Connect with us

9 Perpustakaan Dengan Desain Terindah Di Dunia. Pasti Bikin Kalian Yang Gemar Baca Betah Disini!

Lainnya

9 Perpustakaan Dengan Desain Terindah Di Dunia. Pasti Bikin Kalian Yang Gemar Baca Betah Disini!

9 Perpustakaan Dengan Desain Terindah Di Dunia. Pasti Bikin Kalian Yang Gemar Baca Betah Disini!

Temen – temen, adakah salah satu dari kalian yang belum pernah menngunjungi perpustakaan? Pastinya sebagian besar dari kalian sudah pernah ke perpustakaan. Paling tidak, kalian sudah pernah berkunjung ke perpustakaan sekolah kalian masing – masing. Nah temen – temen, perpustakaan ada banyak sekali di dunia ini, kalian dapat menemukannya dimana – mana. Tapi, taukah kalian? ada beberapa perpustakaan yang sangat spesial nih yang tidak akan kalian temukan di segala tempat. Penasaran perpustakaan apa saja? Ini dia 9 perpustakaan dengan desain terindah di dunia menurut Dunia9.My.Id.

1. Perpustakaan Vennesla – Norwegia

Di nomor pertama datang dari Norwegia nih. Perpustakaan ini berada di Kota Vennesla. Mungkin terdengar sedikit lebay, tapi ketika kita melihat interiornya, kita seakan-akan berada di masa depan. Perpustakaan 2 lantai ini didesain oleh Helen and Hard Architecs. Material utama bangunan ini adalah kayu, dan bentuk rak bukunya terbilang unik, menyerupai bentuk kursi. Berkat desainnya yang unik+futuristik ini, perpustakaan Vennesla sering mendapat penghargaan.

2. Perpustakaan Soeman Hasibuan – Indonesia

Kalau yang satu ini terletak di negara tercinta kita ini. Tepatnya, Perpustakaan ini terletak di Pekanbaru. Perpustakaan ini diberi nama Soeman HS dan merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru.

Bentuk bangunannya memang unik, sekeliling dinding interior bangunan ini menggunakan kaca-kaca lebar, sehingga para pengunjung yang datang dapat membaca sekaligus menikmati pemandangan kota Pekanbaru yang indah.

Perpustakaan ini memiliki 6 lantai. Selain digunakan untuk membaca buku, gedung perpustakaan ini juga dijadikan tempat penyimpanan arsip kuno dan juga sebagai ruang publik bagi masyarakat. Karena perpustakaan ini memiliki ruang serbaguna atau auditorium untuk penyelenggaraan pameran, bedah buku, presentasi, hingga kumpul komunitas.

Baca Juga  9 Kecelakaan Paling Mahal Sepanjang Masa. Ada Yang Sampai Ratusan Miliyar Dolar!

Perpustakaan ini memang merupakan salah satu perpustakaan terkeren dan terindah di Indonesia, bahkan dunia. Maka tak heran, perpustakaan ini mendapat predikat sebagai perpustakaan terbaik se-ASEAN pada 2015 lalu.

Jika kalian ingin berkunjung alamat lengkap perpustakaan ini berada di Jl. Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru, Riau.

3. Perpustakaan Yangzhou Zhongshuge – Tiongkok

Perpustakaan ini terletak di kota Yangzhou, Provinsi Jiangsu, RRT. Didesain oleh arsitek XL-Muse, perpustakaan ini menyajikan konsep aliran sungai. Ketika kita masuk ke dalam perpustakaan ini, kita seolah-olah sedang berada di dalam sungai yang dikelilingi oleh buku. Ditambah lagi bayangan buku dan raknya yang dipantulkan oleh lantai yang membuat kesan seperti terowongan yang dikelilingi buku.

4. Perpustakaan Biara Strahov – Republik Ceko

Perpusatakan Biara The Strahov yang berlokasi di Kota Praha, Republik Ceko ini ditemukan pada tahun 1143. Ditengah peperangan, kebakaran, dan bencana lainnya, perpustakan ini tetap bertahan dan kembali pugar pada tahun 1679. Perpustakaan ini dikenal dengan lukisan di langit-langit bangunan yang luar biasa. Lukisan-lukisan tersebut menceritakan tentang kisah-kisah dalam Alkitab. Uniknya, rak dalam perpusakaan ini menggunakan sistem “roda kompilasi” yang dapat diputar untuk membantu Anda menemukan buku yang diinginkan.

Baca Juga : 9 Keluarga Paling Unik Di Dunia

5. Perpustakaan Publik Bin Hai – China

Perpustakaan senlanjutnya datang dari negara Tirai Bambu, China. Perpustakaan Publik Bin Hai terletak di Distrik Budaya Binhai di Tianjin. Perpustakaan lima lantai ini merupakan hasil kerjasama arsitek Belanda MVRDV dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI).

