Connect with us

9 Patung-patung Ikonik Super Besar dari Seluruh Dunia

Budaya

9 Patung-patung Ikonik Super Besar dari Seluruh Dunia

BAli, Dunia9.My.Id Indonesia — Selain menjadi sebuah lambang penghormatan kepada seseorang, patung juga bisa menjadi landmark sebuah negara. Apalagi jika patung ini punya ukuran super besar dan makna yang mendalam bagi negara.

Patung super besar juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Saat melihat patung luar biasa dengan warnanya yang menarik, dijamin bisa membuat wisatawan terkesima dan menahan napas.

Butuh waktu yang tak sebentar dan uang yang tak sedikit untuk membangun patung raksasa. Namun bayarannya, patung megah akan berdiri selama berabad-abad dan menjadi ikon peninggalan sejarah bagi generasi muda di negara tersebut.

Mengutip Business Insider, di seluruh dunia, ada beberapa negara yang membangun patung raksasa nan megah. Bahkan, patung-patung itu pun sudah jadi ikon dan terkenal di seluruh dunia.

1.| The Spring Temple Buddha (Cina)

The Spring Temple Buddha ( 中原大佛 ) adalah patung tertinggi di dunia yang tercatat di ‘Guinness World Records’. Terletak di Provinsi Henan, tinggi patung ini adalah 153 meter, berat 1000 ton dan dibangun dari 1.100 kepingan tembaga.

Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008, menghabiskan biaya $ 55,000,000 (atau sekitar 800 miliar rupiah).

2.| Garuda Wisnu Kencana (Indonesia)

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini berdiri megah di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan hasil karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Patung ini mengambil wujud Dewa Wisnu sedang mengendarai burung Garuda. Dalam ajaran agama Hindu, Dewa Wisnu adalah Dewa Pemelihara.Patung ini memiliki tinggi 120 meter dan berat 4000 ton, peletakan batu pertama pembangunan patung ini dilakukan pada tahun 1997. Patung ini selesai dibangun pada tahun 2018 dan menghabiskan biaya 450 miliar rupiah.

Baca Juga  9 Penyakit akibat polusi udara

3.| Ushiku Daibutsu (Jepang)

Patung Ushiku Daibutsu ini terletak di Ibaraki, Jepang. Memiliki tinggi 120 meter, patung wajah Amida Nyorai yang menjulang ini, juga dikenal lebih umum dengan nama Sanskerta-nya Amitabha.

Pembangunan patung yang terletak di Jepang ini berlangsung sejak tahun 1995 dan selesai dibangun pada tahun 2002

4.| The Laykyun Sekkya Buddha (Myanmar)

Patung yang ada di urutan keempat tertinggi di dunia adalah The Laykyun Sekkya Buddha yang terletak di Myanmar. Patung ini memiliki tinggi 116 meter dan mulai dibangun pada tahun 1996, selesai pada tahun 2008.

Patung ini banyak menarik minat wisatawan karena selain tinggi, patung ini juga unik. Tidak seperti patung-patung tertinggi lainnya, The Laykyun Sekkya Buddha memiliki dua patung besar, yaitu yang berdiri dan yang berbaring.

Baca Juga : 9 Cara Mengamankan Koneksi WiFi dari Hacker, Jangan Sampai Kebobolan

5.| Leshan Giant Buddha

Berbeda dengan patung lainnya, Leshan Giant Buddha dipahat di sebuah bukit merah, Xijuo Peak. Patung yang juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO ini dibangun dengan detail yang luar biasa

Baca Juga  9 Pemimpin Dunia Ini Meninggal Secara Tragis Karena Dibunuh

6.| The Motherland Calls (Rusia)

Patung The Motherland Calls ini dibuat dari beton setinggi 85 meter, dengan berat sekitar 8.000 ton. Patung ini berlokasi di Mamayev Kurgan di Rusia, selesai dibangun pada akhir tahun 1960. The Motherland Calls dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich, dan insinyur sipil Nikolai Nikitin.

Bentuk patung ini memperlihatkan seorang perempuan yang memegang pedang tinggi-tinggi. Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia Kedua.

7.| Christ the Redeemer (Brasil)

Patung ini juga merupakan salah satu patung yang terkenal, karena seringkali muncul didalam film-film yang diproduksi Hollywood. Patung setinggi 39,6 meter ini terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Selesai dibangun pada tahun 1931.

Patung yang memiliki berat 700 ton ini menjadi simbol Kekristenan di seluruh dunia, dan juga menjadi ikon budaya Rio de Janeiro dan Brasil

8.| Lord Murugan ( Malaysia)

Anda pasti melihat patung Lord Murugan ketika berkunjung ke Batu Caves, Selangor, Malaysia. Patung berwarna kuning emas ini dibuat dari 250 ton baja dan 79 galon cat emas. Patung Lord Murugan setinggi 137 kaki  atau 41,7 meter ini dikatakan sebagai patung Hindu paling tinggi di dunia.

Baca Juga  9 Hal unik di Bali yang bikin kamu merasa enggak lagi di Indonesia

9.| Patung Liberty (Amerika Serikat) dan Guan Yin (China)  

Siapa tak tahu patung ikonik ini? Patung ini menjadi lambang negara Amerika Serikat dan terletak di Liberty Island. Patung setinggi 1510 kaki  atau 460,2 meter ini diciptakan di Perancis dengan bahan utamanya adalah baja.

Patung yang terletak di Hainan, China. Uniknya, patung sang dewi punya tiga sisi sosok dengan pose yang berbeda-beda. Satu sisi wajahnya menghadap ke daratan utama, sedangkan dua sisi lainnya menghadap ke laut china selatan. Patungnya memiliki tinggi 354 kaki atau 107 meter.

 

sumber :  https://www.idntimes.com  &  https://www.cnnindonesia.com

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top