Connect with us

9 Mega Proyek Konstruksi Terbesar yang Ada di Dunia

Ekonomi

9 Mega Proyek Konstruksi Terbesar yang Ada di Dunia

Sepanjang peradaban manusia, industri konstruksi di berbagai negara mampu membuat kita terkagum-kagum. Beberapa proyek ini bahkan berada pada peringkat teratas dunia berdasarkan perhitungan biaya dan rinciannya berdasarkan dolar AS. Apa saja proyek fantastis ini? Berikut ini merupakan 9 megaproyek konstruksi terbesar yang ada di dunia.

1. Great Man-Made River Project, Libya

Megaproyek ini diharapkan dapat mengairi lebih dari 350.000 hektare wilayah. Kemudian menyediakan kota-kota dengan pengairan. Great Man-Made River Project telah digarap sejak tahun 1985 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2030. Tiga tahap proyek telah selesai untuk menghasilkan air dari daerah batu pasir di bawah tanah. Sedangkan tahap keempat sedang berlangsung hingga saat ini.

2. Saadiyat Island Entertainment and Leisure Destination, Abu Dhabi

Proyek ini menghubungkan empat tempat budaya dengan Canal, yaitu sebuah cabang Louvre, pusat pertunjukan seni, cabang Guggenheim, dan sebuah museum warisan budaya. Diperkirakan pada tahun 2018 proyek ini akan selesai dan dilengkapi dengan area pantai, ruang rekreasi, serta area laut.

Baca Juga  9 Ide Bisnis yang Sering Dicibir tapi Aslinya Hasilkan Banyak Uang

3. South-to-North Water Transfer Project, China

Sebagai tempat tinggal bagi hampir 50% penduduk China, China Utara ternyata hanya memiliki 20% dari sumber air terdekat. Proyek besar ini akan memasok air ke China bagian utara dengan menyediakan tiga kanal, masing-masing lebih dari 600 mil. Saat proyek ini selesai, proyek luar biasa ini akan menghasilkan pasokan air sebanyak 44 miliar meter kubik per tahunnya.

Baca Juga : 9 Fakta-Fakta Postur APBN 2019: Ekonomi Dipatok Tumbuh 5,3%

4. International Space Station, Space

International Space Station merupakan stasiun luar angkasa yang dibuat oleh kemitraan antara 15 negara dengan 5 badan ruang angkasa. Mengelilingi bumi setiap 92 menit, konsorsium ini diperkirakan menghabiskan USD 60 miliar selama setahun ke depan untuk meng-upgrade peralatan yang dipakai untuk menjalankan misinya.

5. Sellafield Nuclear Site, England

Dengan area lebih dari 700 hektare, tempat ini akan ditujukan untuk pengolahan bahan bakar nuklir pertama di Inggris. Dengan pembangkit listrik komersial pertama di dunia nuklir, ada beberapa pembersihan yang dilakukan. Proses ini akan memakan waktu lebih dari satu abad. Diperkirakan pada 2120, Sellafield akan mencapai status brownfield.

Baca Juga  9 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja ?

6. Songdo International Business District, South Korea

Merupakan pembangunan pusat kota baru di Incheon, Korea, yang akan memiliki populasi sekitar 60.000 juga termasuk gedung tertinggi di Korea Selatan. Diketahui, proyek konstruksi ini merupakan perluasan dari 1.500 hektare wilayah dari laut.

7. Yas Island Mixed-Use Complex, Abu Dhabi

Proyek ini ditujukan sebagai tempat liburan utama rakyat timur tengah. Yas Island menyediakan sebuah arena pacuan kuda yang dilakukan melalui laut serta berjalan-jalan di bawah Yas Hotel. Pembangunan perusahaan lain adalah Ferrari World Abu Dhabi, yaitu sebuah taman indoor terbesar di dunia yang akan menjadi penghargaan untuk landmark Italia seperti Venesia dan Coliseum.

8. South Valley Development, Mesir

Ternyata di gurun sahara pun muncul beberapa pengembangan. Adanya akses air yang bisa diangkut merupakan tahap awal pembangunan utama. Tahap pertama adalah pembangunan Stasiun Pompa Mubarak yang selesai pada tahun 2003. Dengan kapasitas air yang sanggup menangani lebih dari 25 juta meter kubik per hari, air Sungai Nil dipompa ke Kanal Sheikh Zayed sepanjang 72 km.

Baca Juga  9 Daftar Saham Termahal didunia, kira - kira semahal apa ya?

9. Jubail II, Saudi Arabia

Salah satu megaproyek ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2024. Apabila selesai, Jubail II memiliki efek ganda bagi penduduk setempat, yakni terdiri dari 100 perencanaan industri, bermil-mil jalur kereta api, 800.000 meter kubik perencanaan desalinasi, jalan tol, serta kilang minyak yang menghasilkan sedikitnya 350.000 barel per hari.

sumber : http://bumn.go.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top