Connect with us

Ada Yang Mau Mencoba Gimana Rasanya? 9 Teh Termahal Dan Terlangka Di Dunia

Gaya Hidup

Ada Yang Mau Mencoba Gimana Rasanya? 9 Teh Termahal Dan Terlangka Di Dunia

Ada Yang Mau Mencoba Gimana Rasanya? 9 Teh Termahal Dan Terlangka Di Dunia

Teh adalah sesuatu yang biasanya dapat menemani pagi hari anda. Dengan meminum teh di pagi hari, badan kita terasa lebih vit untuk melakukan semua aktivitas kita. Harga teh juga sangat standar sehingga semua orang dapat menikmatinya. Tapi apakah kalian tahu? Tidak semua teh di dunia ini seperti itu loh. Ada juga teh yang harganya sangat mahal bisa – bisa mencapai miliaran rupiah dan sangat – sangat langka. Kali ini kami akan membahas tentang 9 Teh Termahal dan Terlangka di Dunia menurut Dunia9.My.Id.

1. Da Hong Pao

Gelar teh termahal di dunia dipegang oleh Da Hong Pao yang berasal dari pegunungan Wuyi di China. Harga daun teh Da Hong Pao bisa mencapai US$1,2 juta atau 16,8 miliar rupiah 1 kilogramnya. Harganya yang sangat fantastis ini dikarenakan teh ini sangat sulit diperoleh dan termasuk kedalam daftar teh terlangka di dunia.

Teh legendaris ini memiliki ciri khas berupa daunnya yang besar, berwarna cokelat gelap serta beraroma harum dan manis, memiliki rasa yang lembut serta elegan. Untuk jenis daun teh Da Hong Pao yang sangat langka diperoleh dari pohon teh induk yang tumbuh liar selama ratusan tahun di bebatuan curam Tianxin gunung Wuyin yang terletak provinsi Fujian, China.

2. PG Tips Diamond Tea Bag

PG Tips merupakan salah satu merk teh yang ada di Inggris. Harga untuk 1 kantong teh PG Tips ini bisa mencapai US$15.000 atau 208 juta rupiah yang dijual melalui proses lelang. Itu dikarenakan pada tahun 2005, sebuah grup desainer perhiasan mewah asal Inggris yang bernama Boodles menciptakan sebuah kantong teh celup yang bertaburkan 280 berlian 2,56 karat.

Baca Juga  9 Taman Indah di Dunia yang Bikin Kamu Ingin ke Sana

Daun teh yang digunakan pun tidak sembarangan, yaitu Silver Tips Imperial yang diproduksi oleh Makaibari Tea Estate yang berada di wilayah Darjeeling India.

3. Panda Dung

Panda Dung atau teh kotoran panda menjadi teh termahal di dunia di urutan ke 3. Harga 1 kilogram teh panda ini bisa mencapai hingga US$70.000 atau 973 juta rupiah. Teh ini berjenis teh hijau yang dibudidayakan di pegunungan Ya’an provinsi Sichuan, China.

Berbeda dengan kopi luwak, teh kotoran panda ini dihasilkan dengan cara menjadikan kotoran panda sebagai pupuk tanaman teh, karena kotoran panda kaya akan serat dan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tanaman teh.

4. Yellow Gold

Yellow Gold Tea diproduksi oleh perusahaan teh TWG yang berlokasi di Singapura. Yellow Gold Tea Buds ini memiliki harga hingga 91 juta rupiah untuk 1 kilogramnya. Sebenarnya, teh ini adalah teh biasa. Yang membuatnya istimewa adalah cara pengolahannya.

Setelah beberapa lama sesudah dipanen, daun teh ini akan disemprot dengan emas 24 karat sehingga warnanya menjadi emas. Proses ini bukan bertujuan untuk memberi kesan mewah pada teh ini, melainkan untuk memberi tambahan nutrisi.

