Connect with us

9 Kecelakaan Pesawat Terparah Di Dunia. Salah Satunya Ada Di Indonesia!

Lainnya

9 Kecelakaan Pesawat Terparah Di Dunia. Salah Satunya Ada Di Indonesia!

9 Kecelakaan Pesawat Terparah Di Dunia. Salah Satunya Ada Di Indonesia!

Pesawat adalah transportasi yang biasanya kita gunakan jika kita akan pergi ke suatu tempat yang sangat jauh. Dengan melalui udara yang tidak pakai macet segala, kita dapat sampai di tempat tujuan kita dengan cepat. Tapi terkadang yang menjadi masalah ada pada sang pilot, pesawatnya sendiri, menara kontrol udara, cuaca dan lain sebagainya yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal pada penerbangan tersebut. Kali ini kami akan membahas mengenai 9 Kecelakaan pesawat terparah di dunia menurut Dunia9.My.Id.

1. Tenerife Airport Disaster

Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 pukul 17:06 waktu setempat ketika dua Boeing 747 bertabrakan di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary. Tragedi di Tenerife mengorbankan 583 orang dan masih merupakan peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan.

Pesawat yang terlibat dalam peristiwa tragis ini yakni Pan Am dengan nomor penerbangan 1736 di bawah kendali Kapten Victor Grubbs dan KLM dengan nomor penerbangan 4805 di bawah kendali Kapten Jacob Veldhuyzen van Zanten. KLM 4805 melakukan take off di satu-satunya landasan bandara tersebut, di sisi lain Pan Am yang sedang berjalan menuju landasan yang sama.

Karena cuaca sedang berkabut saat itu, pilot di kedua pesawat pun tidak bisa melihat dalam jarak pandang yang jauh. kru pesawat KLM pun tetap melanjutkan keinginannya untuk take off. Setelah berjalan sedikit jauh kru pesawat KLM melihat samar – samar seperti ada lampu pesawat di depannya dan ternyata dugaan sang pilot pun benar. Pesawat Pan Am sedang berjalan perlahan – lahan menuju ujung landasan. Dan saat itu sang pilot di kedua pesawat mencoba untuk menghindari tabrakan, tapi semuanya sudah terlambat kecelakaan kedua jumbo jet itu pun tak dapat dihindarkan.

Baca Juga  9 Makanan Khas Indonesia Terpopuler

2. Saudi Arabian Airlines 763 vs Kazakhstan Airlines 1907

Ini adalah tragedi penerbangan yang melibatkan dua pesawat, yakni maskapai Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan 763 dan maskapai penerbangan Kazakhstan Airlines dengan nomor penerbangan 1907. Insiden itu menewaskan 349 orang dan termasuk tabrakan udara paling mematikan di dunia.

Yang menjadi penyebab fatal terjadinya kecelakaan adalah ketidakmampuan pilot Kazakhstan Airlines untuk mengikuti instruksi ATC. Tim penyelamat berhasil menemukan beberapa orang yang selamat, tetapi mereka semua terluka parah dan akhirnya meninggal.

3. Japan Airlines 123

Pada 12 Agustus 1985, Japan Airlines tujuan Tokyo-Osaka dengan nomor penerbangan 123 jatuh di Gunung Takamagahara di Prefektur Gunma, Jepang 100 km dari Tokyo. Peristiwa ini menewaskan 520 penumpang dan termasuk salah satu kecelakaan pesawat terbang tunggal terbesar dalam sejarah bencana penerbangan. Kecelakaan itu terjadi karena kesalahan teknis yang menyebabkan hilangnya ekor pesawat sehingga pilot kehilangan kendali pesawat. Namun ajaibnya, 4 penumpang selamat dari kecelakaan itu.

4. United Airlines Flight 232

United Airlines Penerbangan 232 adalah sebuah penerbangan dari maskapai penerbangan United Airlines jurusan Denver-Philadelphia via Chicago, yang meledak ketika mencoba untuk mendarat darurat di bandara Sioux City, lowa, Amerika Serikat saat mesin mati di udara. Pesawat yang membawa 285 penumpang ini menewaskan sekitar 111 orang dan melukai 172 orang.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Chicago menuju Denver saat terbang. Kecelakaan inilah yang menyebabkan banyak orang menjauhi mesin General Electric CF6 karena ditemukan bahwa mesin no.2 yang digunakan oleh DC-10 tersebut ternyata dibuat dari titanium yang rendah kualitasnya.

