Connect with us

9 Materi atau Benda Termahal Di Seluruh Dunia, Emas Bukan Tandingannya

Lainnya

9 Materi atau Benda Termahal Di Seluruh Dunia, Emas Bukan Tandingannya

Emas merupakan materi yang dapat dibilang sangat mahal, namun seperti kata orang-orang “diatas langit masih ada langit” ada beberapa materi yang harganya jauh melebihi harga emas, bahkan hingga mencapai nilai miliaran.

Penasaran apa saja materi yang akan dibahas ? berikut adalah 9 Materi Termahal Di Seluruh Dunia.

1. Rhodium

Rhodium adalah jenis logam langka yang berwarna perak berkilau dan hanya dijumpai di beberapa daerah di bumi. Karena sifat Rhodium yang tahan terhadap korosi atau karat bahkan cuaca ekstrim, jenis logam ini biasanya digunakan untuk membuat lapisan pada perhiasan perak ataupun emas putih supaya lebih berkilau dan cerah.

2. Platinum

Platinum merupakan logam berharga yang juga lumayan langka. Seperti halnya emas, platinum juga tahan terhadap asam, alkali dan senyawa-senyawa lainnya. Hanya beberapa ratus ton Platinum yang dapat diproduksi di berbagai negara dalam waktu satu tahun, hal ini lah yang membuat harga platinum sangat tinggi

3. Plutonium

Plutonium merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan yang mengkilat tetapi ketika terkena Udara bebas, unsur Plutonium(IV) oksida akan terbentuk dan warnanya akan segera berubah menjadi kelabu. Penggunaannya bervariasi mulai dari produksi senjata nuklir dan bahan bakar untuk sumber panas pada generator termolistrik radioisotop (digunakan pada beberapa pesawat antariksa).

Baca Juga  9 Pesepak bola termahal dunia, harga Neymar dua kalinya Ronaldo

Baca juga : 9 Teh Termahal Dan Terlangka Di Dunia 

4. Painite

 

Batu ini sangat langka dan sangat sedikit orang yang mengetahui soal batu ini. Painite termasuk jenis mineral borat yang mengandung vanadium yang dapat membuat batu ini berubah warna. Saat ini hanya ada beberapa ratus batu seperti ini di dunia.

5. Taaffeite

Batu Taaffeite tergolong kedalam jenis batu mulia langka berwarna ungu dan merah. Keunikan batu ini adalah dapat membiaskan cahaya ke dua arah dan memiliki bahan penyusun yang terdiri dari Magnesium, Beryllium, dan Aluminium. Batu ini biasanya digunakan untuk membuat perhiasan.

6. Tritium

Pada dasarnya, Tritium adalah senyawa Hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam.adiasi Tritium sejatinya tidak bisa menembus kulit manusia, sehingga tidak terlalu berbahaya saat mengalami kontak dengan tubuh. Tetapi, menghirup atau menelan Tritium akan langsung meradiasi dan meracuni tubuh cukup parah.

Uniknya, zat berbahaya ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu ‘abadi’. Tritium bisa memancarkan cahaya akibat reaksi kimia ketika dicampur dengan zat lain.

Baca Juga  9 Lukisan Termahal di Dunia

7. Berlian

Berlian adalah batu mulia yang dikenal dengan keindahan dan kekuatannya. Berlian berbahan dasar karbon, mirip dengan arang yang biasa ditemukan di bekas pembakaran tanaman sehari-hari. Perbedaannya adalah berlian memiliki susunan karbon yang lebih rapi. Proses cutting berlian yang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi akhirnya berdampak pada harganya yang sangat mahal

8. Californium-252

Californium 252 adalah salah satu zat radioaktif yang sering digunakan untuk menghasilkan radiasi gamma. Dalam bidang militer, Californimum 252 biasanya dimanfaatkan untuk alat pendeteksi bahan peledak, ranjau, hingga peluru meriam yang belum sempat meledak. Kegunaan lain dari radiasi gamma Californium 252 adalah sebagai reaktor nuklir.

9. Anti-Materi

Anti-materi adalah kumpulan partikel yang mempunyai muatan dan struktur yang berlawanan dengan seluruh partikel yang ada di bumi. Zat super langka ini tidak tercipta secara alami dan bisa dibuat dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil.Sayangnya, anti-materi bisa dengan mudah lenyap hanya beberapa menit setelah diciptakan.

Baca Juga  9 Kopi Termahal Yang Pernah Ada Di Dunia. Kira - Kira Gimana Ya Rasanya?

Namun hal tersebut tidak mampu menurunkan harga Anti Materi yang seandainya dijual memerlukan biaya 72.000 triliun.

 

Sumber :

https://www.brilio.net/wow/bukan-emas-inilah-16-benda-paling-mahal-sedunia-160701z.html#

https://blokggoo.blogspot.com/2015/03/benda-dan-mineral-langka-yang-lebih.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top