Connect with us

9 Kapal Perang Terbesar di Dunia, Apa aja ya?

Lainnya

9 Kapal Perang Terbesar di Dunia, Apa aja ya?

Kuat tidaknya sebuah angkatan laut suatu negara bisa dilihat dari berapa banyak jumlah kapal dan seberapa besar kapal perang yang dimiliki. Semakin besar kapal perang yang dimiliki suatu negara, memang terkadang membuat negara lain yang akan menyerang atau menantangnya kembali berpikir ulang.

Berikut merupakan kapal perang terbesar dari berbagai dunia.  Bahkan tak tanggung-tanggung, besarnya pun mencapai ratusan meter, bahkan tiga kali lapangan bola.

 1. Nimitz Class

Kapal ini merupakan kapal perang raksasa yang pernah ada. Selain sebagai kapal terpanjang, kapal ini juga merupakan kapal termahal di dunia, yakni seharga 4,5 miliar USD. Tak hanya satu. Amerika memiliki kapal perang ini sebanyak 10 kapal.

Kapal perang ini bahkan sanggup membawa sampai 90 pesawat tempur.  Kapal ini juga memiliki pertahanan yang super karena mampu melindungi diri dari misil dan serangan musuh. Kapal ini dulunya juga pernah mengirimkan bantuan kepada korban tsunami Aceh pada 2004.

Saat ini, informasinya, Amerika serikat juga tengah mengembangkan kapal perang yang lebih cangih dan lebih mahal lagi dari kapal ini.

2.Admiral Kuznetsov Class

Kapal yang memiliki panjang 305 meter ini masih digunakan oleh Rusia sampai saat ini. Kapal perang ini memiliki persenjataan yang begitu lengkap baik untuk bertahan maupun menyerang

Di dalamnya juga terdapat banyak misil jarak jauh mauapun senjata anti-kapal selam. Karena memiliki persenjataan yang lengkap dan mampu membawa 39 pesawat tempur serta lusinan helikopter, kapal ini menjadi kapal terberat yang ada di dunia. Kapal perang ini telah menjadi andalan Rusia mulai tahun 1990.

Baca Juga  9 Nama Kota Terunik Yang Pernah Ada Di Dunia. Kalian Pasti Kebingungan Sambil Tertawa Melihatnya!

3.Modified Admiral Kuznetsov Class

Kapal perang milik  China ini memiliki panjang 304 meter. Sebelum menjadi milik China, kapal perang ini merupakan kapal milik negara Rusia bernama Riga. Namun karena pada tahun 1990, Rusia merasa dalam anggaran kapal justru surplus. Akhirnya Rusia tak lagi menggunakan kapal ini.

Kemudian pada 1998, kapal buangan negara Rusia ini dibeli oleh China seharga 25 juta USD. Setelah itu, pada tahun 2012, kapal ini berubah nama menjadi Liauning.  Kapal ini juga merupakan kapal perang pertama milik China yang berfungsi melawan pesawat tempur, kapal selam maupun misil lawan.

4.Modified Kiev Class

Sebelum dibeli oleh India, kapal perang ini merupakan milik negara Uni Soviet pada 1987. Karena anggaran yang dimiliki negara Uni Soviet tidak cukup untuk membiayai angkatan laut pada waktu itu, akhirnya kapal perang tersebut dikesampingkan dan dijual.

Pada tahun 2004, India kemudian memutuskan untuk membeli kapal perang itu dengan harga 2,3 miliar USD. Namun India meminta Rusia untuk membantu India dalam memodifikasi kapal tersebut.

Baru pada tahun 2013, kapal tersebut resmi menjadi milik India dan resmi berganti nama dengan INS Vikram Adithya.

5.Modified ClemenceauClass

Pada 1991 sampai tahun 2000, Angkatan Laut Prancis memiliki dua buah kapal perang jenis ini. Namun ketika Prancis melakukan pembaharauan, satu kapal ini dijual ke Brazil. Kapal ini dibeli Brazil seharga 12 juta USD.

