menurunkan tekanan darah. Tanaman Seledri juga mempunyai komponen aktif lain yaitu coumarin dan acetylenics yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Baca Juga  9 Bakteri Paling Berbahaya Bagi Umat Manusia, No 3 Paling Ngerii

sayur ini mengandung energi (20 kal), protein (1.0), lemak (0.1 g), fosfor (40 mg), zat besi (1.0 mg), vitamin A (130 SI), vitamin b1 (1.02 mg), karbohidrat (4.6 g), kalsium (50 mg), vitamin C dengan kandungan 11 mg, 1ir = 93.0 g.

4. Sayur Pare

Sayur satu memang memilik suatu rasa yang khas yaitu rasa pahit. Mungkin jika kalin pintar mengolahnya mungkin rasa pahit dalam pare bisa berkurang.

tapi penggemar sayuran juga lumayan banyak. Sayur ini mengandung serat yang tinggi, selain itu juga ada kalsium, kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin A .

Manfaat dari pare ini sangat banyak, bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Komponen aktif dalam pare yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh.

5. Wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

sayuran ini mengingatkan kita didalam suatu kartun yaitu di kartun Masha and the bear yaitu dalam karakter kelinci yang suka mencuri wortel si beruang.

wortel mengandung kalori (42 kal), natrium (32 mg), lemak (0.3 g), kalsium (3.9 mg), fosfor (37 mg), besi (0.8 mg), serat (0.9 mg), protein (1.2 g), vitamin A (12000 SI), vitamin B1 (0.06 mg), B2 (0.04 mg), vitamin C (6 mg) niacin 0.6 mg), karbohidrat (9.3 g), serta air (88.2 g).

Sayur Wortel berkhasiat meningkatkan kekebalan, menghambat dan melawan semua jenis kanker, mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sarana yang sangat bagus untuk memelihara kecantikan kulit dan bisa digunakan lulur.

Baca Juga  9 Problem Besar Lingkungan di Indonesia

6. Tomat

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tomat mengandung protein (1 g), lemak (0.1 g), karbohidrat (4 g), serat (0.6 g), kalori 21, besi (0.4 mg), vitamin A (1000 UI), B1 (50 UG), B2 (40 UG), niacin (0.7 mg), vitamin C (25 mg), kapur (15 mg), fosfor (30 mg), air (0.3 g).

Dan Tomat juga berkhasiat mencegah kanker, baik bagi jantung, anti bakteri, anti inflamasi, bersifat membuang racun, baik bagi usus, menambah produksi sperma, menjaga kesehatan mata, mencegah penggumpalan darah, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kulit sebagai sarana kecantikan.

Baca Juga : Jangan Lakukan 9 Hal Ini Ketika Berada Di Jepang..!!

7. Mentimun

Mentimun, timun, atau ketimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, ada juga kandungan mangan, serat, magnesium, klorofil dan lutein. Selain timun dapat menjaga kesehatan penceernaan, dia juga dapat menyegarkan tubuh karena kandungan airnya yang banyak.

8. Sayuran Brokoli

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Baca Juga  WNI Harus Bangga! Ini Dia 9 Pulau Eksotis Yang Ada Di Indonesia

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Mengandung lemak (4.5 g), energi 32 (kal), protein (0.3 g), karbohidrat (5.9 g), vitamin A (2.499 SI), vitamin B1 (0.17 mg), B2 (0.32 mg), B3 (0.9 mg), asam folat (130 mkg), vitamin C 113 mg, B6 (0.21 mg), vitamin E (1 mg), kalium (381.9 mg), natrium (15 mg), kalsium (103 mg), senk (0.65 mg), senk (0.65 mg), Fosfor 78 mg), megnesium (18.5 mg).

Cara menanam brokoli adalah disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Masa panen adalah 55- 100 hari (tergantung varietas).

9. Buncis

Buncis adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

Sayuran Buncis juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung senyawa antioksidan. Serat yang terdapat pada buncis diperkirakan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan reaksi inflamasi yang lain.

Demikian 9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya.

Semoga Bermanfaat..

Sumber : https://id.wikipedia.org/ & https://mesinvacuumfrying.id/macam-macam-sayuran/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top