Connect with us

9 Kebudayaan Jepang Yang Unik Dan Menarik

Budaya

9 Kebudayaan Jepang Yang Unik Dan Menarik

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang memang terkenal dengan animenya, banyak orang orang diseluruh dunia bahkan yang mendominasi adalah pria sangat menyukai anime. Bahkan ada juga yang hingga menikahi anime, tidak hanya anime yang dapat menarik perhatian orang-orang. Namun, beberapa budaya dan tradisi Jepang yang unik, membuat orang-orang di seluruh dunia tertarik untuk melihat kebudayaan dan tradisi yang ada di jepang.

Nah berikut ini adalah 9 Kebudayaan Jepang yang unik dan menarik :

1. Matsuri

Mastsuri adalah sebuah festival budaya Jepang yang diselenggarakan pada musim panas. Matsuri ini berkaitan dengan festival dari kuil, kuil Shinto dan kuil Buddha. Matsuri ini sebenarnya acara untuk bersembayang dan berdoa. Namun, itu tidak terlalu menekankan pada para pengunjung yang datang, karena banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar melihat festival budaya Jepang ini.

2. Geisha

 

Geisha adalah budaya jepang yang merupakan seniman atau untuk hiburan tradisional di jepang. Geisha ini sudah muncul sejak abad 18, namun dijaman sekarang ini geisha ini sudah agak menurun, masih ada sebagian orang jepang yang masih mempertahankan kebudayaan jepang yang satu ini. biasanya budaya tradisional jepang ini sudah dilatih sejak kecil, dan biasanya juga rumah geisha membawa anak gadis dari keluarga miskin untuk tinggal dan berlatih.

Baca Juga  9 Motif Batik Populer dari Berbagai Daerah

3. ikebana

Ikébana adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Ikebana berasal dari Jepang tetapi telah meluas ke seluruh dunia.

Di negara Jepang bunga adalah hal yang istimewa, meraka selalu meletakan bunga yang sudah diangkai di altrar utama. Orang jepang percaya bahwa bunga adalah tempat bersembayam tuhan. Pada awalnya ikebana di rangkai dengan sederhana dan langsung meletakan di altar utama. Namun, dijaman sekarang ini ikebana mulai rumit saat dirangkai, bahkan ada beberapa yang harus dipelajari untuk merangkai bunga.

4. Kabuki

Kabuki adalah budaya Jepang yang berupa seni teater yang memadukan tari dan juga musik. Dengan cerita yang dipadukan denga seni tari dan juga music membuat para pengunjung yang melihatnya tertarik. Belum lagi make up yang digunakannya selalu terlihat dramatis untuk menonjolkan karakter pemain tersebut, baju baju yang digunakan juga terbilang sangat mewah agar para menonton bisa terfokus saat melihatnya.

5. Origami

Origami ( dari ori yang berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami ( dari ori yang berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern.

Baca Juga  9 Peninggalan Sejarah Kerajaan Aceh

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula semenjak kertas mula diperkenalkan pada abad pertama di Tiongkok pada tahun 105 oleh seorang Tiongkok dikasi yang bernama Ts’ai Lun.

6. Sumo

Banyak orang orang dari negara lain tertarik akan pertunjukan budaya Jepang yang satu ini. sumo adalah gulat ala jepang, biasanya para pagulat sumo akan saling dorong agar lawannya bisa keluar dari cinci yang sudah diatur. Para pe-sumo biasaya juga akan kalah jika ia keluar dari cincin yang sudah ditentukan. Biasanya pertandingan sumo ini berlangsung beberapa detik, namun ada yang hingga hitungan menit.

7. Membawa Hadiah Saat Bertamu

Saat akan berkunjung atau bertamu ke rumah seseorang, ada baiknya membawa sebungkus kado dengan hiasan pita yang menarik. Orang Jepang sangat menghargai dan apresiatif terhadap kado yang dibalut dengan dekorasi unik.

8. Festival Nude

Festival nude atau telanjang yang dirayakan di Jepang setiap tahun, dikenal dengan nama Hadaka Matsuri. Bagi anda yang seorang pria, mungkin merasa senang mendengar festival telanjang di Jepang ini. Anda mungkin membayangkan akan pergi ke Jepang dalam waktu dekat untuk melihat pengalaman festival ini. Namun sayangnya, festival ini hanya melibatkan ribuan pria saja. Kepercayaan dari nenek moyang mereka adalah berpakaian di depan umum akan membuat tubuh mereka mudah menyerap energi jahat.

Baca Juga  Menyambut hari Batik, Ini dia 9 Motif Batik Indonesia Yang Mendunia

9. Inemuri

Pada umumnya di banyak negara, tidur di kantor atau tempat kerja adalah hal yang keliru dan bisa menjadi masalah yang menyebabkan kemarahan bos. Namun, budaya di Jepang justru sebaliknya. Masyarakat Jepang dikenal sebagai komunitas yang sangat pekerja keras. Tidur di tempat kerja diperbolehkan di negara matahari terbit tersebut. Budaya mereka menghormati pegawai yang bekerja keras dengan ‘mendorong’ mereka melakukan ‘inemuri’, yakni tidur sebentar saat jam kerja agar tubuh lebih fresh untuk melanjutkan pekerjaan mereka sehari-hari. Orang Jepang merupakan sosok individu yang suka bekerja keras, bahkan baru-baru ini dilaporkan seorang warga Jepang yang meninggal karena kelelahan.

Demikian 9 Kebudayaan Jepang Yang Unik Dan Menarik

Semoga Bermanfaat……….

Sumber Berita : https://cintaihidup.com/15-budaya-jepang-yang-unik-dan-menarik/

Sumber Berita : https://id.wikipedia.org/wiki/

Sumber Berita : https://www.diedit.com/budaya-jepang-unik/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top