Connect with us

9 Peraturan Aneh Wanita di Korea Utara , Bikin Geleng – Geleng Kepala

Lainnya

9 Peraturan Aneh Wanita di Korea Utara , Bikin Geleng – Geleng Kepala

Jika berbicara tentang Korea Utara, yang terlintas di benak pastilah sistem kepemimpinan yang sangat ketat dari pemimpin gaya rambut unik Kim Jong Un. Apa-apa yang dilanggar bisa berakhir dengan hukuman serius, semua hal biasa di negara negara kita bisa saja dilarang di sana, salah sedikit nyawa bisa menjadi taruhan.

Ya, kehidupan negara Korea Utara memang sangat misterius, kamu mungkin sedikit sekali tau tentang informasi yang ada di balik benteng yang dibangun negara ini. Lalu bagaimanakah dengan potret kehidupan mereka, terlebih para perempuannya? Nah, yang perlu kalian tau adalah, terlahir sebagai perempuan cantik bisa saja menjadi petaka di negara ini. Tak hanya itu saja, berikut fakta lain perjuangan para perempuan Korea Utara.

1. Gaya Rambut

Bila di Korsel, kaum perempuannya bisa mengekspresikan diri sesuka hati , di Korut pemerintah bahkan mengeluarkan 18 model gaya rambut resmi untuk perempuannya. Hal ini untuk melawan pengaruh budaya Barat. Media Korut yang dikendalikan pemerintah tak hentinya memberikan imbauan untuk berambut dan berpakaian yang pantas.

Tak cuma perempuan, laki-laki bahkan hanya dipilihkan 10 model rambut. Namun pendamping Pemimpin Korut Kim Jong Un, Ri Sol-ju malah terlihat modis, melampaui gaya perempuan di negaranya sendiri, memakai dress 2 potong, dan rambut yang degelung modern ke belakang.

2. Terlahir Cantik Adalah Petaka

Siapa yang tak ingin terlahir cantik? Setiap wanita tentunya ingin dianggap menarik oleh orang sekelilingnya. Tapi, saat mengetahui kehidupan kelam gadis Korea Utara, mungkin kamu akan bersyukur dengan kondisimu sekarang. Faktanya, di negara Kim Jong Un ini, setiap wanita yang terlahir berparas cantik (terlebih masih perawan) akan dipilih menjadi anggota Pleasure SquadSquad ini menjadi budak pemuas nafsu para anggota partai Korea Utara.

Anehnya, para budak ini akan merasa profesi tersebut terhormat dan mereka adalah sosok yang beruntung. Mengapa begitu? Tradisi yang sudah turun temurun ini menjamin jika pihak keluarga si gadis mendapat kehidupan yang layak, gaji menjadi Pleasure Squad juga terbilang sangat besar, serta mereka masuk golongan perempuan yang dipilih untuk menjadi pendamping presiden.

Baca Juga  9 Tahapan Saat Cewek Skeptis Mencintai Seseorang, Kira - Kira kamu Termasuk Gak Ya?

3. Perempuan Tetap Wajib Militer

Kalau kamu salah satu penggemar idol Korea, pasti sangat akrab dengan istilah Wamil (Wajib Militer) ini. Nah, di Korea Utara, wajib militer juga berlaku untuk perempuan, durasinya juga berkali lipat lebih lama jika dibanding lelaki di Korea Selatan. Wanita Korut (usia 18-25) menjalani wajib militer selama 7 tahun. Dalam kondisi tersebut mereka kadang mendapat perlakuan tak layak serta kekerasan seksual. Tempat tinggal yang mereka huni juga bau, fasilitas air kotor, kebutuhan mencuci yang serba kurang.

Sebagian dari mereka mengaku setelah berada di ranah tersebut ada yang tak mengalami menstruasi karena mengalami kelelahan, malnutrisi dan stress. Selebihnya, para perempuan itu berusaha membelot dan kabur dengan alasan tidak tahan. Tercatat, anggota pembelot wajib militer perempuan Korea Utara sekitar 70%. Siapa juga yang tahan jika kondisinya seperti di atas ya?

4. Syarat Menjadi Pekerja Yang Terikat Aturan

Di negara lain, pengangguran ada yang mendapatkan tunjangan hidup, tapi jangan tanya kehidupan pekerja perempuan di Korea Utara. Menganggur di Indonesia mungkin lebih baik daripada harus bekerja dengan berbagai syarat yang nyeleneh. Kehidupan para perempuan yang ingin bekerja juga masih diatur pemerintah. Kim Jong Un memberikan beberapa syarat, misalnya untuk perempuan yang mau bekerja sebelum menikah wajib memiliki rambut pendek, merekapun harus siap bekerja dalam waktu yang sangat lama (minimal 8 jam  sehari) dan siap diupah dengan gaji kecil.

