Connect with us

9 Rekomendasi Kopi yang Paling Enak di Indonesia

Gaya Hidup

9 Rekomendasi Kopi yang Paling Enak di Indonesia

Dunia9.My.Id – Biji kopi, ciri khas rasa, dan tingkat keasaman yang unik di berbagai daerahnya membuat sebagian dari Anda mungkin bingung memilih kopi terbaik di Indonesia yang mana dahulu yang perlu Anda coba. Sebenarnya kopi arabika merupakan jenis kopi jagoan Dunia9.My.Id dalam hal kopi yang paling enak di Indonesia. Di mana 5 jenis kopi arabika yang berbeda dari masing-masing daerah memiliki nilai jual yang otentik. Selain itu masih ada kopi luwak yang berhasil dikenal hingga ke negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris yang menurut Dunia9.My.Id harus Anda coba.

| Kopi Jawa

Kopi terbaik di Indonesia pertama yang dapat Dunia9.My.Id rekomendasikan adalah kopi Jawa (atau Java Coffee). Kopi yang asal pulaunya sesuai dengan namanya ini, biasanya diproses secara basah atau wet process, serta memiliki rasa tipis dan keasaman yang menjadi ciri khasnya. Hal ini membuat Kopi Jawa lebih baik dibandingkan kopi asal negara-negara Amerika Latin atau Afrika.

Adapun jenis Kopi Jawa yang umum adalah kopi arabika dan robusta, dengan masing-masing waktu proses simpan bijinya yang berbeda-beda. Proses simpan untuk biji kopi Jawa arabika mencapai 8 tahun, sementara jenis robustanya hanya memerlukan waktu 5 tahun. Terlepas dari jenis biji kopinya, biji Kopi Jawa lebih baik dimasak menggunakan kayu bakar dan disangrai dalam wadah.

| Kopi Toraja

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai rasa kopi yang terlalu asam atau pahit, kopi multi dimensional yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Tenggara ini dapat menjadi pilihan Anda. Status Toraja sebagai penghasil Kopi Arabika terbaik semakin kuat dengan adanya rasa karamel, kecoklatan, dan tembakau yang melekat pada salah satu kopi terbaik di Indonesia ini. Body yang medium dan kemudahannya saat diseduh membuat Dunia9.My.Id memasukkan kopi Toraja sebagai salah satu kopi yang paling enak, bahkan meski Anda tidak menambahkan gula di dalamnya.

Baca Juga : 9 Tanaman Obat yg Ada Disekitar Rumah Anda

| Kopi Sidikalang

Kombinasi lokasi penanamannya di dataran tinggi dan hawa dingin di sekitar tanah Bukit Barisan membuat kopi Sindikalang, kopi khas daerah kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini, masuk ke dalam salah satu rekomendasi Dunia9.My.Id untuk jenis kopi terbaik di Indonesia. Cita rasanya yang luar biasa berat berpadu serasi dengan kekayaannya akan mineral daerah sekitar pegunungan, membuat kopi yang pemrosesannya secara dry-processed dan semi-washed ini layak dicoba untuk Anda para pecinta kopi “kelas berat”. Tidak tanggung-tanggung, Kopi Sindikalang pun terkenal hingga ke luar negeri, bahkan disejajarkan dengan Kopi Brazil dalam hal kenikmatannya.

Baca Juga  9 Mata Uang Teraneh Yang Pernah Dibuat

| Kopi Lintong Sumatera

Satu lagi kopi asal Sumatera yang Dunia9.My.Id rekomendasikan adalah kopi Lintong, yang dinamakan sesuai dengan Lintong Nihuta, kecamatan “tempat kelahiran”-nya. Dibandingkan kopi asal Indonesia lainnya, kopi Lintong lebih segar dengan adanya aroma atau notes rempah-rempah dan rasa manis-pedas yang ditimbulkan. Tidak heran, kopi yang wilayah tumbuhnya di sekitar kabupaten Humbang Hasundutan, kecamatan Dolok Sanggul, dan sekitar Danau Toba ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling enak dan populer hingga ke luar negeri.

| Kopi Lanang

Kopi lanang memiliki biji kopi tunggal berbentuk bulat utuh yang membuatnya unik dan berbeda dibandingkan kopi-kopi pada umumnya. Adapun biji kopi yang juga disebut peaberry ini hanya muncul 5-10% dalam sekali panen kopi. Menurut Balittri Litbang Kementerian Pertanian, biji kopi yang bahasa Indonesianya disebut biji kopi lanang ini adalah hasil dari umur pohon yang di atas 10 tahun dan mengalami perubahan dalam penyerbukan alamiahnya.

