Connect with us

9 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja ?

Ekonomi

9 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja ?

 

 

Dari hampir 200 negara di dunia, sebagian besar di antaranya mampu menghasilkan pendapatan miliaran dolar Amerika Serikat (AS), bahkan hingga triliunan dolar AS per tahunnya. Namun, negara mana sajakah yang mampu menempati posisi teratas sebagai negara terkaya di dunia?

Melansir dari laman Fortune.com, Selasa (5/12/2017), Fortune mengurutkan negara-negara yang menempati posisi teratas sebagai negara terkaya di dunia. Peringkat ini berdasarkan dari data International Monetary Fund (IMF) yang dirilis bulan Oktober 2017.

Hal yang menjadi penilaian adalah produk domestik bruto  (PDB) per kapita berdasarkan paritas daya beli. Biasanya paritas daya beli digunakan ahli makroekonomi untuk menentukan produktivitas ekonomi dan standar hidup di antara negara-negara di seluruh dunia dalam jangka waktu tertentu.

Sementara PDB per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Beberapa negara terkaya seperti Brunei dan Qatar memiliki bisnis minyak pada sumber penghasilan utamanya. Namun pertumbuhan PDB negara terkaya tersebut telah berubah seiring dengan anjloknya harga minyak sejak 2014.

Baca Juga  9 Keterampilan Untuk Mengembangkan Bisnis, Sudah Melakukannya ??

Investasi dan sistem perbankan yang kuat juga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di negara terkaya lainnya seperti Irlandia.

1. Qatar

Negara yang perekonomiannya didasarkan pada penjualan cadangan minya yang besar ini menjadi yang terkaya.Qatar jelas merupakan negara terkaya di dunia dalam hal PDB. Dengan tingkat pengangguran 0,4% dan PDB $ 124.930, warga Qatar tampaknya melakukan cukup baik untuk diri mereka sendiri.Tak cuma dalam kekayaan, baru-baru ini Timnas Qatar di dunia sepak bola berhasil menembus babak final Piala Asia 2019.Qatar lolos usai menakluka Timnas UEA dengan skor 4-0 dan akan melawan Jepang pada Jumat (1/2/2019).

 

2. Luxemburg

Negara kecil di benua Eropa ini menempati posisi kedua.Ekonominya didukung produksi baja, perbankan internasional dan hutan yang membantu bisnis lokal.

 

3. Singapura

Singapura menjadi negara terkaya di Asia Tenggara.Ekonomi Singapura tumbuh 2,5 persen dari tahun ke tahun dan belum menunjukkan tanda-tanda melambat.PDB per kapita Singapura adalah sekitar 90.530 dolar Amerika.

 

4. Swiss

Negara kecil yang terletak diantara pegunungan Aplen ini memiliki populasi dibawah 9 juta dengan PDB perkapita yang cukup tinggi.Perbankan, industri, perdagangan internasional, dan spesialisasi tenaga kerja adalah kunci perekonomian di negara ini. Pariwisata juga berperan sebagai penghasil pendapatan penting bagi Swiss.

Baca Juga  9 Daftar Saham Termahal didunia, kira - kira semahal apa ya?

 

5. Brunei

Negara kecil di daratan pulau Borneo ini menjadi salah satu yang kaya karena sumber minyak dan gas.Brunei menyeimbangkan teknologi industri dan kekayaannya hingga menjadi negara paling maju kedua di Asia Tenggara setelah Australia.Brunei memiliki PDB per kapita sebesar 76.740 dolar Amerika.

 

6. Norwegia

Norwegia dikenal sebagai salah satu negara yang paling bahagia untuk ditinggali dan juga kaya.Norwegia memiliki PDB tertinggi ke enam menurut IMF.Ekonomi Norwegia terutama didasarkan pada produksi dan ekspor minyak, ditambag dengan perdagangan barang internasional yang kuat.

 

7. Islandia

Negara asal Viking ini masuk dalam urutan ke 7 dengan PDB sebesar 72.630 dolar Amerika.Sebagai bagian dari OECD, perekonomian Islandia didorong karena investasi yang bijaksana dan pertumbuhan konstruksi.Perekonomian juga dibantu oleh tingkat pekerjaan yang kuat, gaji yang tinggi untuk individu dan pengeluaran domesti yang kuat

8. Kuwait.

Kuwait berhasil menjadi negara timur tengah kokoh yang dan tak terpengaruh harga minyak.Pasalnya, kuwait berhasil menginvestasikan dana di bidang lain selain minyak.PDB perkapita Kuwait ada di angka 70.000 dolar Amerika.

Baca Juga  9 Pekerjaan Impian yang Nggak Pernah Terbayangkan Sebelumnya. Kerjanya Enak, Gajinya Gede

 

9. Uni Emirat Arab

Negara yang terkenal dengan tampilan mewahnya ini menjadi penghuni posisi ke sembilan.UEA memiliki perkembangan ekonomi dan pasar yang pesat.Dengan PDB per kapita sebesar 68,250 dolar Amerika atau sekitar 953 juta rupiah.Negara penghasil minyak itu juga mengembangkan bidang bisnis lain seperti wisata, dsb sehingga membuat UEA menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top