Connect with us

9 Mitos Hantu Di Indonesia, Kalian Percaya ?

Lainnya

9 Mitos Hantu Di Indonesia, Kalian Percaya ?

Hampir semua orang pasti takut dengan yang namanya hantu, namun dibalik ketakutan itu masih banyak orang-orang yang penasaran akan hantu. Tak terkecuali di Indonesia, hantu Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Tak kalah menyeramkan dibanding hantu-hantu luar.

Hantu Indonesia memang sangat beragam, dari mulai nama dan penyebutannya sampai bentuknya, mungkin ada puluhan jenis hantu yang ada di indonesia. Mitos yang ada dimasyarakat pun juga bermacam-macam. Kali ini kita akan membahas 9 Mitos Hantu Di Indonesia.

1. Banaspati / Kemamang

Kemamang atau banaspati, hantu ini berasal dari kepercayaan orang-orang Gunung Kidul,  hantu yang berwujud seperti bola api ini sering muncul pada tempat-tempat gelap dan minim penerangan seperti di sawah.

Mitos yang terjadi di masyarakat adalah jika hantu ini melihat manusia, dia pasti akan berubah wujud menjadi api yang berkobar-kobar dan akan menerkam mangsanya hingga tewas. Orang tua zaman dulu selalu menasehati jika bertemu dengan hantu ini kita harus telanjang dan berlari.

Biasanya tempat tinggal hantu banaspati ini di pohon-pohon pisang ataupun di kebun-kebun yang lebat dan dihutan-hutan. Sampai sekarangpun masih banyak orang yang dengan tidak sengaja bertemu dengan hantu ini, umumnya di pedesaan yang kecil dan masih minim penerangan.

2. Jailangkung

Jaelangkung adalah permainan untuk memanggil Roh, Setan, Jin dengan media koin, jangka, ataupun boneka. Makhluk yang masuk kedalam media tersebut bisa kita tanyai apapun, dan mereka akan menjawab dengan menunjukkan atau menulis di media yang kita sediakan, umumnya permainan ini dilakukan oleh 3 orang, 1 orang memegang, 1 orang membaca mantra, dan yang satu mempersiapkan alat tulis.

Baca Juga  9 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia !!

Mitos yang beredar dimasyarakat adalah, jika kita memainkan permainan ini dan memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, kita akan dihantui makhluk tersebut selama 7 hingga 40 hari lamanya, Jadi harus sangat berhati-hati jika ingin memainkan jaelangkung.

3. Pulung Gantung

Hantu yang satu ini berasal dari mitos masyarakat di pulau jawa khususnya, hantu ini berwujud seperti cahaya bulat dan terbang. Biasanya muncul pada jam 1 sampai jam 2 malam.

Mitos yang beredar di masyarakat, hantu ini adalah arwah atau roh leluhur dari tanah tersebut, misalnya dusun atau kecamatan tersebut. Hantu ini sering ditemui pada saat pemilihan “Lurah” di pedesaan, biasanya semalam sebelum pemilihan terjadi hantu ini muncul dan terbang menuju rumah calon lurah yang akan terpilih.

4. Kuyang

Hantu Kuyang ini berasal dari mitos orang-orang kalimantan, khususnya kalimantan timur, berwujud kepala manusia dan anggota badan berupa organ dalam saja, seperti jantung, paru-paru, usus, dll, jika di pulau jawa nama dari hantu ini adalah “glundung pringis”.

Misteri yang beredar dimasyarakat adalah hantu itu adalah wujud dari orang yang belajar ilmu hitam untuk mendapatkan keabadian, kemudian pada waktu ada bayi yang baru lahir, atau wanita yang sedang melahirkan, hantu itu akan datang dan mencari makanan berupa darah dari bayi yang baru lahir tersebut.

Baca Juga  9 Perpustakaan Dengan Desain Terindah Di Dunia. Pasti Bikin Kalian Yang Gemar Baca Betah Disini!

Cara yang digunakan untuk menangkal hantu kuyang ini menurut mitos yang beredar bermacam-macam, seperti menyembunyikan peralatan dapur, membakar sesuatu agar asap mengepul dll.

5. Palasik

Palasik berasal dari mitos masyarakat Minangkabau, dalam mitos tersebut palasik digambarkan dengan 2 versi berbeda, yang pertama bentuk Palasik mirip dengan kuyang dari Kalimantan dan yang kedua bentuk Palasik mirip dengan manusia biasa, yang berambut panjang, dan memakai celana seperti karung goni.

Palasik sendiri menurut masyarakat Minangkabau adalah wujud dari seseorang yang sedang mempelajari ilmu hitam, dengan memakan darah atau daging bayi yang baru meninggal sehingga mendapatkan keabadian.

6. Genderuwo

Genderuwo juga berasal dari kepercayaan masyarakat pulau jawa, Fisiknya besar, dipenuhi rambut dan bulu hitam di sekujur tubuhnya.

Mitos yang beredar dimasyarakat adalah, hantu yang satu ini sering bertempat tinggal di pohon-pohon yang besar dan lebat, dan tanda-tanda munculnya genderuwo adalah bau seperti singkong bakar, kemudian hobi dari genderuwo tersebut adalah “usil”, menggoda anak-anak dan perempuan.

Baca juga : 9 Bau Pertanda Mahkluk Halus Ada Di Sekitar Kita

7. Kuntilanak

Kemunculan Kuntilanak atau Kunti biasanya ditandai dengan bau bunga kamboja yang semerbak, ciri-ciri kuntilanak adalah wanita berambut panjang, dengan baju serba putih, dan suara tertawa yang khas.

Mitos yang beredar adalah Kuntilanak merupakan roh dari perempuan yang meninggal dalam keadaan hamil. Biasanya kuntilanak muncul di pohon-pohon yang tinggi, kemudian ditangannya ada seperti bayi yang sedang dia gendong dan di timang-timang.

Baca Juga  9 Perang Besar Paling Legendaris Yang Jarang Diketahui Orang

8. Tuyul

Hantu yang satu ini masih bisa sering ditemui sekarang, berwujud seperti anak-anak kecil, kepala gundul, hanya memakai celana dalam saja.

Mitos yang beredar adalah hantu atau jin ini dimiliki oleh orang yang melakukan “pesugihan”, dimana majikannya menyuruh tuyul untuk mencuri uang orang-orang yang tidak beriman, tapi sebagai imbalannya adalah majikannya harus selalu menggendongnya, atau menyusuinya.

Penangkal dari tuyul menurut kepercayaan masyarakat adalah, dengan menaruh kepiting atau kaca cermin pada uang yang kita simpan, dengan begitu tuyul akan lupa dengan uang tersebut dan malah main-main saja dengan kepiting dan kaca yang disediakan.

9. Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu yang berwujud wanita dengan paras cantik, dengan gaun putih, dan punggungnya bolong atau berlubang sehingga organ-organ didalam tubuhnya kelihatan.

Mitosnya adalah sundel bolong merupakan roh dari wanita yang meninggal karena diperkosa dan dikubur hidup-hidup. Atau wanita hamil yang dikubur hidup-hidup kemudian melahirkan bayinya didalam kubur. Mitos ini diciptakan agar para wanita tidak berjalan-jalan sendirian pada saat malam hari.

Sumber :

https://jurnalbumi.com/top/mitos-hantu-indonesia-jarang-terdengar/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top