Connect with us

9 Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan

Lainnya

9 Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan

Banyak orang yang kini berusaha untuk mengubah gaya hidupnya,Demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.Mereka pun rela mengganti makanan siap sajinya dengan sayur dan buah-buahan,Serta disiplin dalam berolahraga.Meskipun hal tersebut cukup baik untuk kesehatan,Namun tanpa disadari ternyata ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh.Beberapa kebiasaan tersebut:

1.Terlalu sering membuka ponsel

Hasil gambar untuk gambar orang main hp

Kebanyakan orang mengaku sulit untuk menghabiskan waktu beberapa jam untuk tanpa mengecek ponselnya.Padahal terlalu sering menghabiskan waktu dengan ponsel dapat mengaruhi aktivitas fisik dan kesehatan mental. terlalu sering memainkan ponsel dan menunduk ke bawah ternyata juga bisa menimbulkan dampak kesehatan yang negatif. Sebab, menurut Pemimpin Petugas Kesehatan Complete Spine Solutions David Shapiro, terlalu lama menunduk melihat ponsel dapat menimbulkan tekanan di struktur tulang leher.

2.Duduk sepanjang hari

Hasil gambar untuk gambar orang duduk sepanjang hari

Terlalu banyak duduk merupakan masalah yang sering dialami mereka yang bekerja di kantor. Rata-rata, waktu yang dihabiskan dari duduk di transportasi menuju lokasi kerja, duduk ketika makan, duduk di meja kerja, hingga duduk di rumah setelah pulang kerja bisa mencapai 13 jam.”Banyak studi yang telah mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terus-menerus ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan fisik dan mental, dari peningkatan resiko kanker, diabetes, penggumpalan darah, hingga penurunan fokus dan produktivitas,”

Baca Juga  9 Hacker dari Indonesia yang Memiliki Reputasi Level Dewa

3.Susah Tidur

Hasil gambar untuk gambar orang susah tidur

Kurang tidur bisa memperparah risiko tekanan darah tinggi, peradangan di dalam tubuh, diabetes, depresi, penyakit jantung, kurang optimalnya kinerja otak, hingga obesitas.
Ahli kesehatan merekomendasikan untuk melakukan kegiatan-kegiatan relaksasi sebelum jam-jam tidur, seperti berendam di air hangat, mengurangi kopi dan alkohol, serta membeli matras dan bantal yang nyaman. Selain itu, usahakan untuk selalu tidur dengan jadwal yang teratur.

4.Minum kopi langsung setelah bangun tidur

Hasil gambar untuk gambar minum kopi bangun tidur

Memang, kopi dapat membuat metabolisme tubuh berjalan lebih cepat dan mengurangi resiko penyakit diabetes. Walau begitu, meminum kopi ketika baru bangun tidur di pagi hari memiliki dampak negatif yang lebih banyak.
Menurut ahli nutrisi Eliza Savage, tubuh manusia tidak menerima asupan air selama tidur sehingga menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, jika langsung meminum kopi setelah bangun tidur justru akan semakin memperparah kondisi ini.

5.Menahan kencing

Hasil gambar untuk gambar menahan kencing

Banyak minum merupakan hal yang dianjurkan, terutama minum air putih. Namun, mengeluarkannya ( urine ) juga sangat diutamakan. Kandung kemih memiliki batasannya sendiri dalam menampung urine, jika kita membiarkan, maka akan berdampak buruk dan memengaruhi cara kerja kandung kemih hingga kerjanya menjadi tidak optimal. Hasilnya adalah, beragam penyakit pun muncul, diantaranya, infeksi kandung kemih, batu ginjal, hingga gagal ginjal.

Baca Juga  Ngeri ! Berikut 9 Penyakit Aneh dan Langka Yang Ada Di Dunia !

6.Langsung tidur setelah makan

Hasil gambar untuk langsung tidur setelah makan

Bagi beberapa orang, rasa kantuk setelah makan sesuatu yang sulit untuk dihindari. Pada dasarnya, aliran darah akan berpusat pada sistem pencernaan setelah kita makan, hingga mengakibatkan aliran oksigen ke otak berkurang, dan rasa kantuk pun datang.Namun, penting untuk kita tahu bahwa langsung tidur setelah makan itu bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Salah satu yang paling sering terjadi adalah kenaikan berat badan drastis. Parahnya lagi, bisa mengakibatkan stroke bagi sebagian orang.

7. Menaruh Sikat Gigi Sembarangan

Image result for toothbrush

Ketika toilet disiram, partikel-partikel air dapat menerbangkan bakteri ke berbagai sudut kamar mandi. Akhirnya, sikat gigi yang ditaruh begitu saja di kamar mandi bisa menjadi sarang berbagai bakteri, kotoran, hingga partikel-partikel feses.
Oleh karenanya, jangan tinggalkan sikat gigi di kamar mandi secara terbuka. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki tutup, sehingga sikat gigi tetap bersih dan terhindar dari bakteri. Penting untuk mengganti sikat gigi minimal tiga atau empat bulan sekali.

8. Menatap Layar Seharian Hingga Malam

Image result for working in front of computer

Layar ponsel dan komputer memproduksi cahaya energi tinggi gelombang pendek yang bisa merusak kesehatan, terutama mata. Cahaya biru yang dikeluarkan alat-alat elektronik adalah faktor utama yang meningkatkan risiko degenerasi makula. Gejala-gejala lain yang disebabkan terlalu lama menatap layar elektronik adalah mata lelah, penglihatan yang kabur, mata kering dan merah, hingga sakit kepala.Untuk menghindari dampak negatif dari layar elektronik, dokter mata Alan Mendelsohn merekomendasikan untuk memberi jeda bagi mata tiap 20 menit menatap layar elektronik.”Jeda ini bisa sependek dua hingga tiga menit,”

Baca Juga  9 Hewan Penghuni Hutan Amazon Yang Paling Mematikan

9. Terlalu Sibuk

Related image

Bagi orang yang hidup di kota, menjalani rutinitas yang padat dan menyibukkan sulit untuk dihindari. Namun jika kesibukan ini sudah mulai menimbulkan perasaan cemas, marah-marah, dan kewalahan, artinya kesibukan yang dilakukan sudah di luar batas kemampuan tubuh.Untuk itu, mulailah memilih kegiatan yang dilakukan setiap hari dengan cermat. Kurangi aktivitas yang tidak terlalu perlu agar tubuh bisa mendapat istirahat lebih banyak.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top