Langkanya produksi biji kopi lanang berimbas pada hasil akhir kopi lanang, di mana dalam secangkir Kopi Arabika maupun Robusta hanya terdapat porsi biji Kopi Lanang yang sedikit. Cara membuat kopi yang satu ini pun cukup rumit, sehingga membuat harganya setara, atau bahkan jauh melebihi kopi luwak. Tambahannya, Kopi Lanang juga memiliki khasiat yang kuat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina pria, sehingga membuat kopi yang paling enak di Indonesia ini sebanding dengan harganya.

| Kopi Kintamani

Untuk Anda para pecinta kopi bercita rasa lembut, Kopi Kintamani yang tumbuh di dataran tinggi Kintamani, Bali, pada ketinggian di atas 900 mdpl ini harus Anda coba. Sebagaimana disinggung pada poin sebelumnya, Kopi Kintamani terkenal dengan cita rasa dan aroma buah jeruk citrus-nya. Body yang medium, buahnya yang tumbuh lebat, dan bebas hama penyakit, membuat kopi yang dibuat dengan sistem subak yang unik ini cocok mengakomodasi Anda yang tidak suka rasa pahit maupun sepat atau astringent.

Baca Juga  9 Sepatu Nike Tercepat Penghasil Ribuan Gol, Nomor 9 Bikin Refleks seperti Kucing!

Teknik pembuatannya pun tidak sembarangan, karena sebelum diolah, kopi ini melewati proses fermentasi antara 12 hingga 36 jam dan dijemur secara alami. Bersamaan dengan pupuk organik untuk tanaman buah jeruk sebagai bahan dasar kopi ini, prosedur atau cara membuat kopi paling enak yang dikembangkan para petani asal Kintamani ini membuahkan hasil yang manis bagi produk Kopi Kintamani. Hasil tersebut adalah menjadi salah satu dari 3 jenis kopi di Indonesia yang mendapat sertifikat HAKI dengan Indikasi Geografis dan mendapatkan sertifikasi tambahan dari CIRAD.

| Kopi Luwak

Kopi Luwak sebagai salah satu kopi yang paling enak menurut rekomendasi Dunia9.My.Id pada artikel kali ini merupakan kopi dengan asal muasal yang unik, yakni dari kotoran hewan luwak yang mengandungi fermentasi alami dari perut luwak. Berlawanan dengan asal muasalnya yang terdengar “geli”, kopi luwak memiliki perpaduan rasa lembut, pahit, dan asam serta aroma harum yang tidak dapat ditemukan pada kopi terbaik di Indonesia lainnya. Tidak heran, Kopi Luwak menjadi kopi yang terkenal hingga ke kedai-kedai kopi di Amerika Serikat sekaligus kopi yang biji kopinya berharga termahal di dunia menurut Guinness Book of Records.

| Kopi Arabika Bajawa

Jenis kopi yang paling enak selanjutnya yang Kami hendak rekomendasikan adalah Kopi Arabika Bajawa atau yang disebut juga dengan Arabika Flores Bajawa (AFB). Kopi AFB ini merupakan sumber pendapatan utama bagi para orang Bajawa atau masyarakat yang mendiami daerah dataran tinggi kabupaten Ngadha, Flores, Nusa Tenggara Timur. Selain itu kebanyakan masyarakat Bajawa yang memfavoritkan Kopi Arabika Bajawa ini, membuatnya layak masuk salah satu jenis kopi yang paling enak dan difavoritkan masyarakat.

Baca Juga  9 Deretan Tas Termahal di Dunia. Harganya Ngeri Abis, Ada Rp 39 Milyar!

Adanya bau bunga yang terdapat pada kopi bercita rasa kuat dan ber-body sedang hingga kental ini membuat Kopi Arabika Bajawa masuk dalam kategori specialty coffee. Jangan lupa, rasa madu yang khas dan beraroma kuat juga turut menambah rasa untuk kopi yang diproduksi di bawah pohon penaung tanpa pestisida ini. Tambahannya, kelezatan dan kenikmatan Kopi Arabika Bajawa yang diyakini masyarakat setempat tidak dapat disaingi ini juga terbukti lewat penghargaan juara rasa kopi Indonesia pada kontes yang diadakan oleh Association of Indonesian Coffee Exporters And Industries (AICE) pada tahun 2009 silam. Sehingga membuat kopi hasil petani Ngadha ini masuk kategori kopi yang paling enak di Indonesia.

| Kopi Wamena

Dalam poin rekomendasi Dunia9.My.Id tentang kopi yang paling enak di Indonesia, ada kopi Wamena yang tumbuh di salah satu daerah paling sulit di pegunungan Kabupaten Wamena, Provinsi Papua. Bayangkan saja, ketinggian penanamannya mencapai minimal 2.000 mdpl bila dibandingkan dengan tanaman kopi pada umumnya yang hanya memerlukan minimal 1.200 mdpl. Tidak heran terkadang perlu helikopter dan menaiki gunung secara sekaligus.

Upaya dan proses tersebut sesuai dengan rasa yang didapatkan, yakni rasa kopi yang berkadar asam rendah dan tidak terlalu banyak mengandungi ampas. Rasa yang balance ini membuat Kopi Wamena memiliki rating keseluruhan yang lebih baik dibandingkan kopi terbaik di Indonesia pada umumnya. Proses produksi yang organik dan tradisional tanpa mengompromikan kualitas juga membuat kopi yang paling enak ini sepadan dengan harganya dan cocok untuk Anda yang ingin menikmati waktu santai sendirian.

Sumber : BP- Guide

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top