Kapal perang yang semula bernama Force tersebut oleh Brazil diganti dengan nama Sao Paulo. Setelah kapal ini dibeli Brazil, kapal ini mengalami banyak modifikasi. Meski telah menjadi milik dari Brazil namun Perancis masih tetap menyediakan perangkat pelengkap bagi kapal ini.

Baca Juga  9 Hewan Penghuni Hutan Amazon Yang Paling Mematikan

6. Charless De Gaulle Class

Tak mau kalah dengan Rusia maupun Amerika, Prancis juga melengkapi angkatan laut mereka dengan kapal perang yang canggih dan berukuran raksasa. Kapal andalan Prancis ini bertenagakan nuklir. Saat ini kapal ini diletakkan di wilayah perairan luar Amerika.

Pembuatan kapal perang ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Setelah mengalami berbagai permasalahan ekonomi baru pada tahun 2001, Prancis bisa meluncurkan kapal perang yang canggih dan berukuran raksasa ini.

Uang yang ditelantarkan untuk pembuatan kapal perang berukuran raksasa Ini mencapai 4 miliar dolar. Kapal perang ini mampu mengangkut 40 armada perang dan mampu berlayar selama 20 tahun.

7.America Class

Kapal perang yang satu ini memang masih merupakan kapal perang milik Amerika Serikat. Sama dengan kapal perang jenis Wasp Class, kapal ini juga merupakan kapal api yang sudah dikembangkan dari Wasp Class. Kapal ini memiliki teknologi yang lebih canggih dan lebih besar daripada kapal Wasp Class.

Kapal perang ini memiliki panjang 257 meter. Biaya pembuatannya sendiri begitu sangat bernilai fantastis, yakni sekitar 3,5 miliar USD. Dengan kapal perang yang besar ini, militer Amerika bisa membawa sejumlah peralatan tempur seperti pesawat, tank 1.000 pasukan maupun helikopter.

8.Wasp Class

Kapal perang dengan panjang 253 meter ini merupakan kapal perang milik negara superpower Amerika Serikat. Amerika tentu jelas tak mau kalah dengan Rusia. Kapal ini memiliki satu tingkat lebih panjang daripada kapal perang milik Rusia.

Baca Juga  9 Fitur dari SmartPhone OPPO A54

Dengan kapal perang ini, para pasukan Amerika pun bisa dengan amajan melintasi perairan lawan. Dalam pembuatannya, pemerintah Amerika memang telah mengelontorkan banyak dana untuk terwujudnya kapal ini. Kapal ini ada dan dibuat tahun 1989 sampai 2009.

Amerika sendiri saat ini memiliki delapan kapal Wasp Class. Masing-masing kapal perang itu bernilai 750 juta USD.

9.Kirov Class

Hal mustahil jika Rusia yang memiliki militer terkuat setelah kedua setelah Amerika tidak memiliki senjata atau teknologi perang yang mematikan. Jika itu benar terjadi, bisa saja Rusia menjadi guyuonan bagi negara lainnya, termasuk saingannya, Amerika.

Namun untungnya hal itu bukanlah sebuah kenyataan. Sebab,  Rusia memiliki senjata raksasa pada angkatan laut mereka yang juga menjadi andalan dalam pertahanan laut Rusia, yakni kapal perang Kiroc Class. Kapal ini berukuran raksasa, memiliki panjang 252 meter.

Dan yang lebih mengerikan lagi, selain ukurannya yang raksasa, kapal ini juga dipersenjatai dengan senjata mematikan, yakni nuklir. Sehingga jika ada yang berani menantang kapal perang itu, tentu adalah orang gila.

Kapal perang ini pertama diibuat pada akhir tahun 1970 dan 1990-an. Dan saat ini, Rusia sendiri memiliki kapal raksasa ini sebanyak 4 buah. Harga dari masing-masing kapal ini, juga begitu fantastis. Yakni sekitar 2 miliar USD.

 

Sumber : https://www.malangtimes.com/baca/33988/20181210/123600/10-kapal-perang-terbesar-di-dunia-ada-yang-berukuran-tiga-kali-lapangan-bola

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top