Bagi profesi tertentu seperti polwan juga harus cantik, tinggi, belum menikah, dan berusia lebih dari 16 tahun, mereka harus berhenti menjabat saat sudah usia 26 tahun. Sedangkan menjadi seorang guru haruslah memiliki kemampuan memainkan alat musik akordeon. Beda jauh sama Indonesia bukan?

Baca Juga  Cocok Bagi Kalian Penggemar Makanan Pedas! 9 Makanan Terpedas Di Dunia

5. Perempuan yang melarikan diri

Melarikan diri dari negaranya bukan hal yang aneh di Korea Utara, tak terkecuali para perempuannya. Mereka yang ingin melepaskan diri dari jeratan peraturan Kim Jong Un akan mencari kebebasan di luar dengan pergi sejauh mungkin. Seorang perempuan bernama Mitsuko (setelah tinggal di Jepang) mengakui jika ia melarikan diri dari Korea Utara karena tak tahan dengan kehidupan di sana.

Karena ha tersebut, keluarganya-lah yang harus menanggung beban perbuatan itu. Adik iparnya ditangkap, disiksa, lalu dibunuh di penjara. Sedangkan keluarga lain harus rela kehilangan pekerjaannya sebagai pegawai di sebuah rumah sakit. Bayang-bayang kekejaman pemerintah Korea Utara masih terus menghantui walaupun dirinya sudah bertahun-tahun tinggal di Jepang.

6. Berkiprah di Berbagai Bidang

Sejak terbelah menjadi dua, bapak pendiri bangsa Kim Il Sung menghapuskan sistem patriarki sosial dengan membuat hukum persamaan gender, perburuhan dan nasionalisasi industri strategis. Padahal, seperti halnya kebanyakan negara Asia, kultur Korea adalah patriarki.

Ada 4 kategori penting perempuan di Korut,  menurut Gianlucca Spezza dalam situs nknews.org pada 30 Januari 2013 :

  • Perempuan sebagai simbol untuk propaganda.
  • Kaum revolusioner yang digambarkan sebagai pahlawan buruh.
  • Perempuan kuat secara politik, yang biasanya memiliki hubungan dengan rezim berkuasa.
  • Perempuan tak dikenal yang menuai tenar di internet.

7. Sebagai Tulang Punggung Keluarga

Radio berita NPR pada Desember 2012 lalu melaporkan seorang perempuan yang harus menjadi tulang punggung keluarga karena suaminya dipaksa perusahaan negara untuk kerja paksa tanpa bayaran. Saat perusahaan negara itu tak ada pekerjaan, suami perempuan itu diharuskan membayar perusahaan negara itu 20 kali dari gaji bulanannya kendati mereka kelaparan.

Baca Juga  9 Kepulauan Yang Paling Berbahaya Di Dunia. Nomor 4 Dan 8 Paling Ngeri!

Nah, para istrilah yang harus bekerja supaya keluarga bisa hidup. Hidup jadi susah untuk para perempuan. Mulai dari menjahit baju, berdagang barang dari Cina untuk dijual kembali.

8.  Dilarang Naik Sepeda

Ini kebijakan konyol terbaru dari Kim Jong Un. Padahal, peraturan dilarang naik sepeda ini baru dicabut Jong Un beberapa bulan yang lalu. Ayah Jong Un, Kim Jong Il melarang perempuan bersepeda pada tahun 1990-an karena putri salah satu pejabat tingginya meninggal dalam kecelakaan sepeda di Pyongyang. Bila ada yang melanggar, maka dendanya tidak lebih dari 5 ribu won.

Aturan ini tentu memperberat perempuan di Korut, karena warga tak diizinkan memiliki mobil, sepeda motor atau ada kendaraan umum lain yang tersedia. Warga hanya boleh memiliki sepeda untuk melakukan segala aktivitasnya. Demikian dilansir dari Daily NK, Januari 2013 lalu.

Korut tak cuma melarang perempuan mengendarai sepeda tapi juga membonceng dan menempatkan bawaan di belakang sepeda. Dengan dilarangnya penggunaan sepeda ini, perempuan harus berjalan ke mana-mana untuk memenuhi semua kebutuhannya. Duh, sengsaranya!

9. Hanya Bisa Menonton 3 Channel Televisi

Kalau kalian bisa menikmati ratusan channel di televisi dengan program yang variatif tapi masih tetap mengeluh karena acaranya membosankan, sepertinya kamu harus melihat apa yang dirasakan warga Korea Utara.

Kalau di Indonesia kamu bisa menikmati berbagai program di channel televisi bahkan bisa mengakses berbagai platform nonton digital. Warga Korea Utara hanya bisa menonton 3 channel televisi karena tidak punya pilihan lain. Parahnya, semua channel televisi tersebut dikontrol oleh pemerintah.

Sumber : www.anehdiduina.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top