Connect with us

9 Rekomendasi Game Simulasi Yang Akan Menemani Hari Kalian

Games

9 Rekomendasi Game Simulasi Yang Akan Menemani Hari Kalian

9 Rekomendasi Game Simulasi Yang Akan Menemani Hari Kalian

Simulation Video Game atau sering disebut dengan Game Simulasi merupakan genre game yang sangat diminati dan banyak dimainkan. Didalam game simulasi, kita dapat membuat karakter yang nantinya akan kita mainkan, memiliki keturunan, bekerja, mengendalikan sesuatu, dan membangun rumah maupun kota.

Berbeda dari genre seperti RPG, FPS, dan genre-genre lainnya yang lebih mengedepankan skill atau melakukan sistem Pay To Win yang kadang-kadang dapat membuat playernya menjadi kesal, game simulasi lebih ditujukan untuk kalian para gamers yang ingin bersantai dan ingin melepaskan stress.

untuk kalian yang penasaran, berikut adalah 9 Rekomendasi Game Simulasi Yang Akan Menemani Hari Kalian.

1. The Sims Series

The Sims Series, di release pertama pada 4 September 2000 dengan nama The Sims. Dibuat oleh Will Wright, seorang game designer yang di pulikasikan oleh Maxis dan didistribusikan oleh Electronic Arts dan berhasil menjual sebanyak 16 juta copy.

Berfokus pada karakter virtual bernama Sims, tugas player adalah mengatur setiap karakter dalam keluarga yang player mainkan. Player dapat menyuruh Sims makan, mandi, berkebun, berbincang dan banyak lainnya, karena memang pada dasarnya game ini disebut Digital Dollhouse atau Rumah Boneka Digital oleh Will sendiri.

Selain aktifitas sehari-hari, player dapat membuat karakter dengan sifat masing-masing yang nantinya dapat dimainkan dan beraktifitas. Fitur seru lainnya adalah player dapat membangun rumah, bekerja, berpacaran bahkan menikah di dalam dunia The Sims dan dapat mempunyai anak dalam series The Sims 3 dan 4

2. Harvest Moon Series

Game Simulasi pertanian yang pastinya sudah sangat dikenal, Harvest Moon atau dalam Bahasa jepang Bokujou Monogatari adalah game bertema simulasi pertanian dimana player memiliki tujuan umum untuk mengembangkan pertanian yang diwariskan dengan cara menanam tanaman, memelihara hewan ternak dan bersosialisasi dengan warga desa. Kenapa tujuan umum, karena jalan cerita dari setiap series Harvest Moon berbeda-beda.

Untuk Harvest Moon Back To Nature di PlayStation 1 player memiliki tugas untuk mengembalikan pertanian yang diwariskan menjadi seperti zaman dahulu dalam kurun waktu 3 tahun dan jika tidak berhasil player akan dikeluarkan dari desa.

Baca Juga  Gak Kalah Saing , Inilah 9 Games Karya Anak Bangsa

Banyak lagi cerita dalam series Harvest Moon yang dapat player nikmati, satu hal lagi yang membuat Harvest Moon menarik adalah hampir di setiap series player dapat menikahi gadis-gadis yang ada di desa tersebut dengan catatan gadis itu sudah mencapai relationship tertentu dengan player.

Harvest Moon dapat dimainkan di PS dan Nintendo (Android dan PC jika memakai Emulator kecuali series Harvest Moon Light Of Hope dan Seed Of Memories dapat langsung dimainkan tanpa Emulator)

Baca juga : 9 Game PlayStation 2 Yang Membuat Kita Bernostalgia

3. Stardew Valley

Game selanjutnya adalah Stardew Valley, game yang dikembangkan secara perseorangan oleh Eric Barone dengan nama alias ConcernedApe dan dipublikasikan oleh Chucklefish Games. Memiliki mekanisme game yang hampir mirip dengan Harvest Moon. Menceritakan seorang pekerja yang sudah muak dengan pekerjaannya kemudian membuka surat pemberian kakeknya dimana dalam surat tersebut berisi warisan pertanian di desa jauh bernama Stardew Valley.

Player harus cekatan untuk mengelola waktu, energi, sumber daya, dan uang karakternya untuk membersihkan ladang, menanam dan merawat tanaman, mengurus hewan ternak, membuat perabotan, menambang batuan mineral, serta terlibat dalam kegiatan sosial dengan warga Stardew Valley, termasuk menikah. Permainan ini tidak berujung sehingga player bebas melakukan apa pun sesuai keinginan selama yang player mau.

