Connect with us

9 Kampus Terbaik Di Indonesia

Lainnya

9 Kampus Terbaik Di Indonesia

Setelah lulus SMA sebagian besar siswa akan memilih melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu Universitas. Dan jauh sebelum kelulusan dari SMA sebaiknya Anda harus sudah menentukan universitas mana yang akan dituju nantinya.

Memilih Universitas dan jurusan yang tepat adalah sesuatu yang sangat penting, karena akan menentukan keberhasilan seseorang, baik di kampus maupun di masyarakat. Jadi, mencari dan memilih kampus terbaik itu wajib dilakukan sejak jauh hari.

Pilihlah kampus yang menjamin akses sistem pengajaran terbaik, didukung oleh dosen-dosen terbaik di bidangnya, memiliki perpustakaan dan sumber literasi yang lengkap, serta adanya jaringan alumni yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa setelah lulus kelak.

1. Universitas Indonesia (UI)

Di posisi 1 daftar Universitas terbaik di Indonesia masih dipegang oleh Universitas Indonesia selama beberapa tahun. Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat, dan juga Salemba, Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1849.

Kampus yang identik dengan jas kuning ini berada di peringkat 67 Universitas terbaik di Asia, dan berada di peringkat 325 Universitas terbaik di dunia. UI memiliki perpustakaan terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan jumlah buku mencapai 1,5 juta lebih.

2.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berada posisi 2 dalam daftar Universitas terbaik di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 1959. Menurut data dari Kemenristek Dikti, saat ini ada sekitar 15.000 mahasiswa yang menuntut ilmu di ITB.

Di level Asia, kampus Ganesha ini berada di posisi 86. Sedangkan di level global, ITB berada di peringkat 410 Universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017.

Baca Juga  9 Manfaat Minuman Beralkohol , No 8 Bisa Cegah Impotensi !

Khusus untuk kampus di bidang teknik, ITB termasuk dalam 300 kampus terbaik di seluruh dunia. Dan ITB seringkali ‘menelurkan’ insinyur dan para pakar di bidang arsitektur dan perminyakan.

3.Universitas Gajah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat 3 kampus terbaik di Indonesia. UGM berlokasi di Bulaksumur, yaitu kawasan sub urban di Yogyakarta. Kampus yang beridiri pada tahun 1949 ini memiliki mahasiswa yang jumlahnya mencapai 50.000 mahasiswa di 18 fakultas.

Dulu UGM dikenal sebagai Kampus Ndeso, namun sekarang telah menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Di level Asia, UGM berada di peringkat 105. Sedangkan di level global, UGM berada di peringkat 550 Universitas terbaik di dunia.

Program pendidikan di Universitas Gadjah Mada mulai dari Sarjana hingga gelar Master. Tidak semua orang bisa masuk ke UGM karena harus melalui proses seleksi ujian.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Dengan jumlah mahasiswa lebih dari 45.000 orang, Universitas Diponegoro (UNDIP) berada di peringkat 4 dalam daftar Universitas terbaik di Indonesia. Kampus ini berlokasi di Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

UNDIP berdiri pada tahun 1957 yang pada waktu itu merupakan perguruan tinggi swasta bernama Universitas Semarang. Pada tahun 1961, oleh Presiden Soekarno, kampus ini kemudian berubah nama menjadi Universitas Diponegoro dan sekaligus menjadi Universitas negeri.

Di level Asia, UNDIP berada diperingkat 240. Sedangkan di level global UNDIP berada di peringkat 1270 Universitas terbaik di dunia.

Baca Juga  9 Celah Keamanan Aplikasi Berbasis Web

5.Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lanjut ke peringkat 5 kampus terbaik di Indonesia dipegang oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa kampus ini berada di Bogor, Jawa Barat.

Institut Pertanian Bogor berdiri sejak tahun 1963. Walaupun jumlah mahasiswanya tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 15.000 mahasiswa, namun IPB adalah kampus yang menghasilkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.

Dulunya Institut Pertanian Bogor adalah bagian dari Universitas Indonesia, yaitu fakultas pertanian. Setelah resmi berdiri sendiri sebagai universitas mandiri, IPB menawarkan 9 jurusan studi, 1 pasca sarjana, sekolah bisnis dan diploma.

Saat ini IPB berada di peringkat 191 Universitas terbaik di Asia, dan masuk dalam 100 besar jajaran perguruan tinggi terbaik di bidang pertanian dan dan kehutanan.

6.Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) berada di peringkat 6 dalam daftar kampus terbaik di Indonesia, dan berada di peringkat 1326 dunia. Kampus ini berada di Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126.

Kampus yang didirikan pada tahun 1976 ini menawarkan pendidikan untuk gelar Sarjana, Master, hingga Doktor. Saat ini UNS juga terbuka untuk para mahasiswa yang berasal dari negara lain yang ingin mengenyam pendidikan di beberapa fakultas.

7. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)

Berada di peringkat 7, Universitas Brawijaya termasuk salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Kampus UNIBRAW berada di Jalan Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145.UNIBRAW berdiri pada tahun 1963 dan memiliki 11 fakultas di dalamnya. Menurut QS University Rankings Asia, UNIBRAW masuk di dalam kelompok peringkat 301 – 350 jajaran Universitas terbaik di Asia, dan berada di peringkat 1354 di dunia.

Baca Juga  9 bahasa pemograman yang baik untuk dipelajari bagi pemula

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berada di peringkat 8 jajaran kampus terbaik di Indonesia, dan peringkat 1416 di dunia. Kampus ini berada di Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

UNY yang mulai beridiri sejak 1964 ini termasuk salah satu Universitas terbesar di Indonesia. UNY menawarkan jenjang pendidikan untuk gelar Sarjana, Master, hingga Doktor.UNY juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik untuk siswa, termasuk perpustakaan, fasilitas olah raga dan / atau kegiatan, serta layanan administrasi.

9. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD) menempati peringkat 9 kampus terbaik di Indonesia, dan peringkat 1570 dunia. Kampus UNPAD berada di Jl. Raya Bandung Sumedang, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363.

UNPAD berdiri sejak tahun 1957, dan saat ini telah memiliki mahasiswa sebanyak 30.000 orang lebih. Universitas Padjadjaran menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, diploma, associate atau foundation degree), gelar sarjana, magister, dan gelar doktor di beberapa bidang studi.

UNPAD menerima mahasiswa dari negara lain. Dengan menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik untuk mahasiswa termasuk perpustakaan, fasilitas olah raga dan / atau kegiatan, program beasiswa, program pergantian pelajar, serta layanan administrasi.

 

Sumber : https://www.maxmanroe.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top