Connect with us

9 Rempah – Rempah Indonesia Yang Paling Dicari – Cari Oleh Bangsa Eropa

Lainnya

9 Rempah – Rempah Indonesia Yang Paling Dicari – Cari Oleh Bangsa Eropa

9 Rempah – Rempah Indonesia Yang Paling Dicari – Cari Oleh Bangsa Eropa

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI atau yang biasa kita sebut Negara Indonesia ini sangat – sangat berlimpah dengan kekayaan alam. Maka, tak heran jika di zaman yang terdahulu banyak negara – negara seperti Belanda, Spanyol, Portugis yang jauh – jauh datang ke Indonesia dan ingin menguasai Indonesia hanya karena kekayaan alamnya yang sangat berlimpah, terutama rempah – rempah. Nah temen – temen, apakah kalian tau apa itu rempah – rempah? Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Nah kalau kalian sudah tau pengertian rempah – rempah, sekarang kami akan memberitahukan 9 rempah – rempah Indonesia yang paling dicari – cari oleh bangsa Eropa menurut Dunia9.My.Id.

1. Cengkeh

Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) merupakan tanaman herba tahunan Asli Indonesia. Tidak hanya dijadikan rempah pada masakan-masakan tradisional, cengkeh inipun digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rokok dan obat-obatan.

Baca Juga  9 Fakta Tentang Film G30S PKI yang Wajib Diketahui

2. Kunyit

Kunyit (Curcuma) adalah rempah rempah yang biasa digunakan debagai bumbu masakan seperti masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet.
Umbi kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu.

3. Merica/Lada

Rempah asli Indonesia ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sejak berabad-abad lalu. Tentu saja rempah yang satu ini sangat diminati bangsa Eropa karena masakan khas barat tidak bisa lepas dari rempah yang satu ini. Di Indonesia sendiri, keberadaan merica dimanfaatkan sebagai penyedap makanan yang memiliki rasa agak pedas dan bersifat menghangatkan tubuh.

4. Jahe

Jahe merupakan rempah penghangat tubuh yang paling manjur. Selain sebagai penghangat tubuh, jahe juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan kabarnya, Jahe memiliki zat zat yang dapat mencegah penyakit kanker. Tidak heran jika jahe menjadi salah satu rempah yang paling diminati oleh mereka yang tinggal di negara yang mengalami musim dingin.

Baca Juga  9 Fakta Menarik Tentang Bitcoin
Baca Juga : 9 Smartphone Dengan Kualitas Kamera Terbaik Di Dunia 2019

5. Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamon) merupakan adalah salah satu jenis pohon penghasil rempah-rempah yang terkenal. Aroma kayu manis diketahui tajam, terasa pedas dan manis. Kayu manis juga secara tradisional memiliki kandungan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit diabetes. Bangsa Mesir Kuno bahkan telah menggunakan kayu manis untuk bahan mumifikasi.

6. Pala

Pala merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi.
Pala tidak hanya digunakan sebagai bumbu penyedap, Pala bisa digunakan sebagai bahan pengawet, bahan minuman penyegar, dan minyaknya digunakan sebagai campuran sabun dan parfum.

7. Ketumbar

Ketumbar merupakan tumbuhan rempah rempah yang cukup populer dan biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan di Indonesia. Bentuk ketumbar ini mirip seperti lada. Selain sebagai bahan bumbu masakan, ketumbar juga mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.
Pemanfaatan ketumbar diambil dari daun, biji dan buahnya yang mengandung lemak dan abu. Khasiat ketumbar tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi.

8. Adas

Adas (Foeniculum vulgare Mill.)  dimanfaatkan untuk meningkatkan cita rasa dalam masakan, dan dalam industri obat-obatan. Bijinya dapat menghasilkan minyak dan menjadi komponen dari minyak telon. Batang adas berwarna biru kehijauan, memiliki alur di permukaannya, batang beruas-ruas, berongga, apabila batang ini dimemarkan akan mengeluarkan aroma yang wangi.

Baca Juga  9 Makanan Di Indonesia Yang Jika Dibeli Di Luar Negeri Harganya Fantastis

9. Kencur

Kencur merupakan tanaman rempah yang sering digunakan sebagai jamu. Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang kerap dimanfaatkan sebagai stimulan. Kencur tumbuh subur di darah pegunungan yang tanahnya gembur. Kencur adalah obat yang mujarab mengatasi radang lambung, batuk, dan masuk angin.

Sumber :

– http://bangrhickiej.blogspot.com/2018/01/rempah-rempah-di-indonesia-yang.html

– https://bibitbunga.com/rempah-rempah-indonesia-yang-dicari-bangsa-eropa/

– Wikipedia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top