Connect with us

9 Negara Terkecil di Dunia

Lainnya

9 Negara Terkecil di Dunia

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati suatu daerah / wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki sistem aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

Negara sendiri terkadang diidentikan dengan suatu wilayah pemerintahan yang besar, namun yang tidak kita tahu adalah ada banyak negara yang memiliki luas wilayah yang cukup kecil di berbagai belahan dunia.

1. Vatikan

Negara terkecil di dunia yang pertama adalah Vatikan. Negara Vatikan berlokasi di Benua Eropa lebih tepatnya berada didalam negara italia dan merupakan negara yang terkenal karena kesuciannya, beribukota di Vatican City dengan total wilayah hanya mencapai 0.44 km² dihuni kurang lebih sekitar 842 jiwa. Negara Vatikan dikenal sebagai negara yang suci bagi umat Katholik. Jika kita melihat upacara natal di televisi, maka kita akan melihat siaran langsungnya dari Vatikan ini.

2. Monako

 

Monako menjadi negara terkecil kedua di Benua Eropa dan Dunia. Negara ini berbatasan dengan Prancis dan Laut Mediterania, namun monako menjadi negara terkecil yang mempunyai garis pantai. Luas dari monako hanyalah 2 km² yang dihuni sebanyak kurang lebih 36.371 jiwa, dengan jumlah itu Monako menjadi salah satu negara terpadat di dunia. Hal lainnya yang membuat negara ini menjadi populer ialah pajak pertahun yang kecil dan tiap tahun sirkuit Monte carlo di Monako menjadi lintasan ajang balap F1 dan ajang balap lainnya.

Baca Juga  9 Penyakit akibat polusi udara

3. Nauru

Nauru adalah negara terkecil ketiga, berlokasi di daerah Oceania, tepatnya di Mirkonesia di perairan Samudera Pasifik. Sebagai negara pulau, Nauru hanya mempunyai luas wilayah sebesar 21 km² yang dihuni oleh 10.084 jiwa

Ibukota Nauru ada di kota Yaren secara de facto sebagai sentra pemerintahan di Nauru. Negara ini mempunyai bentuk pemerintahan republik, sementara mata uang yang dipakai ialah dollar Australia (AUD).

4. Tuvalu

Satu lagi negara kecil di daerah Oceania yakni Tuvalu. Berlokasi di antara Australia dan Hawaii dengan luas wilayah 26 km² dan diperkirakan dihuni lebih dari 10 ribu jiwa.

Penduduk Tuvalu didominasi oleh suku Polynesia yang menjadi penduduk asli daerah tersebut. Negara ini juga menjadi negara Persemakmuran Inggris. Sejak tahun 2000, dan Tuvalu diakui resmi sebagai anggota PBB.

Baca juga : 9 Negara Yang Berhasil Pindah Ibukota

5. San Marino

San Marino hanya memiliki luas sekitar 61 km² ini, menyebabkan negara inimasuk ke daftar negara terkecil di dunia. Terletak di Benua Eropa, tepatnya di semenanjung Italia. Beribukota di City of San Marino.

Baca Juga  9 Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Enak, Beserta Cara Buatnya!

Diperkirakan populasi penduduk San Marino sebesar 32.576 jiwa. Negara ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita yang cukup tinggi. San Marino juga dikenal mempunyai tingkat pengangguran yang rendah serta tidak mempunyai hutang luar negeri sama sekali.

6. Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara kecil yang berada di kawasan Eropa. Negara yang beribukota di Vaduz ini hanya mempunyai luas wilayah sebesar 160 km² saja. Sedangkan populasi penduduk Liechtenstein ialah 37.340 jiwa.

Negara ini memakai bahasa Jerman sebagai bahasa sehari-hari mereka. Berdasarkan pendapatan per kapitanya, Liechtenstein juga termasuk negara paling kaya di dunia. Tingkat pengangguran di Liechtenstein juga jadi salah satu yang terendah di dunia.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall atau Marshall Islands merupakan negara di daerah Oceania di perairan Samudera Pasifik. Negara ini letaknya di sekitar garis khatulistiwa dan menjadi bagian dari kepulauan Mikronesia.
Negara ini hanya mempunyai luas 181 km² saja, dan menjadikan negara ini menjadi salah satu negara terkecil yang ada di dunia. Sedangkan jumlah penduduk negara ini diperkirakan sebesar 53.066 jiwa. Marshall Islands memiliki ibukota di kota Majuro yang juga menjadi kota terbesarnya.

8. Saint Kitts and Nevis

Saint-Kitts and Nevis ialah salah satu negara paling kecil di dunia yang terletak di Amerika Tengah, tepatnya di daerah Karibia. Luas wilayah Saint-Kitts and Nevis sekitar 261 km². Sementara jumlah penduduk Saint-Kitts and Nevis kurang lebih mencapai 54.961 jiwa.

Baca Juga  9 Tokoh Panitia Sembilan dan Piagam Jakarta !!

Ibukota Saint-Kitts and Nevis ialah Basseterre. Negara ini menjadi negara terkecil di benua Amerika sekaligus negara terkecil di Bumi bagian barat.

9. Maladewa

Maladewa menjadi negara terkecil di benua Asia dan salah satu yang terkecil di dunia. Luas wilayah Maladewa ialah 300 km², sementara jumlah penduduk di Maladewa ialah 341.356 jiwa. Ibukota dari Maladewa adalah Male.

Negara ini merupakan negara di bagian Asia Selatan yang termasuk negara pulau dan terletak di perairan Samudera Hindia. Maladewa mempunyai dataran yang cukup rendah dan menjadi negara dengan permukaan dataran paling rendah di dunia.

Sumber :

https://blogpedia.us/10-negara-terkecil-di-dunia-dan-luas-daerahnya-gambar/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top