Connect with us

Bahaya Candu Gadget

Teknologi

Bahaya Candu Gadget

Sekarang ini merupakan zaman dimana kemajuan teknologi sangat mempengaruhi kepribadian seseorang,Salah satu teknologi yang mudah menyebar yaitu gadget.Gadget adalah sebuah alat elektornik kecil dengan berbagai macam fungsi.Gadget selalu menyediakan teknologi terbaru setiap saat yang dapat membuat hidup menjadi praktis.Hal itu membuat gadget dengan mudahnya dapat diterima di kalangan masyarakat khususnya generasi muda yang mudah terpengaruh oleh suatu hal yang menarik.

Sekarang anak-anak kini menjadi konsumen aktif dimana banyak produk-produk gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka.Dengan berbagai macam fitur yang baru menjadikan harga-harga gadget menjadi terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.

Sadar atau tidak,anak-anak usai dini sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan dan dengan lingkungan tersebut akan membentuk perkembangan anak kedepannya.Oleh karena itu perlu diadakan sosialisasi mengenai bahaya gadget pada anak-anak.

9 Penyakit yang Bersumber dari Gadget

1.  Insomnia

Hasil gambar untuk gambar penyakit insomnia
Gadget yang digunakan sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur. Cahaya terang yang dipancarkan oleh gadget anda menekan pelepasan melantonin (hormon yang berfungsi untuk membantu proses tidur) yang diproduksi oleh tubuh kita saat keadaan gelap atau tanpa cahaya. Cahaya tersebut menjaga pikiran untuk memasuki “default mode network”, yaitu kondisi setengah sadar. Insomnia yang sangat kronis dapat menyebabkan kematian karena penderita insomnia beresiko tinggi terkena penyakit jantung, hipertensi dan diabetes. Insomnia akibat penggunaan gadget dapat dicegah dengan menghentikan penggunaan gadget satu sampai dua jam sebelum tidur guna mengurangi efek pancaran cahaya yang menghambat  produksi melantonin.

Baca Juga  9 Fakta Tentang Huawei Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui, Apalagi No 5

2.Nomophobia

Hasil gambar untuk gambar penyakit Nomophobia

Nomophobia adalah singkatan dari “no-mobile-phone phobia”. Menurut satu penelitian terbaru, 66 persen orang menderita dari itu. Penderitanya memiliki perasaan cemas apabila dipisahkan dari smartphone mereka, dan memiliki gejala seperti berkeringat, mual, dan gemetar.

3.Texting Thumb (Tendinitis)

Hasil gambar untuk gambar penyakit texting thumbs
Penggunaan jari atau tangan pada gadget dalam waktu yang lama, secara bertahap bisa melukai otot-otot, tendon, dan saraf. Cedera di bagian jempol biasa disebut Blackberry Thumb; dan cedera di tangan disebut iPad Hand. Jenis cedera yang paling parah memiliki gejala seperti nyeri, mati rasa, dan kerusakan otot di tangan serta jari dan memerlukan pembedahan untuk pengobatan.

4.Sakit leher

Hasil gambar untuk gambar penyakit leher

Menurut ahli bedah tulang, memiringkan kepala sambil bermain media sosial di gadget atau lainnya bisa memberikan tekanan sebesar 27 kg pada leher.Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan otot sakit dan meradang. Peneliti Australia menemukan perilaku tersebut bisa mengembangkan benjolan tulang tambahan di dasar tengkorak.

5. Selfitis

Hasil gambar untuk penyakit selfitis

Kebiasaan tidak bisa berhenti memposting foto narsis bisa menandakan Anda menderita selfitis. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki kebutuhan kompulsif untuk memposting sering kurang percaya diri.Penderita kronis dianggap orang yang memiliki keinginan tak terkendali untuk mengambil foto dan mempostingnya di media sosial lebih dari enam kali sehari.

Baca Juga  9 Teknologi Canggih Massa kini yang Bikin Kamu Melongo.!!

6.Kecanduan seks

Hasil gambar untuk penyakit kecanduan seks

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi telah menyatakan bahwa kecanduan seks termasuk kondisi kesehatan mental. Sebuah studi yang dipimpin oleh para peneliti di Karolinska Institute di Swedia telah menemukan perbedaan dalam susunan genetik yang memiliki lebih banyak hormon oksitosin, membuat mereka lebih cenderung mencari seks secara kompulsif.

7.Pandangan Kabur

Bahaya Smartphone 1

Lama memandangi layar smartphone membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, jika kamu habis memandangi layar smartphone yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.

8.Gangguan penglihatan

penggunaan smartphone yang terlalu sering dapat mengganggu penglihatan mata kamu. Terlebih lagi jika penggunaan smartphone di dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang.Nah untuk mencegahnya, lebih baik kamu kurangi penggunaan smartphone, menggunakan smartphone di tempat gelap, dan menggunakan smartphone pada posisi miring atau tiduran.

9.Mengakibatkan sakit kepala

Baca Juga  9 Kelebihan Realme 8 Pro

Selain mengganggu sistem penglihatan dan pendengaran, dampak penggunaan smartphone terlalu lama dapat menimbulkan efek sakit kepala. Hal tersebut dapat terjadi karena posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang akibat penggunaan smartphone yang lama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

To Top