Baca Juga : Pilotnya Pro Cuy! 9 Pendaratan Darurat Paling Heroik Yang Pernah Dilakukan Pilot

5. Tieguanyin

Teh Tieguanyin ini termasuk kedalam jenis teh Oolong yang memiliki kualitas premium yang berasal dari abad ke 19. Teh ini dipetik dari pegunungan yang berada di wilayah Anxi, provinsi Fujian China yang memang terkenal sebagai daerah penghasil teh yang berkualitas.

Baca Juga  9 Desain Wastafel Cuci Piring untuk Dapur Idaman

Sebelum dikonsumsi, daun teh Tieguanyin harus melalui beberapa tahapan proses pengolahan, diantaranya penjemuran, oksidasi, fiksasi, pendinginan dan pengeringan. Sama seperti yellow gold tea, Tieguanyin tea ini juga memiliki harga hingga 91 juta rupiah.

6. Shui Hsien

Shui Hsien atau Narcissus merupakan teh berjenis oolong yang dipetik dari pegunungan Wuyi yang terletak di provinsi Fujian China sama seperti Da Hong Pao. Tapi perbedaannya adalah teh Oolong Shui Hsien ini sangatlah umum dijumpai di daerah tersebut.

Daun teh ini memiliki warna yang gelap dengan tekstur daun yang keriting serta berukuran lebih panjang dibandingkan dengan jenis teh oolong lainnya. Daun tehnya sendiri telah melalui proses oksidasi sebesar 40 hingga 60 persen yang membuatnya kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan serta memperlambat proses penuaan.

Sama seperti Yellow Gold Tieguanyin, harga dari Shui Hsien sekitar 91 juta rupiah perkilogramnya.

7. Poo Poo Puerh

Poo Poo Puerh Yang berasal dari wilayah provinsi Yunnan China. Harga perkilogramnya teh ini adalah sekitar 14 juta rupiah membuat teh Poo Poo Puerh ini spesial dan berbeda dari teh lainnya adalah teh ini berasal dari kotoran serangga yang sengaja diberi makan daun teh oleh peternaknya. Serangga yang biasa digunakan untuk membuat teh ini adalah ngengat.

Sebelum diminum, daun teh ini telah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Di dalam teh Poo Poo Puerh ini terkandung zat antioksidan dan asam amino yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga  9 Sandal Termahal di Dunia

8. Gyokuro

Teh Gyokuro yang dikenal juga sebagai Jade Dew atau Pearl Dew merupakan salah satu teh hijau berkualitas tinggi di Jepang. Karena kualitasnya yang tinggi ini, maka tidak heran kalau teh ini juga menjadi salah satu teh termahal di Jepang. Harganya bisa mencapai sekitar 9 juta rupiah.

Yang unik dari teh ini adalah metode penanamannya, yaitu 20 hari sebelum proses pemetikan, daun teh terlebih dahulu ditutup menggunakan jaring penutup sehingga tanaman hanya menerima sinar matahari sebanyak 10 hingga 30%.

Proses penutupan ini bertujuan untuk meningkatkan klorofil serta mengurangi kandungan zat tanin pada daun teh. Daun teh Gyokuro ini memiliki warna hijau yang pekat, dan ketika diseduh akan mengeluarkan aroma rumput laut yang manis dan menyegarkan.

9. Gorreana Broken Leaf Black

Broken Leaf Black Tea dihasilkan dari perkebunan teh tertua di Eropa yang berdiri sejak tahun 1883, yaitu perkebunan teh Gorreana dan perkebunan teh ini masih beroperasi hingga sekarang. Teh ini dihasilkan dari daun ketiga yang ada pada cabang tanaman teh, memiliki warna cokelat tembaga serta beraroma buah.

Teh ini juga memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis teh Gorreana lainnya. Teh ini memiliki harga sekitar 5,6 juta rupiah.

Sumber :

– https://raffapedia.com/1215/10-teh-termahal-di-dunia-harga-1-kilogramnya-mencapai-17-miliar-rupiah/

-https://www.finansialku.com/daun-teh-termahal-di-dunia/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top