Connect with us

9 Negara Yang Tidak Pernah Merasakan Sengsaranya Dijajah

Politik

9 Negara Yang Tidak Pernah Merasakan Sengsaranya Dijajah

9 Negara Yang Tidak Pernah Merasakan Sengsaranya Dijajah

Nah Teman – teman kita sebagai warga Negara Indonesia pasti tahu kan negara apa saja yang pernah menjajah kita di zaman yang terdahulu. Dan yang paling kalian ingat pastinya negara Belanda karena hanya Belanda saja lah yang pernah menjajah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dalam kurun waktu yang sangat lama yaitu sekitar 365 tahun. Tapi kali ini kami tidak akan membahas tentang masa penjajahan yang dialami Indonesia melainkan kami akan membahas mengenai 9 Negara yang tidak pernah merasakan sengsaranya dijajah menurut Dunia9.My.Id.

1. Thailand 1

Thailand merupakan satu satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Terdapat dua alasan mengapa Thailand atau dahulu dinamakan Siam, yaitu pertama negara Thailand memiliki sebuah sistem suksesi yang sangat baik pada abad ke 19, dan alasan kedua yaitu kemampuan Thailand dalam mengeksploitasi persaingan dan ketegangan yang terjadi antara Kerajaan Inggris, Belanda di Hindia Belanda dan Indocina Prancis.

Hal inilah yang menjadikan negara Thailand menjadi negara perbatasan antara beberapa negara di Asia Tenggara yang sebelumnya telah dijajah oleh negara Prancis dan negara Inggris. Pada Perang Dunia ke-2, negara Jepang yang saat itu sedang berperang melawan sekutu ternyata dibantu oleh negara Thailand. Akan tetapi, setelah perang selesai, Thailand memutuskan untuk bersekutu dengan Amerika Serikat.

2. Arab Saudi 2

Arab Saudi atau Negara yang dikenal sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam ini ternyata tidak pernah dijajah oleh negara-negara Eropa atau negara lainnya. Mungkin hal itu dikarenakan negara ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun tandus.

Baca Juga  9 Partai Yang Lolos Parlemen, PDIP Unggul

3. Denmark 2

Denmark merupakan negara pendiri dari OECD dan Nato dan sekarang negara ini menjadi anggota dari OSCE. Kopenhagen adalah Ibu Kota Negara ini. Sistem pemerintahan yang digunakan Negara Denmark adalah Monarki Konstitusional dan Parlementer. Siapa yang menyangka negara yang sangat kecil dan terpencil seperti Denmark ini ternyata belum sekalipun terjajah oleh bangsa lain.

4. Nepal 1

Nepal menjadi salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa manapun di dunia. Sehingga, Nepal tidak memiliki hari kemerdekan. Sejak tanggal 25 September 1768, Nepal sudah berdiri sendiri menjadi kerajaan, hingga pada tanggal 28 Mei 2008 resmi menjadi negara republik. Alasan negara yang terkenal akan keindahan gunung Everest ini tidak pernah dijajah yaitu mendapat perlindungan dari negara bangsa Inggris.

Baca Juga : Ini Untuk Kalian Yang Tersiksa Sama Pilek! 9 Cara Mudah Dan Alami Untuk Menyembuhkan Pilek

5. Ethiopia 2

Ethiopia adalah salah satu negara yang tidak pernah merasa sengsaranya masa penjajahan. Ketika bangsa Eropa menjajah benua Afrika dari tahun 1880 sampai 1914, sekitar 90% benua Afrika telah dikuasai oleh Eropa. Namun, Ethiopia tetap mampu mempertahankan kedaulatan penuhnya.

Ada juga yang berpendapat bahwa negara yang terletak di kawasan Benua Afrika ini benar-benar dijajah oleh orang Italia dari tahun 1936 sampai 1941, namun masalah ini masih dipertanyakan karena belum ada bukti kuat untuk menanggapi anggapan tersebut.

Baca Juga  9 Peraturan tak masuk akal yang diterapkan negara-negara komunis

6. Jepang 1

 

Negara yang satu ini menjadi salah satu negara di Asia Timur yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Hal ini disebabkan oleh sistem pemerintahan Jepang yang dipimpin oleh seorang Kaisar, memerintahkan untuk memblokade seluruh akses masuk ke negara Jepang. Sehingga, Jepang menjadi negara terisolir di dunia.

Ada suatu ketika tentara Portugis ingin memasuki wilayah Jepang, mereka harus berhadapan terlebih dahulu dengan para samurai sehingga tidak ada satupun dari mereka yang bisa masuk ke tanah Jepang.

Ada alasan lain yang menyebabkan mengapa pemerintahan Shogun memutuskan untuk menutup Jepang yaitu, terdapat kejadian tragis terkait Perang Opium yang terjadi di China (sekarang Tiongkok) saat melakukan misi pertukaran perdagangan dengan negara asing. Kaisar merasa hal tersebut sangat berbahaya, sehingga pemerintah Jepang memutuskan untuk menutup Jepang dari dunia luar.

7. Yunani 1

Negara ini termasuk negara tertua di dunia dan juga negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Barat manapun. Sejak dahulu, Yunani Kuno sering berperang dengan kerajaan – kerajaan di benua Eropa. Hingga pada perkembangan nasionalisme Yunani dimulai saat terjadi pengepungan negara Wina oleh Utsmaniyah (Turki) namun gagal.

Hingga pada abad ke 17, beberapa negara di kota Yunani diduduki oleh Utsmaniyah. Hal itu juga menyebabkan bangsa Yunani melakukan pemberontakan kepada Utsmaniyah dengan memanfaatkan perang yang sedang dilakukan oleh Utsmaniayah ke bangsa lain.

Baca Juga  9 Negara Terkecil di Dunia

8. Bhutan 2

Bhutan termasuk salah satu negara yang sulit berkembang karena daerahnya yang cukup terisolir. Negara ini terletak di dekat gunung Himalaya yang otomatis menjadikannya daerah yang sulit untuk diserang.

Sepanjang tahun 1772 sampai 1774, pasukan Inggris mencoba untuk menyerang dan mengendalikan beberapa wilayah di Bhutan. Namun berakhir damai dengan negosiasi dan pembayaran 5 ekor kuda.

9. Iran 1

Tahun 1800an adalah masa-masa kesuraman dari negara Iran. Bagaimana tidak, di masa-masa tersebut, negara Rusia dan Inggris saling bersaing untuk bisa menguasai wilayah Timur Tengah. Rusia berhasil menguasai beberapa wilayah di bagian Utara seperti Turkmenista di abad ke-19. Di lain sisi, Inggris, berhasil mendapat kekuasaan di wilayah Timur Kekaisaran Persia.

Dalam masa tersebut, sebagian besar wilayah Iran dibawah pengaruh kekuasaan Dinasti Qatar. Kala itu, Dinasti Qatar bisa melakukan hal tersebut dikarenakan meminjam sejumlah uang pada bank di Eropa. Tak bisa membayar utang, Inggris dan Rusia membuat perjanjian untuk mengontrol sebagian besar wilayah Persia. Namun, Kerajaan Persia tidak menyetujui perjanjian tersebut. Dan ini membuat Iran tak berhasil dikuasai baik itu oleh Inggris maupun Rusia.

Sumber :
– https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-yang-tidak-pernah-dijajah
– https://www.dream.co.id/unik/11-negara-yang-tak-pernah-rasakan-pahitnya-dijajah-1708185.html

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik

To Top