Connect with us

9 Profesi yang Akan Digantikan Robot

Lainnya

9 Profesi yang Akan Digantikan Robot

Tahun 2013 ini, sebanyak 1,2 juta robot pintar rencananya akan diluncurkan.
Mereka digadang-gadangkan ada untuk menggantikan posisi profesi yang ada dibawah ini. Satu robot memiliki kemampuan kerja sebanyak 5.000 orang. Ini dia sembilan profesi yang disebut-sebut digantikan robot:

1.Apoteker

University of California San Fransisco (UCSF) Medical Center baru-baru ini membuka gerai apotek yang mana pelayannya adalah sang robot. Si pembeli hanya perlu memberikan resep, lalu robot pun akan dengan cekatan memilih, mengepak, dan mengeluarkan pil racikan sesuai dosis.

2.Pengacara dan Paralegal

Tidak perlu lagi membayar mahal untuk mengkaji dokumen hukum. Menurut The New York Times, sebuah perusahaan yang bernama Blackstone Discovery di California berhasil menciptakan software yang mampu menganalisis 1,5 juta dokumen dengan biaya dibawah USD 100.000.

3.Sopir

Belum lama ini Google memamerkan mobil otomatis yang dapat meluncur 1.000 mil tanpa tangan manusia.

4.Astronot

Robonaut, robot NASA berteknologi android ini memiliki sensor dan tangan berjari lima yang terampil dalam melakukan pekerjaan di luar angkasa. Bukan hanya bisa membersihkan kapal ulang-alik, nantinya Robonaut akan mampu melakukan perbaikan atau penelitian di galaksi.

Baca Juga  9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

Baca Juga :

5.Admin dan Teller

Mesin ATM sebenarnya adalah robot yang berfungsi mengurangi pengadaan tenaga Teller bank. Kedepannya, akan ada robot-robot yang siap melayani nasabah 24 jam sehari, bukan cuma dalam perbankan tapi juga dalam industri retail seperti swalayan

Baca Juga : 9 Negara Pemilik Senjata Nuklir, Siapa Terbanyak?

6.Tentaraca

Kedepannya, pasukan tentara akan tergantikan oleh robot. Salah satu contohnya adalah MAARS (Modular Advanced Armed Robotic System) yang diciptakan oleh Foster Miller. Robot ini sudah digunakan di Irak dan dilengkapi sistem GPS. Kemampuannya yakni membedakan zona tempur dan zona sipil, membuka gerbang, atau jadi penolong tentara yang terluka.

7.Babysitter

Aeon Co., sebuah supermarket Jepang mengenalkan sebuah robot berwarna kuning dan putih setinggi empat kaki di toko mereka. Tugas robot ini adalah menjadi pengasuh anak-anak. Robot Babysitter ini berbentuk lucu, salah satunya seperti sosok Hello Kitty. Kemampuannya adalah bercerita, memberi kuis, dan melacak anak-anak.

8.Penyelamat

Robot ini berfungsi dalam pencarian korban di daerah-daerah yang tidak terjangkau. Idenya berasal dari para ilmuwan Jepang di Universitas Tohoku, Sendai. Robot ini berwujud ular, berkamera, dan mampu masuk ke ruang-ruang sempit seperti mencari korban dalam reruntuhan bangunan

Baca Juga  Inilah 9 Gedung Tertinggi Didunia

9.Reporter

Northwestern University meluncurkan software bernama Narrative Science dan bakal jadi ancaman bagi para wartawan. Sebuah perusahaan media, Big Ten Network telah mencobanya. Katanya, dengan pakai software ini, perusahaan mereka tidak perlu mengirimkan wartawan ke lapangan sehingga sangat efektif untuk menekan biaya operasional. Cukup memasukan data ke dalam Narrative Science, maka software ini akan memuntahkan artikel keren hanya dalam hitungan menit.

 

sumber: beritasatu.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top