Connect with us

9 Software Desain Rumah Terbaik

Lainnya

9 Software Desain Rumah Terbaik

Dahulu, untuk mendesain sebuah bangunan, para arsitek menggambar desainnya secara manual di atas sebuah kertas. Hal tersebut tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama dan sang arsitek juga dituntut untuk memiliki ketelitian yang sangat tinggi.

Seiring berkembangnya jaman, kini mendesain rumah atau gedung dapat dilakukan dengan bantuan software khusus. Perangkat lunak untuk mendesain arsitektur ini mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Bagi anda yang ingin belajar mendesain rumah, Berikut 9 Software Desain Rumah Terbaik :

1. Chief Architect

Software yang digunakan untuk desain 3D dan 2D ,keunggulan dari software ini adalah fitur otomatisasi yang dapat digunakan untuk mempermudahproses desain rumah dan renovasi secara cepat dan sesuai dengan apa yang kita rencanakan.

2. AutoCAD Architectur

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

Salah satu software desain rumah dan bangunan yang ternama, AutoCAD membuat versi AutoCAD Architecture khusus untuk para arsitek. Dengan fitur yang terdapat pada software ini, Anda dapat melakukan penyusunan secara lebih efisien.

3. Vectorworks Architecture

Paket perangkat lunak Vectorworks Architect adalah program pemodelan informasi Bangunan Arsitektur. Ini mendukung pembuatan dan modifikasi file 2D dan 3D.

Bila dibandingkan dengan software sejenis yang sudah disebutkan di atas, Vectorworks memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Hal ini terlihat dari pengguna software ini yang berasal dari kalangan desainer dan arsitek profesional.

4. Archi CAD

ARCHICAD adalah perangkat lunak BIM CAD arsitektur untuk Macintosh dan Windows yang dikembangkan oleh perusahaan Hungaria Graphisoft.

Perangkat lunak yang satu ini diklaim sebagai software desain all-in-one. Software ini memungkinkan Anda untuk mendesain bangunan dalam bentuk 2D maupun 3D. ArchiCAD dapat digunakan oleh arsitek profesional maupun mahasiswa yang baru belajar desain arsitektur. Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. ArchiCAD memiliki hampir semua fitur yang ditawarkan oleh software sejenis lainnya.

5. Punch Software

PunchCAD adalah jajaran perangkat lunak desain berbantuan komputer komersial dan bisnis. Didistribusikan oleh perangkat lunak Encore dan dirancang oleh Evosoft, produk PunchCAD terutama digunakan untuk desain dan penyusunan dalam ruang 2D dan 3D.

Software nomor 1 di Amerika ini mengkombinasikan kekuatan NexGen untuk memberikan kualitas foto yang realistis dan sempurna dengan LightWorks yang memungkinkan penggunanya menghasilkan desain perumahan atau proyek besar lainnya secara realistis dan lebih cepat.

6. Revit Architectur

Autodesk Revit sedang membangun perangkat lunak pemodelan informasi untuk arsitek, arsitek lansekap, insinyur struktural, insinyur mekanik, listrik, dan pipa ledeng, perancang dan kontraktor.

Revit Architecture adalah perangkat lunak desain yang berbasis informasi. Seluruh perubahan desain yang Anda buat melalui software ini akan diinformasikan secara otomatis ke seluruh proyek yang sedang Anda kerjakan. Fitur yang ditawarkan oleh Revit Architecture juga cukup lengkap dan dinamis. Software ini juga sudah kompatibel dengan sistem operasi Windows XP, Vista, dan 7.

7. SketchUp

SketchUp adalah sebuah erangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse. Tersedia dua versi SketchUp, yaitu: SketchUp Make SketchUp Pro.

Beberapa saat yang lalu, Google membeli hak cipta dari software ini. Oleh karena itulah, SketchUp kini menjadi sangat terkenal, khususnya di kalangan desainer dan arsitek. SketchUp memampukan Anda untuk menghasilkan desain 3D secara lebih cepat.

8. Microstation

MicroStation adalah platform perangkat lunak CAD untuk desain dan penyusunan dua dan tiga dimensi, dikembangkan dan dijual oleh Bentley Systems dan digunakan dalam industri arsitektur dan teknik. Ini menghasilkan objek vektor 2D / 3D dan elemen dan termasuk membangun fitur pemodelan informasi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran berbagai software desain rumah di atas cukup membantu Anda dalam menyelesaikan desain atau rancangan komersial maupun non-komersial. Bahkan, Anda juga dapat mencoba belajar secara otodidak dengan software tersebut.

9. Softplan

Perangkat lunak yang easy-to-use ini akan memenuhi seluruh kebutuhan desain Anda. Salah satu software berbasis informasi ini juga akan mendokumentasikan proyek yang sedang Anda kerjakan secara lengkap.
Kemampuan mendesain secara 3D, daftar bahan bangunan, dan perkiraan biaya real time merupakan fitur yang ditawarkan oleh Softplan. Ini merupakan perangkat lunak terbaik ketika Anda ingin mendesain perumahan atau bangunan komersial lainnya.
Demikian 9 Software Desain Rumah Terbaik
Semoga Bermanfaat……….
Sumber Berita : https://carisinyal.com/software-desain-rumah-terbaik/

Sumber Berita : https://id.wikipedia.org/wiki/

Sumber Berita : https://www.idntimes.com/tech/trend/agung-prasetya/ingin-jadi-arsitek-10-aplikasi-ini-wajib-kamu-pelajari-c1c2

Baca Juga  9 Bahan Kimia Berbahaya, Jangan diminum yaa
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top