Connect with us

9 Manfaat Porang, Dapat Miolah Menjadi Banyak Hal!

Lainnya

9 Manfaat Porang, Dapat Miolah Menjadi Banyak Hal!

 Iles-iles atau porang merupakan jenis talas-talasan atau tanaman umbi yang bisa tumbuh di wilayah tropis dan sub tropis. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh secara liar karena masih jarang dikenal, sehingga tidak ada upaya budidaya. Tetapi sekarang, mulai banyak petani yang mengkomersilkan pertumbuhan umbi porang di Indonesia.

Tanaman umbi iles-iles mengandung glukomannan atau biasa disebut Konjac Glucomannan (KGM) yang berbentuk tepung. Kandungan tepung ini bisa diolah menjadi berbagai macam hal dan berperan sebagai bahan pengganti. Kandungan karbohidrat yang terdapat di umbi iles-iles mencapai lebih dari 80%, menjadikan karbohidrat komponen terpenting di dalam tanaman ini.

Selain kaya akan karbohidrat, tanaman porang juga kaya akan manfaat untuk berbagai macam bidang mulai dari kuliner sampai kesehatan, lho. Simak lebih lanjut untuk mengetahui manfaat porang di bawah ini!

1. Lem Ramah Lingkungan

Tanaman yang mengandung Konjac bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan juga ramah untuk lingkungan.

2. Bahan Campuran untuk Industri

Kandungan Konjac dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, dengan materi yang lebih baik dan harga lebih murah.

Baca Juga  9 Fakta tentang AREA 51, nomer 6 buat penasaran

3. Bahan Obat

Kandungan KGM yang terdapat pada tanaman porang ternyata bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan.

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, terdapat kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

4. Pengganti Agar-agar

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah di dalam air, tidak memiliki bau, dan konsistensi yang menyerupai agar-agar. Hal ini menjadikan serat dari porang dapat diolah, sehingga menjadi seperti agar-agar.

5. Pembersih Air

Glukomannan sangat cocok untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan juga serat.

6. Isolator Listrik

Glukomannan dari tanaman porang dalam bentuk gel dapat menjadi pengganti gel silikon. Gel silikon sangat bagus untuk mencegah penghantaran listrik dan juga panas, menjadikan gel ini substitusi yang sama bagusnya.

7. Bahan Makanan Jepang

Kali ini ada penjelasan mengenai manfaat tanaman porang di bidang kuliner. Di Jepang, tepung konjac dijadikan bahan campuran untuk membuat mie shirataki atau konnyaku.

Baca Juga  Kalian Harus Tau, 9 Penjelajah Dunia Paling Melegenda Sepanjang Sejarah

8. Bahan Pengental Es Krim

Selain digunakan untuk bahan makanan Jepang, terdapat manfaat Konjac lainnya di bidang kuliner. Kandungan Konjac juga dapat digunakan sebagai sirup atau pengental perekat dalam campuran es krim agar tidak cepat meleleh.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

Sumber gambar: ziyamocan.com

Kandungan glukomannan pada tanaman porang umbi dapat mengurangi kadar kolesterol di darah. Selain itu, serat yang terdapat pada porang juga biasa digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk orang yang memiliki diabetes.

Tetapi perlu diingat, bahwa penggunaan porang untuk mengobati penyakit harus tetap dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini dikarenakan ada efek samping yang bisa dirasakan jika badan kamu tidak cocok dengan kandungan porang.

 

Sumber : Tokopedia.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top