Baca Juga : 9 Games Yang Bakal Bikin Kamu Nostalgia Pada Masa Kecilmu

5. Bashkirian Airlines 2937 vs DHL 611

Bashkirian Airlines Penerbangan 2937 adalah sebuah pesawat Tupolev Tu-154M milik maskapai penerbangan Bashkirian Airlines yang terbang dari Bandara Internasional Domodedovo, Moskow, Rusia, menuju ke Barcelona, Spanyol. Pesawat tersebut mengalami tabrakan udara dengan sebuah pesawat kargo DHL Penerbangan 611, sebuah Boeing 757-200F yang terbang dari Bergamo, Italia menuju Brussels, Belgia.

Baca Juga  Pilotnya Pro Cuy! 9 Pendaratan Darurat Paling Heroik Yang Pernah Dilakukan Pilot

Tabrakan ini terjadi disebabkan oleh ATC/menara kontrol yang salah dalam memberikan tindakan penghindaran dan juga kesalahan dari kru pesawat Bashkirian Airlines yang seharusnya menuruti anjuran dari TCAS (semacam alat yang akan memberi peringatan kepada kru pesawat jika ada pesawat lain yang dekat dengannya yang berpotensi akan menyebabkan tabrakan).

6. American Airlines 191

Tahun 1979, terjadi kecelakaan maskapai penerbangan Amerika dengan membawa 273 penumpang termasuk 13 awak pesawat. Penyebab kecelakaan ini karena lepasnya mesin di sayap bagian kiri. Kecelakaan ini terjadi sangat singkat. Usai pesawat ini take off, mesin bagian kiri lepas dan menyebabkan pesawat oleng ke kiri membuat pesawat langsung jatuh dan berbenturan dengan tanah. Semua penumpang tak selamat dari kecelakaan ini.

7. Malaysia Airlines MH370

Salah satu bencana penerbangan paling tragis terjadi pada Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang terbang dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju China, hilang secara misterius pada 8 Maret 2014. Pesawat itu menghilang 94 menit setelah lepas landas. Pencarian telah dilakukan, tapi hasilnya masih nihil.

MH370 mengangkut 12 awak kabin dan 227 penumpang, kebanyakan di antaranya adalah warga negara China. Kecelakaan pesawat ini misterius dan sampai melibatkan 26 negara untuk melakukan pencarian.

Hingga akhirnya pada 20 Maret, serangkaian foto satelit memperlihatkan kemungkinan adanya serpihan dari MH370 di Samudra Hindia Selatan, sebelah barat daya Australia, yang membuat aktivitas pencarian difokuskan di wilayah tersebut.

Meski keberadaannya masih tidak diketahui karena kecelakaannya misterius, per 24 Maret, pejabat Malaysia Airlines dan pemerintah Malaysia percaya bahwa pesawat ini jatuh di Samudra Hindia Selatan tanpa korban selamat.

Baca Juga  9 Hal Aneh Yang Akan Kalian Rasakan Saat Berada Di Luar Angkasa

8. Nigeria Airways 2120

Kecelakaan pesawat selanjutnya adalah Nigeria Airways 2120 terjadi pada Juli 1991. Penerbangan dari Arab Saudi menuju Nigeria mengangkut total 261 penumpang, termasuk 14 awak pesawat. Tragedi ini dianggap sebagai salah satu bencana penerbangan terburuk yang pernah melibatkan maskapai penerbangan Kanada.

Kecelakaan ini berlangsung sangat cepat. Beberapa menit setelah lepas landas pesawat ini langsung mengalami kebakaran. Investigasi awal menunjukkan bahwa tekanan ban pesawat rendah dan memicu kebakaran mesin.

Kejadian itu sangat tragis, sebab saat ingin melakukan pendaratan darurat, api sudah menjalar ke lantai kabin dan beberapa orang terlihat melompat dari pesawat. Tak ada satu pun penumpang yang selamat dari kecelakaan ini.

9. AirAsia QZ8501

Pada 28 Desember 2014, pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 jenis Airbus A320 hilang kontak di sekitar Selat Karimata, perairan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah. QZ8501 membawa 155 penumpang dan 7 kru di dalamnya. Puing-puing pesawat yang itu ditemukan dua hari kemudian yang tersebar di Laut Jawa.

Sebelum jatuh, berdasarkan keterangan KNKT pesawat ini mengalami sedikitnya empat kali gangguan saat hendak menuju Singapura dari Surabaya. Flight Data Recorder (FDR) pesawat tersebut mengungkap adanya miskomunikasi antara pilot Iriyanto dan kopilot Remi Plesel. Iriyanto ingin mendaratkan pesawat, namun Remi menaikkan kemudi pesawat ke atas saat terjadi permasalahan di komputer kendali pesawat.

Sumber :

– https://www.brilio.net/duh/10-kecelakaan-penerbangan-tragis-di-dunia-ada-satu-dari-indonesia-181030e.html

– https://id.wikipedia.org/wiki/United_Airlines_Penerbangan_232

– https://id.wikipedia.org/wiki/Bashkirian_Airlines_Penerbangan_2937

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top