Perbedaan Stardew Valley dan Harvest Moon ada pada dungeon, Stardew Valley memiliki mekanisme permainan yang unik dimana selain player dapat mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan pertanian, player juga dapat bertarung dengan monster di dungeon (Tambang Bawah Tanah)

4. Rune Factory Series

Rune factory adalah permainan yang dirilis di nintendo yang menggabungkan 2 elemen yaitu simulasi dan role playing Game atau RPG, walaupun dirilis hanya untuk Nintendo gamers PC juga dapat memainkannya dengan bantuan emulator.  Game yang satu ini sangat mirip dengan permainan Harvest Moon. Produser Harvest Moon, Yoshifumi Hashimoto, menggambarkan permainan ini  sebagai “Game Harvest Moon di mana Anda bisa bertempur menggunakan pedang”

Di dalam Game ini player dapat menanam tanaman, buah – buahan, menambang emas dan mengumpulkan makanan. Anda juga bisa mengalahkan monster dan menangkapnya, kemudian player bisa menyimpannya di kandang di ruang bawah tanah. Jika anda bisa melakukan hal tersebut monster itu bisa di jinakkan dan dapat membantu dalam pertempuran, menghasilkan barang tertentu dan membantu bercocok tanam.

Baca Juga  9 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik

Ada sistem yang disebut “Stamina” ditunjukkan oleh Rune Point, yang perlahan akan berkurang saat Anda melakukan berbagai tugas yang berbeda. Rune Point dapat diisi ulang dengan menggunakan rune.  Permainan ini memiliki alur cerita linier. Player bisa berinteraksi dengan warga lainnya, kadang-kadang berbicara dengan mereka atau melakukan misi tertentu untuk mereka. Dalam beberapa seri Rune Factory player bahkan harus menikah untuk menamatkan game.

5. SimCity Series

SimCity, Game keluaran Maxis yang bertema simulasi membangun kota pertama di release tahun 1989 dengan nama SimCity Classic dan kini sudah memiliki banyak series diantanyanya SimCity 2000, SimCity 3000, SimCity 4 dan yang paling terbaru adalah SimCity Societies pada 2007 dan SimCity : Buildit untuk android dan IOS.

Dari namanya kita tahu tujuan Utama dari game ini adalah membangun kota untuk para Sims tinggali, namun seiring kota player berkembang, para player juga harus ber urusan dengan kemacetan lalulintas, listrik, air, dan bahkan Bencana Alam.

6. Cities: Skylines

Cities : Skyline, game buatan Colossal Order dan di Publikasikan oleh Paradox Interactive memiliki gameplay yang hampir sama dengan SimCity, namun grafis yang dihadirkan di game ini terlihat lebih detail dan tajam daripada SimCity.

7. Euro Truck Simulator 2

Game yang dikembangkan oleh SCS Software ini pernah menjadi game simulasi bus terbaik pada tahun 2018 dan menurut catatan pada bulan November 2018 game ini sudah terjual sebanyak 5 juta copy. Di dalam game ini player akan menjadi supir truk yang mengantarkan barang ke negara-negara di Eropa yang sangat luas dengan pemandangan yang lumayan, game ini juga bisa dimainkan secara online dengan teman-teman jadi player bias melakukan konvoi truk.

Baca Juga  9 Games MMORPG Yang Layak Untuk Dicoba

Game ini rilis tahun 2012 walau sudah lama tapi game ini masih sangat layak dimainkan sekarang karena developer nya terus melakukan update dan mendapat banyak fitur baru yang sangat menarik.

8. Microsoft Flight Simulator X

Game yang dibuat oleh Microsoft Game Studios ini dapat dikatakan sebuah game yang cukup Realistic di dalam game ini player akan menjadi seorang pilot dan bisa mencoba banyak pesawat dengan berbagai varian. Varian pesawat akan memiliki layout dashboard yang berbeda-beda dengan berbagai tombol dan tuas yang harus player pahami terlebih dahulu.

Player dapat memilih berbagai rute penerbangan dengan pilihan hingga 24.000 bandara di seluruh dunia, selain menjadi pilot player juga bisa menjadi petugas ATC yang memandu para pilot pesawat untuk mendarat atau lepas landas. Game ini juga memiliki mode Multiplayer untuk dapat dimaikan Bersama-sama.

9. Goat Simulator

Bagaimana rasanya jika kita menjadi seekor kambing ? Pertanyaan yang aneh, namun game ini dapat menjawabnya, Goat Simulator merupakan game simulasi yang cukup unik, berbeda dari seluruh list di atas. dalam game ini player dapat menjadi kambing yang akan membuat rusuh seisi kota.

Player dapat berlari, menempelkan lidah ke benda, mobil ataupun manusia kemudian menariknya berkeliling kota dan menyeruduk segala hal. Game ini tidak memiliki jalan cerita tertentu selain berlari-lari sebagai seekor kambing dan melakukan hal-hal konyol.

Sumber :
https://www.vazgaming.com/game-simulasi-terbaik/

https://www.palopotech.com/2017/07/game-simulasi-kehidupan-di-pc-2017.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Games

To Top