Perpustakaan unik yang memiliki luas 34.000 meter ini hanya membutuhkan waktu pembangunan selama 3 tahun. Sungguh luar biasa bukan? Desain dan bentuk gedung perpustakaan ini menyerupai bola mata manusia. Sehingga tak heran julukan “The Eye on Binhai” melekat pada perpustakaan ini.

Baca Juga  9 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan Saat Puasa

Interior luar dan dalam gedungnya didominasi warna putih sehingga gedung ini terlihat bersih, minimalis, dan modern.

Selain Area baca Binhai Public Library juga terdapat area lounge di bagian tengah, dan juga kantor, ruang rapat, serta ruang komputer/audio di lantai atas. Perpustakaan ini sangat luas hingga dapat menampung lebih dari 1,2 juta koleksi buku.

6. Perpustakaan Umum DOKK1 – Denmark

Perpustakaan Dokk1 didesain oleh Schmidt Hammer Lassen dan berlokasi di Kota Aarhus, Denmark. Arsitektur bangunannya berbentuk piringan heptagonal atau segi tujuh. Bagian dalam bangunannya bisa dibilang lebih banyak ruang terbuka untuk santai dan jalan-jalan sambil menikmati sungai Aarhus. Di luarnya juga ada playground untuk anak-anak. Bangunan ini terdiri dari 4 lantai, dan memiliki beberapa fasilitias seperti ruang baca, ruang diskusi, ruang pameran, lounges, kafe dan area anak-anak. Bangunan ini juga mempunyai 2 aula untuk konser kecil, theater, dan kuliah umum.

7. Perpustakan Umum Stockholm – Swedia

Perpustakaan umum di Kota Stockholm ini dirancang oleh arsitektur Swedia, Gunnar Asplund. Gunnar dikenal akan karya arsitekturnya di Skandia Cinema dan UNESCO World Heritage. Perpustakan luar biasa ini menyimpan ratusan ribu bahkan jutaan buku dan literatur yang siap memanjakan rasa ingin tahu Anda akan ilmu pengetahuan. Dengan bangunan bergaya Scandinavia, langit-langit perpustakaan ini dibentuk seperti awan.

8. Perpustakaan Publik New York – Amerika Serikat

Selanjutnya, yaitu perpustakaan yang berada di Amerika, tepatnya di New York. Perpustakaan ini merupakan salah satu bangunan ikonik milik Kota New York yang dibangun di atas lokasi waduk tua Croton.

Baca Juga  9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titan beserta Masing-Masing Kemampuannya

Selain arsitekturnya yang menawan, perpustakaan ini juga dikenal karena asal-usulnya sebagai perpustakaan publik pertama di kota New York yang dibuka pada tahun 1911.

Bangunan ini memiliki sepasang patung singa di depan pintu masuk yang menjadi ciri khas perpustakaan tersebut. Baik patung singa dan juga seluruh bangunan dibangun dengan menggunakan 530.000 meter kubik marmer, sehingga perpustakaan ini sangat kokoh dan kuat.

Perpustakaan ini berisi lebih dari 15 juta buku, manuskrip dari 1.200 bahasa dan dialek, serta lebih dari 350 karya katalog oleh George Sand dan salinan paling awal dari karya Nican Mopohua.

Karena keindahannya, New York Public Library ini sering digunakan sebagai lokasi syuting tayangan TV terkenal. Salah satu contohnya adalah serial TV, Gossip Girl.

9. Perpustakaan Umum Lawrence – Amerika Serikat

Selain perpustakaan Publik New York, Amerika Serikat juga memiliki perpustakaan yang juga tak kalah indahnya yaitu, Perpustakaan Umum Lawrence. Perpustakaan ini dibangun pada 1972, namun kemudian direnovasi dengan arsiteknya Gould Evans. Dengan sentuhan modern dan futuristik perpustakaan ini berubah menjadi salah satu perpustakaan terkeren dan terindah. Perpustakaan didesain untuk menggunakan cahaya langsung lebih banyak dibandingkan cahaya lampu dan juga didominasi dengan warna putih. Fasilitasnya disini lengkap mulai dari ruang baca, ruang komputer, studio band, ruang baca untuk anak-anak, kafe, dan lain-lain.

Sumber :

– https://www.kaskus.co.id/thread/587c6813dcd770be278b456d/10-perpustakaan-terunik-dan-terindah-di-dunia/

– https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2414623/5-wisata-perpustakaan-terbaik-di-dunia

– https://www.gramedia.com/blog/perpustakaan-terkeren-di-dunia/#gref

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top