Connect with us

9 Penyakit Penyebab Kematian Terbanyak di Indonesia

Gaya Hidup

9 Penyakit Penyebab Kematian Terbanyak di Indonesia

Dunia9.My.Id – Indonesia mencatat kemajuan besar dalam bidang kesehatan sejak 1990, dengan meningkatnya usia harapan hidup jadi delapan tahun lebih lama yakni 71,7 tahun serta menurunnya beban penyakit menular seperti diare dan tuberkulosa (TBC).

Namun, saat ini Indonesia juga menghadapi tantangan meningkatnya berbagai penyakit tidak menular, antara lain penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker, dan Iainnya. Hal ini diperkuat dengan studi terbaru yang dilakukan The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari University of Washington dan peneliti dari Indonesia yang dipimpin dr Nafsiah Mboi, Sp.A.

“Indonesia saat ini menghadapi tantangan ’Beban Ganda Penyakit’. Di satu sisi kita harus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan infeksi penyakit menular seperti TB, diare dan berbagai gangguan kesehatan ibu dan bayi. Pada saat bersamaan, kita juga perlu mencegah dan mengatasi penyakit-penyakit tidak menular, yang pengobatannya membutuhkan biaya yang sangat besar,” ujar perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan periode 2012-2014 ini.

Studi bertajuk, ‘On the road to universal health care in Indonesia, 1990-2016: a systemic analysis for the Global Burden of Disease Study 2016,’ yang dipublikasikan hari ini melalui jurnal The Lancet pun mengurutkan 9 penyakit penyebab kematian yang banyak diidap masyarakat Indonesia pada 2016 lalu.

1. Penyakit Jantung lskemik

Hasil gambar untuk Penyakit Jantung iskemik

Penyakit jantung iskemik adalah kondisi penyempitan pembuluh darah arteri jantung yang disebut pembuluh darah koroner. Sama seperti halnya organ tubuh lain, jantung juga memerlukan zat makanan, serta oksigen supaya dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Pasokan zat makanan dan darah ini harus senantiasa lancar, sebab jantung bekerja keras tanpa henti, pembuluh darah koroner merupakan bagian utama yang memiliki tugas untuk memasok darah ke jantung.

Baca Juga  9 Desain Wastafel Cuci Piring untuk Dapur Idaman

| Baca Juga : 9 Jenis Sayuran Dan Manfaatnya Yang Belum Kalian Ketahui!

2. Stroke

Hasil gambar untuk stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati.

Ketika sebagian area otak mati, bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Stroke adalah keadaan darurat medis karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Penanganan yang cepat dapat meminimalkan kerusakan otak dan kemungkinan munculnya komplikasi.

3. Diabetes

Hasil gambar untuk diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

4. Tuberkulosa (TBC)

Hasil gambar untuk tbc

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosisTBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yangberlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah.

Baca Juga  9 Fakta Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang keluar penderita TBC, ketika berbicara, batuk, atau bersin. Penyakit ini lebih rentan terkena pada seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah, misalnya penderita HIV.

5. Sakit pinggang bawah dan Nyeri Leher

Hasil gambar untuk Sakit pinggang bawah dan Nyeri Leher

Nyeri punggung adalah nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Nyeri punggung umumnya bukan suatu kelainan, namun merupakan gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita.

6. Komplikasi disebabkan kelahiran premature

Hasil gambar untuk Komplikasi disebabkan kelahiran prematur

Kelahiran prematur merupakan kelahiran bayi saat usia tiga minggu atau lebih, sebelum waktu kelahiran normal. World Health Organization menyebutkan bahwa Indonesia berada pada urutan kelima sebagai negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di dunia.

Kelahiran prematur diidentifikasi sebagai penyumbang terbesar angka kematian bayi (AKB). AKB mencapai 25 kematian setiap 1.000 bayi yang lahir (Badan Pusat Statistik, 2016). Hal ini tentu harus menjadi perhatian dari banyak pihak karena AKB menjadi salah satu indikator tingkat kesehatan di sebuah negara.

7. Masalah yang berhubungan dengan panca indra

Hasil gambar untuk panca indra

lat indera merupakan salah satu alat yang terpenting dalam tubuh kita. Manusia memiliki 5 macam indera yakni indera penglihatan (mata), indera pengecap (lidah), indera pembau (hidung), indera pendengar (telinga), dan indera peraba (kulit). Kelima alat indera ini tentu saja bisa mengalami gangguan dan juga penyakit.

Baca Juga  9 Fakta Menarik Mengenai Google, Yang Ga Semua Orang Tahu

8. Cedera dan kecelakaan Lalu lintas

Hasil gambar untuk Cedera dan kecelakaan Lalu lintas

Angka kecelakaan lalu lintas tiap tahun meningkat. Cedera yang ditimbulkan memiliki pola tertentu yang berbeda dengan cedera akibat kekerasan lain. Informasi mengenai pola cedera pada kecelakaan lalu lintas dapat digunakan dalam pengobatan. Studi retrospektif ini mendeskripsi-kan cedera yang ditemukan pada autopsi korban kecelakaan lalu lintas di rumah sakit umum Prof.dr.R.D Kandou di Manado, periode tahun  2004 – 2008. Hasil survei menemukan bahwa 77,7% kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh cedera kepala, dan 22,2 % akibat cedera pada dada. Dari pengamatan penulis tampak dengan jelas kerusakan organ dalam, terutama pada perut tidak dapat diperkirakan hanya dengan pemeriksaan luar mayat. Perlu dipikirkan bersama agar dapat diciptakan kondisi di mana korban meninggal pada kasus kecelakaan lalu lintas maupun untuk kasus yang lain dapat menerima pelayanan autopsi forensik.

9. Penyakit Kulit

Hasil gambar untuk penyakit kulit

Di negara-negara tropis, terutama negara yang masih tergolong negara berkembang, penyakit kulit masih sangat umum ditemukan. Tak terkecuali di Indonesia, ada beberapa penyakit kulit yang masih menghantui masyarakatnya. Faktornya bermacam-macam, mulai dari suhu, lingkungan, atau bahkan dari kebersihan diri sendiri.

Sumber : Liputan6.com, suara.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top