Connect with us

9 Penyakit akibat polusi udara

Lainnya

9 Penyakit akibat polusi udara

Pencemaran udara suatu kondisi dimana kehadiran satu atau lebih subtansi kimia,fisik atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang membahayakan.Berbahaya tentang kesehatan manusia,hewan,dan,tumbuhan,mengganggu estetika dan kenyamanan,atau merusak properti.Polusi udara adalah termasuk salah satu jenis dari Pencemaran Lingkungan Hidup selain pencemaran tanah,air.

Pencemaran udara adalah perusakan terhadap kualitas udara.Kerusakan kualitas ini disebabkan oleh berbagai banyak sumber,baik sumber biologis maupun non biologis.Polusi udara dapat bersumber dari berbagai macam,antara lain:asap kendaraan bermotor,asap pabrik,limbah industri,limbah rumah tangga,dan lain-lain.

1.Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Hasil gambar untuk contoh gambar penyakit ispa

ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja.Berdasarkan data WHO, ISPA adalah penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular di dunia. Hampir empat juta orang meninggal akibat ISPA setiap tahun, 98%-nya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan bawah. Salah satu penyebabnya karena polutan udara.

2. Asma atau Asthmatic bronchiale

Hasil gambar untuk gambar penyakit 2. Asma atau Asthmatic bronchiale

Asma adalah jeni penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.Penyempitan saluran ini menghasilkan gejala asma seperti: sesak napas, batuk, dan sesak dada. Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Baca Juga  9 Rekaman Audio Paling Mengerikan yang Pernah Ada, Kamu Berani Dengar?

3. Paru-paru basah atau pneumonia

Hasil gambar untuk gambar penyakit paru-paru basah atau pneumonia

Paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit akibat infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara atau pada alveolus di salah satu bagian paru-paru, atau bahkan keduanya. Paru-paru basah dapat disebabkan oleh serangan (infeksi) virus, jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan.Penyakit tersebut diawali dengan gejala demam, batuk dan kesulitan bernapas. Tidak hanya orang dewasa yang dapat terserang paru-paru basah, anak-anak dan lansia pun dapat mengalaminya.

4. Bronchopneumonia

Hasil gambar untuk gambar penyakit 4. Bronchopneumonia

Bronkopneumonia ditandai dengan peradangan yang menyerang saluran udara. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami penyakit ini dapat merasa sulit bernapas lega atau sesak napas karena paru-paru mereka tidak mendapatkan suplai udara yang cukup.Penyakit ini dapat disebabkan karena tubuh Anda terinfeksi virus, bakteri, atau jamur. Namun dalam banyak kasus, bronkopneumonia paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri penyebab bronkopneumonia masuk ke dalam paru-paru melalui udara atau darah.

5. Serangan jantung

Hasil gambar untuk gambar penyakit 5. Serangan jantung

Sebuah penemuan baru mengindikasikan bahwa menghirup udara yang terdiri dari polutan berbahaya, dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi kardiovaskular. Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah.Seiring waktu, penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah akan mengentalkan arteri yang membatasi aliran darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh tubuh. Aterosklerosis dapat menyebabkan kejadian kardiovaskular yang lebih berbahaya, seperti penyakit jantung koroner atau penyakit arteri perifer, serta serangan jantung atau stroke.

Baca Juga  9 Hukuman Mengerikan Bagi Koruptor, Dipancung hingga Hukuman Mati

6.Penyakit Gastrointestinal

polusi udara dikaitkan dengan beberapa kondisi gastrointestinal (radang saluran cerna), termasuk inflamasi bowel disease (radang usus), tukak lambung, dan radang usus buntu.Studi kasus paparan polusi kronis di Inggris menemukan, oang yang lebih muda berisiko kena penyakit Crohn jika mereka tinggal di daerah dengan tingkat polutan tinggi.

7. Penyakit Hematologi

Hasil gambar untuk gambar penyakit hematologis

Sejak tahun 1970-an, polusi udara yang mengandung timah dari bensin menyebabkan anemia. Polutan lain yang dilepaskan saat pembakaran bahan bakar juga dapat memicu penyakit hematologi (penyakit darah). Polutan dapat merusak sel-sel darah.

8. Penyakit Ginjal

Hasil gambar untuk gambar penyakit ginjal

Ginjal termasuk organ yang entan terhadap gangguan pembuluh darah besar dan kecil. Tak ayal, efek inflamasi sistemik dari paparan polusi udara bisa menyasar ginjal.Penelitian menunjukkan, menghirup uap asap diesel kian memperburuk gagal ginjal kronis. Hal ini meningkatkan peradangan dan kerusakan DNA. Ada juga hubungan penurunan fungsi ginjal dengan pencemaran polusi PM.84.

9. Penyakit Kulit

Hasil gambar untuk gambar penyakit kulit

Kualitas kulit juga dipengaruhi polusi udara, seperti perubahan tingkat dan komposisi kulit. Beberapa penyakit kulit telah dikaitkan dengan polusi udara.Sebuah penelitian menemukan, polusi udara berhubungan dengan penyakit kulit atopik danurtikaria (eksim atopik) dan sebore (frekuensi ketombe yang lebih rendah) .Urticaria (biduran) juga terkait dengan polusi udara.Biduran dapat terjadi saat seseorang kena paparan lebih buruk selama 2 hingga 3 hari. Sejumlah penelitian menemukan, hubungan positif antara polusi udara dan prevalensi serta peningkatan eksim, terutama pada anak-anak.Paparan polusi udara luar dan dalam ruangan terkait dengan peningkatan penuaan kulit.

Baca Juga  9 Penampakan Bumi pada Masa Lampau, Terlihat Seperti Planet Alien?

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top