Connect with us

9 Keterampilan Untuk Mengembangkan Bisnis, Sudah Melakukannya ??

Ekonomi

9 Keterampilan Untuk Mengembangkan Bisnis, Sudah Melakukannya ??

Apakah Anda seorang pengusaha? Seorang pengusaha harus mampu menjalankan bisnis dan membuatnya berkembang. Agar bisnis dapat berjalan lancar dan sukses, dibutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga.

Menjalani dan mengembangkan sebuah bisnis membutuhkan sejumlah keterampilan yang perlu dimiliki agar Anda bisa sukses.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui dan mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan agar operasi bisnis bisa berkembang dan berhasil.

kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 9 keterampilan dalam mengembangkan bisnis agar bisa dapat berjalan dengan optimal dan menghasilkan keuntungan.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

2. Kemampuan Bernegosiasi Dengan Pembeli

Negosiasi atau yang biasa disebut sebagai proses tawar-menawar adalah hal yang umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya terjadi pada lingkungan bisnis dan pekerjaan, negosiasi juga kerap terjadi pada organisasi dan komunitas masyarakat pada umumnya. Contoh kasus negosiasi jual beli yang kerap terjadi adalah pada saat terjadi tawar-menawar sebelum melakukan transaksi pembelian suatu barang. Hal yang umum terjadi adalah adanya negosiasi penurunan harga atas barang tertentu.

Baca Juga  9 Mata Uang Teraneh Yang Pernah Dibuat

3. Memasarkan dan Menjual Produk

Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.

Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, mempromosikan produk dan layanan perlu dilakukan secara efektif. Anda harus bisa menyediakan layanan pelanggan yang baik juga memiliki strategi pemasaran yang bisa membantu menghasilkan penjualan dan mengembangkan bisnis.

4. Delegasi Tugas dan Manajemen Waktu

Banyak para pemimpin bisnis jatuh karena mereka terjebak dan tidak mau mendelegasikan setiap tugas kepada para anggota tim yang dimiliki. Kemampuan mengelola waktu secara efektif artinya Anda perlu mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain yang ada di dalam bisnis.

Delegasi yang diberikan kepada karyawan memungkinkan Anda untuk bisa berkonsentrasi pada tugas lain yang penting dan menghasilkan pendapatan terutama untuk mengembangkan bisnis.

5. Jaringan Bisnis yang Luas

Kemampuan Anda membangun hubungan yang baik melalui jaringan bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan dukungan yang suatu saat diperlukan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung ke dalam asosiasi bisnis untuk mengembangkan jaringan yang dimiliki.

6. Mampu Merekrut Orang yang Tepat

Merekrut orang yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Dengan demikian, utnutk mengembangkan bisnis keterampilan merekrut karyawan merupakan hal yang perlu dimiliki setiap pengusaha.

7. Kemampuan Melatih Karyawan Baru

Saat Anda merekrut seorang karyawan baru, maka Anda harus memastikan bahwa mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Hal ini akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Dan perusahaan bisa bergerak ke arah yang benar dan meningkatkan komitmen karyawan baru untuk tidak melakukan hal yang melanggar peraturan.

8. Kemampuan Untuk Fokus Dengan Pelanggan

Tanpa ada pelanggan yang menggunakan produk atau layanan, Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis dengan baik dan berkelanjutan.

Baca Juga  9 Pengusaha - Pengusaha Sukses Indonesia. Patut Kalian Contoh Nih Kesuksesannya!

Oleh karena itu, untuk mengembangkan bisnis Anda harus memastikan bahwa setiap penawaran, produk, dan layanan yang diberikan berfokus pada kebutuhan pelanggan Anda.

9. Keterampilan Mengelola Karyawan

Jika Anda sudah mendapatkan karyawan yang tepat, maka langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis adalah mengelola mereka yang ada di dalam perusahaan dengan baik dan benar. Anda bisa meluangkan waktu untuk mempelajari cara memotivasi dan mengembangkan karyawan dengan baik agar membantu dalam mengembangkan bisnis.

Demikian 9 Keterampilan Untuk Mengembangkan Bisnis

Semoga Bermanfaat……..

Sumber Berita : https://koinworks.com/blog/keterampilan-mengembangkan-bisnis/

Sumber Berita : https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3378823/8-cara-mengembangkan-bisnis-agar-sukses

Sumber Berita : https://www.kembar.pro/2015/03/pengertian-fungsi-dan-tujuan-manajemen-keuangan.html

Sumber Berita : http://ciputrauceo.net/blog/2016/9/22/negosiasi-yang-baik

Sumber Berita : https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-strategi-pemasaran-produk-yang-harus-anda-coba/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top