Connect with us

9 Tips Jika Ingin Menjadi Bek Sepak Bola Handal

Olahraga

9 Tips Jika Ingin Menjadi Bek Sepak Bola Handal

Menjadi bek yang hebat menjadi poin penting dan sangat berperan dalam membantu kiper agar dapat menghalangi pemain lawan yang ingin menerobos masuk daerah gawang untuk mencetak gol. Tak heran jika posisi ini sebaiknya diisi oleh orang- orang yang benar berkualitas, dan oleh karena itu bagi yang ingin menjadi bek yang baik bisa membaca ulasan berikut.

“Attack wins you games, Defence wins you Tittle”. Sebuah kutipan yang sangat terkendal dan menjadi fondasi era keemasan Sir Alex Ferguson bersama Manchester United. Kutipan di atas juga menjadi pernyataan betapa pentingnnya pertahanan dalam membangun konsistensi sebuah tim.

Pertahanan yang baik terbentuk dari sinergi seluruh pemain. Striker, gelandang, bek sayap dan tentunya bek tengah. Yap! Bek tengah memegang peranan penting dalam pertahanan sebuah tim. Sebagai tembok terakhir bek tengah adalah harapan terakhir dari pertahanan sebuah tim.

Bagaimana sih cara menjadi bek tengah yang baik? Apa saja aspek yang perlu diperhatikan jika kita memainkan peran sebagai bek tengah?

Ikuti tips di bawah ini, dan jadi bek tengah yang sulit ditembus oleh lawan.

Baca Permainan Lawan

Bek tengah adalah baris pertahanan terakhir. Penting bagi seorang bek tengah untuk memprediksi kemana kiranya lawan akan melakukan umpan. Untuk mampu membaca permainan lawan, pertama harus mengetahui dimana posisi lawan, seberapa jauh posisi bek tengah dengan lawan, dan seberapa jauh posisi lawan dengan gawang.

Langkah ini penting, agar bek tengah memiliki kemungkinan untuk intersep bola sebelum umpan sampai. Intersep juga menjadi aspek yang penting, karena dengan intersep, tim dapat melakukan transisi dari bertahan ke menyerang dengan relatif cepat.

Baca Juga  9 Pesepak bola termahal dunia, harga Neymar dua kalinya Ronaldo

Sabar

Jika melihat filosofi bermain FC Barcelona, dikatakan bahwa waktu yang tepat untuk bertahan dan merebut bola adalah secepatnya. Memang benar. Namun dalam hal ini, bek tengah tidak boleh gegabah dan berusaha merebut bola secara sporadis. Kenapa? Alasannya sama. Karena bek tengah adalah pemain bertahan terakhir sebelum penjaga gawang.

Dekati, arahkan, tutup, rebut. Tahapan tersebut dapat di jadikan acuan seorang bek tengah untuk bertahan. Lebih baik sabar dan terus menjaga lawan tetap berada di depan dari pada cepat berusaha merebut bola namun lawan dapat melewati.

Membagi Fokus

Membagi fokus antara mengawasi bola dan lawan menjadi salah satu skill wajib seorang bek tengah. Yap benar. Lawan bek tengah adalah striker. Yang seharusnya adalah pemain paling tajam dalam tim lawan. Celah sedikit saja dapat berakibat fatal.

Kasus yang paling sering terjadi, adalah saat tim lawan mencoba menyerang melalui sayap. Karena fokus dengan bola, bek tengah melupakan pergerakan striker dan saat sayap lawan mengumpan ke tengah, meninggalkan striker dalam keadaan kosong tanpa penjagaan.

Sadar Diri

Bek tengah biasanya bertubuh tinggi dan cenderung lemah dalam kecepatan. Oleh sebab itu, penting bagi bek tengah untuk menyadari kelemahan dan kelebihan diri mereka. Jika bek tengah kalah dalam kecepatan, bek tengah harus memposisikan diri sedemikian rupa agar tidak beradu kecepatan dengan striker.

Baca Juga  9 Daftar Stadion Sepak Bola Terbesar Di Dunia

Tak perlu memaksakan diri untuk merebut bola dengan skill individu. Cukup tutup arah tendangan dan arah lari lawan. Koordinasi pertahanan yang baik, dengan sendirinya akan menyulitkan lawan dan menekan lawan sehingga sering melakukan kesalahan.

Fisik yang Prima

Tentu faktor fisik juga menjadi penting badi seorang bek tengah. Harus menjaga pergerakan striker, mengharuskan seorang bek tengah untuk bergerak cepat dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu, bek tengah juga harus memiliki power yang baik, agar tidak mudah dikalahkan lawan dalam adu fisik. Kecepatan balik badan juga menjadi sangat krusial seorang bek tengah. Agar bek tengah cepat bereaksi saat lawan berupaya menempatkan bola di belakangnnya.

Kiat Bermain

Antisipasi pergerakan bola dan raih bola sebelum diambil lawan. Jika bola bergerak dalam kecepatan tinggi, sentuhan sekecil apa pun akan membuat lawan kehilangan kontrol dan terpaksa melambatkan permainan. Dengan demikian, seluruh tim memperoleh waktu yang berharga.

Perhatikan pergerakan lawan

Bek tengah juga harus punya kecermatan dalam memantau pergerakan lawan. Jangan sampai hanya terpaku pada arah datangnya bola, sebab lawan bisa saja punya pergerakan yang lebih gesit. Jika hal seperti ini diremehkan, lawan akan dengan mudah bergerak untuk mendapatkan bola lebih dulu ketimbang sang bek tengah. Alhasil, gawang pun jadi terancam kebobolan.

Kendalikan permainan

Sebagai bek tengah, resiko kegocek oleh pemain lawan, sebisa mungkin harus dihindari. Salah satu caranya ialah dengan mengendalikan pergerakan lawan. Yap, pemain lawan jelas punya kemampuan yang berbeda-beda. Penyerang berbadan kecil tentu lebih lincah ketimbang yang berbadan besar. Kalian pun harus pintar dalam mencegah berbagai tipe pemain yang berusaha membahayakan gawang.

Baca Juga  9 Olahraga Teraneh yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Dengar

“Jika Anda bermain melawan pemain berketerampilan tinggi dan sangat cepat, pastikan Anda bisa menjangkau dirinya saat ia pertama kali menyentuh bola. Jika Anda membiarkan dia bebas berlari ke arah Anda, Anda menghadapi bahaya. Pada lain waktu, Anda menghadapi striker yang mengandalkan fisik. Usahakan melakukan hal berbeda untuk membuatnya tampil buruk. Jika mereka nggak bisa membelakangi Anda, mereka nggak akan tahu dimana Anda.

Tetap tenang dan yakin

Selain bertugas untuk mengawal lini pertahanan, bek tengah juga punya peran untuk mengalirkan bola dari belakang ke depan. Tugas kedua ini cukup krusial jika nggak dibarengi dengan ketenangan. Kalu panik ketika menerima bola di area seperempat lapangan, bukan nggak mungkin akan jadi salah oper dan justru membahayakan gawang sendiri.

“Jika Anda panik saat bola datang ke arah Anda, rekan-rekan setim juga akan panic. Anda mesti terlihat setenang mungkin dan mengoper bola ke rekan setim

Baca Juga : 9 Daftar Stadion Sepak Bola Terbesar Di Dunia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

To Top